Beranda » Penemuan Lubang Hitam Termuda

Penemuan Lubang Hitam Termuda

Sebuah berita mengejutkan muncul malam ini. Para astronom yang melakukan penelitian menggunakan Chandra X-ray Observatory milik NASA berhasil menemukan bukti keberadaan lubang hitam termuda di lingkungan kosmik.

Lubang Hitam Muda
Berapa usianya? Jika selama ini para astronom mengenal usia benda langit dalam usia yang sudah sangat tua, bahkan yang muda pun biasanya beberapa ribu tahun, maka obyek yang satu ini jelas sangat unik.

Lubang hitam yang ditemukan ini baru berumur 30 tahun!.

Apa artinya? Artinya, para astronom berkesempatan untuk megamati tipe lubang hitam yang satu ini bertumbuh dan berkembang dari masa kanak-kanak.

Yang pasti, lubang hitam ini akan memberikan informasi yang dapat membawa para astronom memahami ledakan bintang masif yang biasanya menyisakan lubang hitam atau bintang neutron. Selain itu para astronom juga bisa mengetahui jumlah lubang hitam di galaksi Bima  Sakti dan galaksi lainnya.

SN 1979C di galaksi M100. Kredit : X-ray: NASA/CXC/SAO/D.Patnaude et al, Optical: ESO/VLT, Infrared: NASA/JPL/Caltech

Lubang hitam yang diamati oleh Chandra ini berasal dari sisa ledakan bintang supernova SN 1979C yang berada di galaksi M100, sekitar 50 juta tahun cahaya dari Bumi. Data yang dihasilkan oleh satelit Swift (NASA), XMM-Newton (ESA), dan ROSAT  (Jerman) berhasil mengungkap sumber sinar-X yang cerlang dan tidak berubah sepanjang pengamatan yang dilakukan dari tahun 1995 – 2007. Ini mengindikasikan kalau obyek tersebut merupakan lubang hitam yang sedang diberi makan oleh materi yang jatuh ke dalamnya dari puing puing supernova atau dari bintang pasangan.

Jika interpretasi ini benar, maka obyek yang ditemukan tersebut merupakan contoh terdekat dari kelahiran lubang hitam yang bisa diamati.

SN 1979C

SN 1979C, pertama kali ditemukan oleh astronom amatir pada tahun 1979, terbentuk saat bintang dengan massa sekitar 20 massa Matahari mengalami keruntuhan.  Pengamatan sebelumnya juga berhasil menemukan lubang hitam baru pada alam semesta jauh dalam bntuk ledakan sinar gamma / gamma ray burst (GBR).

Akan tetapi, SN 1979C ini berbeda karena ia berada lebih dekat dan berasal dari kelas supernova yang tidak terasosiasi dengan ledakan sinar gamma. Jika mengacu pada teori, sebagian besar lubang hitam di alam semesta terbentuk saat inti bintang mengalami keruntuhan dan tidak menghasilkan ledakan sinar gamma. Dan untuk pertama kalinya, lubang hitam seperti itu ditemukan.

Yang jadi permasalahan adalah, sangat sulit untuk bisa menentukan tipe kelahiran lubang hitam karena dibutuhkan pengamatan sinar-X selama beberapa dekade untuk bisa mendapatkan jawabannya.

Lubang hitam berusia 30 tahun yang tampak oleh Chandra ini memiliki kesesuaian dengan teori. Menurut teori yang disampaikan pada tahun 2005, cahaya optik yang sangat terang pada supernova ini ditenagai oleh jet dari lubang hitam yang tidak dapat menembus selubung hidrogen bintang untuk membentuk ledakan sinar gamma.  dan hasil pengamatan SN 1979C ternyata cocok dengan teori tersebut.

Baca juga:  Bintang Kaya Logam, Induk Bagi Planet Batuan

Perdebatan Yang Muncul
Meskipun bukti yang ada mengarahkan obyek ini sebagai lubang hitam yang baru terbentuk di SN 1979C, ada kemungkinan lain yang juga dimunculkan mengenai obyek baru dan masih muda ini.

Bisa jadi obyek tersebut merupakan bintang neutron muda yang berputar sangat cepat dan menghasilkan angin yang sangat kuat dan partikel berenergi yang kemudian memancarkan sinar-X.  Jika memang benar demikian, maka obyek di SN 1979C ini akan menjadi contoh paling cerlang sekaligus paling muda dari pulsar angin nebula serta bintang neutron termuda yang pernah diketahui.  Saat ini pulsar Crab, yang merupakan pulsar angin nebula yang sangat cerlang pun usianya mencapai 950 tahun.

• 30 Tahun 😯
    berarti masih sangat muda dong?
    bisa dibilang masih bayi banget ya?

kalau boleh tau, seberapa lama lubang hitam mencapai tingkat kedewasaan, kan ada istilah muda nya hehehehe :dead:

• iyah kalau dr usia itu masih bayi. berapa lama mencapai kedewasaan .. msh lama tp kapan tepatnya sih masih ribuan atau jutaan lagi. karena black hole yg tertua sendiri usianya 13 milyar tahun. jd perjalanan menuju “dewasa” itu masih panjang.

• Evolusi lubang hitam sangat terbatas. Boleh dibilang dia tidak berubah banyak, jadi batas antara “dewasa” dan “bayi” sangat tipis. Yang jelas lubang hitam memang melepaskan partikel dalam wujud Radiasi Hawking. Artinya Lubang hitam memang meluruh. Namun proses ini sangat lama, kisarannya jauh lebih lama dari usia bintang2 bahkan.

• emangnya brp umur maksimal lubang hitam dan bagaimana cara kematian atau keruntuhan lubang hitam itu? mohon dijawab ya mbak/mas yang tau banget di bidang ini….

• umur maksimal gak ada. lubang hitam ini akan terus bertumbuh dengan melahap materi disekelilingnya. lubang hitam tertua yg diketahui saat ini usianya 13milyar tahun.

• Lubang hitam perlahan menguap karena sepanjang hidupnya dia melepaskan radiasi dalam wujud Radiasi Hawking. Namun radiasi Hawking ini sangat sedikit dan oleh karena lubang yang massanya besar butuh waktu lamaaaaaaaa sekali sampai bisa menguap seluruhnya. Bahkan jauh lebih lama daripada usia alam semesta sekarang. Sebagai ilustrasi, lubang hitam dengan massa sebesar matahari butuh waktu 10^{67} tahun (1 diikuti 67 nol di belakangnya) untuk menguap.

• mbak ivie.. aku kok agak bingung yaa…
    lubang hitam kan dimungkinkan berada di pusat galaksi..?
    suatu bintang kan merupakan anggota galaksi?
    (mengelilingi pusat galaksi kan mbak..??)
    ledakan bintang supernova kan pada akhirnya akan menghasilkan lubang hitam?
    nah kalo SN-1979C berada di galaksi M100, trs ledakan supernova dari SN 1979C menghasilkan lubang hitam muda, berarti black hole tersebut berada di dalam galaksi M100 dong mbak?
    yg jd kebingungan saya.. apakah lubang hitam itu akan menghasilkan galaksi baru di M100 ?? (mengingat pusat galaksi adalah lubang hitam, dmikian juga mungkin pusat galaksi M100 jg berupa lubang hitam jg kan mbak..??),
    kalo benar demikian..
    bagaimana nasib lubang hitam muda itu?
    apa akan memisah keluar dari M100 kmudian membentuk galaksi baru yg berdiri sendiri??

sory mbak ivie..
    aku awam bgt, hehe..
    lam knal ya mbak.. aku dari jogja, diem2 ngikutin perkembangan berita dari LS, hehe, tp cm dr HP..

btw, hujan meteor leonid td mlm gag klihatan mbak.. 🙁 jogja mendung..

• hai. lam kenal juga. yup di pusat galaksi ada lubang hitam tapi bukan berarti lubang hitam itu cuma ada 1 di pusat galaksi. di dalam galaksi sendiri ada juga lubanghitam lainnya sbg hasil dr kematian bintang.

bintang memang anggota galaksi yg mengelilingi pusat galaksi. supernova tidak selamanya menghasilkan lubang hitam, dia bisa juga menghasilkan bintang netron.

memang SN 1979c dan lubang hitam baru itu adanya di galaksi M100. dan lubang hitam itu tidak akan menghasilkan galaksi baru. nasibnya sih dia akan ada disana dan bertumbuh

kl ga mendung coba aja ntar malem lg 🙂 msh sampe tgl 20 kok.

• lubang hitam yang ada di pusat galaksi berbeda dengan yang tersebar di galaksi. Bedanya ada di massa. Lubang hitam bervariasi tergantung massanya: ada lubang hitam mikro (lubang hitam sebesar atom), lubang hitam sebesar matahari, lubang hitam massa menengah, dan lubang hitam supermasif. Nah yang ada di tengah2 galaksi kita adalah lubang hitam supermasif.

• hmm.. gtu ya mbak.. kirain cm ada 1 di pusat galaksi aja.. hehe

trs kalo perbedaan black hole di pusat galaksi dan black hole hasil ledakan bintang tu gmn sih mbak? yg di pusat galaksi menggerakkan seluruh bintang2nya kan? nah kalo yg dari supernova gmn?
    kdua2nya jg sama2 bertumbuh dan makan objek di sekitarnya kan mbak?

oiya.. kalo black hole bertumbuh, berarti makin gede dong mbak? trs smpe kpn lubang hitam itu akan bertumbuh?

yg trakhir, bintang netron tu ketai putih bukan?

(hehe.. maap banyak tanya ya mbak.. :-D)

wahh.. mlm ini mendung lg mbak.. nasip.. 🙁

• Kalau ada materi yang melewati dalam radius tertentu di sekitar lubang hitam tersebut, materi tersebut akan tersedot tentunya. Tapi di luar itu baik2 saja. Lubang hitam yang massanya sebesar massa matahari akan berkelakuan sebagaimana bintang biasa, dia akan ikut bergerak bersama2 dalam sistem dinamika galaksi.

• mbak Ivie….sampai sekarang apa ada lubang hitam yg berdiri sendiri tanpa ada bintang pasangan atau materi lain disekitarnya….mohon dijawab ya seikhlasnya….matut nuwun yo mbak sebelumnya

• Tentunya ada. Tapi kita akan kesulitan mendeteksi lubang hitam tunggal tersebut karena objek tersebut tidak berpendar. Cahaya yang dipancarkan lubang hitam akan langsung ditarik kembali ke arahnya karena kuatnya medan gravitasi. Walaupun Black Hole dapat berpendar dalam wujud Radiasi Hawking, namun radiasi ini lemah sekali dan sulit dideteksi.

• yep. lubang hitam itu terang. soalnya lubang hitam adalah istilah untuk sebuah ruang yang mempu menyedot materi apapun di sekitarnya.

jadi lubang hitam bukan sebuah lubang warna hitam.istilah aja.

trims dan CMIIW

• nah lho…..klo gak makan lubang hitam itu hidupnya dari apaan? apa dia punya cadangan makanan? apa dia akan terus menguap dan menuju ke kematian? atau dia akan terus bergerak dan mencari lahan baru?

• Lubang hitam tidak hidup dari apa-apa. Gaya gravitasinya sudah tak bisa lagi ‘dikalahkan’, dan akibatnya dia akan terus begitu selamanya — ya, nggak selamanya juga sih, sampai akhirnya dia menguap. Lubang hitam itu juga sama seperti benda langit lainnya. Dia akan tetap berada di tempat/orbitnya, kecuali ada suatu benda yang cukup masif yang ‘menarik’nya ke arah benda tersebut. (kalau ada benda yang lebih kuat seperti itu, kemungkinan benda tsb lubang hitam juga)

Kalau di sekitar lubang hitam tsb tidak ada gas/partikel, maka tidak ada yang dapat ‘termakan’. Hanya saja, seperti sudah dijelaskan, lubang hitam berumur saaangat panjang, walaupun jika tidak ada sesuap nasi/gas/partikel sekalipun untuk termakan. Tapi ini pun agak mustahil, karena luar angkasa sesungguhnya penuh dengan debu/gas/partikel, sehingga toh ujung-ujungnya sesuatu akan termakan juga.

Harap diingat, lubang hitam tidak menghisap benda apapun kecuali jika benda itu sudah terlalu dekat, sehingga terseret masuk ke gaya gravitasinya. (analoginya seperti lobang undur-undur. Semut di luar lobang nggak apa-apa, masuk sedikit juga mungkin masih bisa keluar, tapi kalau sudah masuk Event Horizon – di jepit undur2, tidak mungkin lagi bisa keluar)

• apakah bintang/ benda yang masuk kelubang hitam akan meledak atau hancur??..heee

• wuih keren….
    mbak ivie, klo di galaksi bimasakti sendiri itu ada berapa black hole, n namanya apa aja?
    trima kasih