Beranda » Pabrik Bintang di Galaksi Remaja

Pabrik Bintang di Galaksi Remaja

Sebuah galaksi masif yang berasal dari masa awal alam semesta berhasil ditemukan para ilmuwan. Galaksi tersebut tampak sedang membentuk bintang seperti halnya Matahari dengan kecepatan 100 kali lebih cepat dari Bima Sakti saat ini. Bisa dikatakan galaksi yang ditemukan ini memang tengah berada dalam masa remajanya yang sedang didorong untuk mengalami pertumbuhan dan kadang mengalami masa meledak-ledak di antara dinamika pergaulannya.

Menurut Mark Swinbank dari Universitas Durham, galaksi baru ini memang memberikan informasi masa remajanya pada manusia di Bumi, karena ia butuh waktu yang cukup lama agar cahayanya bisa tiba di Bumi. Apa yang tampak bagi para peneliti di Bumi adalah kondisi si galaksi pada kisaran 10 miliar tahun lalu atau sekitar 3 milyar tahun sesudah dentuman besar.

Penemuan SMM J2135-0102

Ilustrasi artis untuk galaksi SMM J2135-0102. Kredit : ESO/M. Kornmesser

SMM J2135-0102 ditemukan menggunakan teleskop Atacama Pathfinder Experiment (APEX), yang dioperasikan oleh European Southern Observatory (ESO). Pengamatan lanjutan dilakukan dengan mengkombinasikan lensa gravitasi alam galaksi-galaksi dekat dengan kemampuan teleskop Submillimeter Array yang berada di Hawaii agar mendapatkan penguatan dan perbesaran galaksi serta penampakan yang tajam dari pabrik bintang tersebut.

Perbesaran yang dihasilkan mengungkap detil menakjubkan yang belum pernah terlihat sebelumnya, meskipun galaksi tersebut berada demikian jauh dari Bumi. Untuk bisa mencapai Bumi, cahaya dari galaksi ini butuh waktu sekitar 10 milyar tahun melintasi alam semesta.

Dalam pengamatan lanjutan yang dilakukan dengan teleskop Submillimeter Array (SMA), para pengamat dapat mempelajari awan tempat pembentukan bintang di galaksi dengan tingkat presisi tinggi. Dan saat itu ditemukan kalau pembentukan bintang pada awan debu raksasa di galaksi tersebut berbeda dari apa yang selama ini teramati pada galaksi di area yang lebih dekat. Namun bukan berarti kita tidak bisa memahami galaksi tersebut. Kondisi fisis untuk inti yang rapat pada galaksi dekat bisa diterapkan pada galaksi jauh yang satu ini untuk bisa memahami proses kelahiran bintang di sana.

Pemandangan Yang Lebih Tajam
Dari sudut pandang di Bumi, SMM J2135-0102 berada di belakang gugus masif galaksi yang berada dekat. Gravitasi dari gugus bertindak sebagai lensa yang memperkuat galaksi yang lebih jauh dengan faktor 16 kali untuk kecerlangan maupun ukuran, sehingga detil yang tak terlihat pun bisa tampak.

Galaksi jauh SMM J2135-0102 pada pengamatan Submilimeter Array 870-mikron. Kredit : Mark Swinbank (Durham) and Steve Longmore (SAO)

Pada cahaya tampak, galaksi ini memang tampak gelap karena tertutupi debu. Namun ia memancarkan sejumlah besar cahaya pada panjang gelombang submilimeter (dekat dengan area panjang gelombang radio di spektrum). Dan tak bisa dipungkiri, galaksi ini termasuk galaksi submilimeter paling terang yang diketahui sehingga ia jadi target alami bagi SMA.

SMA merupakan interferometer 8 elemen yang beroperasi pada panjang gelombang 0,3 – 2 milimeter berada di puncak Mauna Kea, Hawaii. Gabungan antara SMA dengan penguatan alami dari lensa gravitasi, memberikan hasil pengamatan dengan resolusi yang sangat tinggi. Dengan demikian bisa didapat detil yang mengungkap berbagai informasi dari galaksi yang jaraknya 10 milyar tahun cahaya.