Hujan Meteor Orionid 2009

Sejak tanggal 20 Oktober 2009 sampai dengan tanggal 26 Oktober 2009, setiap malam kita akan dapat menikmati Hujan Meteori Orionid yang terjadi setiap tahunnya. Hujan meteor ini dapat dinikmati karena Bumi tengah melewati sisa debu ekor komet Halley.

Radiant orionid di langit selatan. kredit : meteorshoweronline.com
Radiant orionid di langit selatan. kredit : meteorshoweronline.com

Hujan meteor Orionid akan mencapai puncaknya mulai malam ini, tanggal 21 -24 Oktober 2009 dan bisa diamati saat dini hari. Hujan meteor ini akan tampak datang dari arah rasi Orion si Pemburu dan bergerak sangat cepat dibanding meteor lainnya. Diperkirakan untuk para pengamat di langitselatan, maksimum meteor yang akan tampak sekitar 40 meteor per jam.  dan waktu yang pas untuk menikmati hujan meteor orionid ini berkisar antara pukul 00.00 – 05.00 wib.

Hujan meteor Orionid yag tampak di langit Shanghai, China. kredit : Jefferson Teng
Hujan meteor Orionid yag tampak di langit Shanghai, China. kredit : Jefferson Teng

So buat temen-temen yang pengen ngamat.. kudu persiapan.. pake jaket, selimut, bawa cemilan, pasang mp3 player hehehehe biar nyaman deh.. jangan lupa bawa senter buat ngeliat peta langit. Nikmati hujan meteor Orionid dengan memandang ke langit malam …. kamu tak perlu teleskop kok untuk melihat hujan meteor.

Selamat berburu meteor!

Ditulis oleh

Avivah Yamani

Avivah Yamani

Tukang cerita astronomi keliling a.k.a komunikator astronomi yang dulu pernah sibuk menguji kestabilan planet-planet di bintang lain. Sehari-hari menuangkan kisah alam semesta lewat tulisan dan audio sambil bermain game dan sesekali menulis makalah ilmiah terkait astronomi & komunikasi sains.

Avivah juga bekerja sebagai Project Director 365 Days Of Astronomy di Planetary Science Institute dan dipercaya IAU sebagai IAU OAO National Outreach Coordinator untuk Indonesia.