fbpx
langitselatan
Beranda » Waduk Air Tersembunyi Di Enceladus

Waduk Air Tersembunyi Di Enceladus

Satelit Saturnus, Enceladus tampaknya memang menyembunyikan waduk air jauh di bawah permukaannya. Data yang diambil dengan Ultraviolet Imaging Spectrograph (UVIS) milik Cassini menunjukan keberadaan alur partikel es dan uap air yang dimuntahkan keluar dari bulan tersebut. Data inilah yang kemudian diteliti oleh tim gabungan Jet Propulsion Lab di California, University of Colorado dan University of Central Florida di Orlando.

Semburan uap air berkecepatan tinggi terjadi di Enceladus bersumber dari waduk air bawah tanah. Sumber: NASA

Hasilnya, tim yang dipimpin Professor Joshua Colwell menemukan sumber jalur muntahan tersebut berasal dari sebuah sumber air yang ada jauh di bawah permukaan. Tampaknya air disana mengalir keluar dari permukaan melalui sebuah lubang yang menjadi penghubung dengen kecepatan supersonik.

Saat ini hanya ada 3 tempat di Tata Surya yang diperkirakan memiliki air dalam betuk cair di dekat permukaan. Bumi, Satelit Jupiter – Europa dan sekarang Enceladus, Satelit Saturnus. Ketiga tempat ini memang menarik perhatian untuk diteliti lebih lanjut karena air merupakan materi dasar bagi kehidupan, dan memberi implikasi penting bagi penelitian di Tata Surya. Jika ternyata pemanasan berkala yang diperkirakan menyebabkan terjadinya geyser tersebut ditemukan dan merupakan fenomena umum dalam sistem keplanetan maka ini akan jadi sangat menarik. Karena bisa jadi kehidupan adalah hal yang umum dalam sistem keplanetan.

Hasil analisa tim ini juga membuktikan kebenaran teori tentang sumber jalur geyser memang berasal dari sumber air di bawah permukaan Enceladus. Sebuah konsep yang berlaku umum. Hal yang sama juga ditemukan di Bumi. Air dalam bentuk cair di Bumi berada jauh di bawah permukaan es Danau Vostok di Antartika.

Untuk kasus Enceladus, diyakini butiran es berkondensasi dari uap air yang lepas dari sumber air dan mengalir melalui retakan di kerak es sebelum lepas dari permukaan menuju angkasa.

Hipotesa lain yang diberikan oleh teori yang ada tampaknya tidak bisa digunakan dalam kasus Enceladus. Teori memprediksikan jalur gas dan debu yang teramati tersebut disebabkan oleh penguapan butiran es yang keluar ke angkasa saat gaya pasang surut Saturnus menyebabkan lubang yang ada di kutub selatan terbuka. Namun hasil yang ditemukan oleh tim peneliti menunjukan uap air yang keluar dari lubang tersebut pada tahun 2007 lebih banyak dari yang diprediksikan secara teori untuk tahun yang sama.

Hasil pengamatan memang menunjukan ketidakcocokan dengan waktu terbuka dan tertutupnya lubang atau jalur keluar tersebut sebagai akibat pasang surut. Selain itu hasil analisa menunjukan perilaku geyser sesuai dengan model matematika yang menjadikan lubang atau jalur keluar tersebut sebagai pipa penghubung uap air dari waduk air ke permukaan. Pengamatan pada cahaya terang dari bintang yang terhalang oleh geyser juga menunjukan kalau uap air tersebut membentuk semburan tipis. Semburan uap air tipis dengan kecepatan tinggi seperti itu hanya bisa terjadi pada temperatur yang mendekati titik leles es.

Baca juga:  Menyingkap Misteri Planet Uranus Yang Menggelinding

Saat ini belum ada kesimpulan akhir namun di masa depan Enceladus akan jadi target utama penelitian Cassni selama perpanjangan misinya pada bulan September 2010 dengan nama Misi Equinox.

Sumber : EurekAlert

Avivah Yamani

Avivah Yamani

Tukang cerita astronomi keliling a.k.a komunikator astronomi yang dulu pernah sibuk menguji kestabilan planet-planet di bintang lain. Sehari-hari menuangkan kisah alam semesta lewat tulisan dan audio sambil bermain game dan sesekali menulis makalah ilmiah terkait astronomi & komunikasi sains.

Avivah juga bekerja sebagai Project Director 365 Days Of Astronomy di Planetary Science Institute dan dipercaya IAU sebagai IAU OAO National Outreach Coordinator untuk Indonesia.

14 komentar

Tulis komentar dan diskusi di sini

  • kak ivie………

    waah….hebat-hebat……….
    apa unsur air yang di Enceladus,
    juga ada yang sama dengan unsur di bumi atau di planet lain?????

    uhm…
    btw…….
    kak….
    kok aQ register ga dapet password ya????
    kan aQ juga pengen gabung di planetselatan T.T

  • huwwwaaahhhh. . . . .
    kerend . , , , , ,

    kalo^ misal ada kehidupan di Enceladus brarti kalo semisal bumi uda sesek kita kaum manusia bisa transmigrasi donk ke sana. . .

    So, pas idul fitri kita pulang kampoengnya kje bumiiii

    hehehehehehe

  • mba vie..
    gw pengen register tapi kagak bisa2..
    masa password dari email masuknya ke spam..
    udah gtu passwordnya gak jelas..

    pas di masukkin ke login kagak bisa..
    T_T

    @aquila..
    nih ade yah?

  • knapa ga bisa? gue barusan nyoba daftar ga masalah tuh. tadi nyoba pake yahoo mail juga ga masuk bulk. tapi mang biasanya yahoo kayak gitu. dia akan filter alamat2 yg menurut dia berpotensi spam untuk masuk ke bulk emailnya.

    Soal password memang rada panjang dan terdiri dari berbagai karakter. kopi aja dr email trus masukin k kolom password n silahkan ganti password sendiri dr kolom profile.

  • ka di langit sekarang klo malam ada bintang atau apa yang terang tpi ga kedip. itu ada 2 yang satunya ga begitu terang. itu apa?

  • Kak ivie, salam kenal ! ^^ kok aku ga bisa log in ? passwordnya yang mana sih ? jadi bingung..

  • fine… coba cek di yahoo email dr langitselatan.com ada kan? nah pake password yg ada disitu buat login. passwordnya memang karakternya aneh.

  • aduuhhhhhh ……. emang bener ya?? suatu saat nanti kita akn pindah ke planet lain??? walaupun mungkin saya udah jadi nenek neneknya nenek buyut cucu saya ..hehehe. sulit di mengerti !! tapi , saya msih ingin di BUMI !! kan ini tmp leluhur Qta di tempatkan, bisa liat sunset di sini , main ama hewan-hewan kecil saya , .. utk apa para astronom meneliti planet lain lbh detail slain utk mencari tmp tinggal baru utk manusia . SALLUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUTTTTT bgt utk mereka yg tlah memperjuangkan khidupan manuia di bumi ..
    emag sih , bumi Qta udah rusak! bahkan org2 trtentu jg dah rusak! yg udah rusak di recycle jd bayi aja lg (klo bs) , biar SUCIII kmbali!! wahahahaha .. maap2 deh .. thx

  • Oh ya. Bagus banget. 100 buat peneliti. HeHeHe…
    Bercanda doang kok. Sebenarnya Enceladus itu………… Baru denger namanya. Lain kali. Kasih tahu dong satelit2nya Saturnus, Jupiter, Neptunus dll secara lengkap>>>!!!!

  • mending ya kalo ada dana, bikin proyek peluncuran ke satelit saturnus itu , untuk mengambil sampel air yang diperkirakan itu, nah airnya aman/normal apa enggak ?

  • gravitasinya disana berapa kali bumi ? takutnya nyampek ksana gak kuat berdiri,apalagi lari lari, gak bisa balik lagi.he he he