2007 WD5 Tidak Akan Menabrak Mars

Kemungkinan asteroid 2007 WD5 menumbuk Mars semakin mengecil. Perbandingannya menjadi 1 berbanding 10.000. Dengan demikian, asteroid ini disingkirkan dari kelompok asteroid yang memiliki potensi untuk menabrak Mars. Hasil ini keluar setelah dilakukan sejumlah pengukuran yang mengikuti gerak asteroid dari empat observatorium yang berbeda.

Posisi-posisi asteroid yang mungkin ketika berdekatan dengan Mars diperlihatkan oleh titik-titik putih. Garis putih menunjukkan orbit Mars. Garis biru menunjukkan posisi asteroid yang paling mungkin.

Diperkirakan, 2007 WD5 akan lewat sejauh 26.000 km dari pusat planet sekitar pukul 12:00 UTC (atau sekitar pukul 19:00 WIB) tanggal 30 Januari. Dengan tingkat keyakinan 99.7%, jarak lintasan asteorid ke permukaan Mars juga tidak akan kurang dari 4000 km. Analisis juga menunjukkan bahwa asteoroid ini tidak akan menumbuk Mars ataupun Bumi seabad mendatang.

Citra hasil pengamatan dari teleskop 2.2 m milik Universitas Hawaii di Mauna Kea, Hawaii. Dalam gambar asteroid adalah titik yang dilingkari hijau. (Credit: Tholen, Bernardi, Micheli didukung oleh the National Science Foundation).

Sumber: NEO JPL NASA

Ditulis oleh

Ratna Satyaningsih

menyelesaikan pendidikan sarjana dan magister astronomi di Departemen Astronomi Institut Teknologi Bandung. Ia bergabung dengan sub Kelompok Keahlian Tata Surya dan menekuni bidang extrasolar planet khususnya mengenai habitable zone (zona layak-huni). Ia juga menaruh minat pada observasi transiting extrasolar planet.

Tulis komentar dan diskusi...