Mars Berpotensi Ditabrak Asteroid di Awal Tahun 2008

Sebuah asteroid akan menabrak Mars di awal tahun depan, dan anda berkesempatan untuk melihat proses tumbukannya dari Bumi. Ini sebuah kesempatan yang seharusnya tak dilewatkan para pengamat di Bumi. Diperkirakan tumbukan asteroid tersebut cukup besar dan akan menghembuskan debu ke atmosfer Mars.

Mars dan asteroid. kredit : NASA

Asteroid bernama 2007 WD5 dengan diameter 50 meter tersebut merupakan salah satu asteroid yang lintasannya sedang dipantau oleh NASA dan diperkirakan akan melintasi jalur orbit Mars di awal tahun depan. Berdasarkan hasil pengamatan dan analisa para astronom di Jet Propulsion Laboratory (JPL), Pasadena, Calif, W2007 WD5 akan melewati Mars dalam jarak 30000 mil (48280 km) dari Mars pada jam 10.55 UT (17.55 bbwi) tanggal 30 Januari 2008.

Menurut Don Yeomans, manajer Near Earth Object di JPL, “Saat ini asteroid 2007 WD5 tengah berada di antara Bumi dan Mars, dan bergerak dalam kecepatan 27900 mil/jam atau setara dengan 44900 km/jam. Dan dalam 5 minggu ke depan, kita akan dapat mengumpulkan berbagai informasi dari pengamatan yang dilakukan sehingga bisa mengetahui lebih lanjut jejak asteroid tersebut.”

Asteroid 2007 WD5 pertama kali ditemukan bulan November 2007, oleh Catalina Sky Survey milik NASA, dan langsung masuk dalam asteroid yang diwaspadai karena orbitnya juga melintas di dekat Bumi. Pengamatan lanjutan yang dilakukan oleh Spacewatch dan Observatorium Magdalena Ridge di New Mexico menunjukan kalau 2007 WD5 tidak berbahaya bagi Bumi, namun berpotensial untuk menumbuk Mars. Fakta ini menunjukan kalau 2007 WD5 tergolong pada kelompok yang menarik, karena ia tidak saja dekat Bumi tapi juga melintasi Mars.

Tapi benarkah 2007 WD5 akan menumbuk Mars? Sampai saat ini orbit 2007 WD5 yang tepat masih dipenuhi ketidak pastian. 2007 WD5 memang akan melintasi orbit Mars, namun untuk menabrak Mars kesempatannya sekitar 1 berbanding 75. Jika 2007 WD5 tidak menabrak Mars, maka 2007 WD5 diperkirakan akan bergerak melintas di bagian utara planet Mars. Dengan demikian Opportunity akan berkesempatan untuk mengamatinya di garis depan karena saat ini ia berlokasi disana.

Kredit : NASA
Kredit : NASA

Menurut Steve Chesley, tabrakan seperti itu terjadi di Mars setiap beberapa ribu tahun. Nah, seandainya 2007 WD5 benar-benar menabrak Mars tanggal 30 Januari, maka diperkirakan ia akan menabrak dengan kecepatan 30000 mil/jam (48280 km/jam). Dengan kecepatan sedemikian, tabrakan yang ditimbulkan akan membentuk kawah di Mars dengan diameter lebih dari setengah mil (~ 1km).

Jika tabrakan itu benar terjadi, maka ia akan melepaskan energi sekitar 3 mega ton tnt. Diyakini, tabrakan tersebut kekuatannya sebanding dengan tabrakan di Tunguska, Siberia tahun 1908. Namun pada saat itu tidak ada kawah yang terbentuk. Pada saat meteor menghantam Tunguska, ia sudah terlebih dulu dihancurkan oleh atmosfer Bumi yang tebal sebelum sampai ke Bumi. Meski tidak ada kawah yang terbentuk, namun letusannya mempengaruhi udara di area hutan yang tak berpenghuni.

Untuk para pengamat di Bumi, siapkan peralatan anda untuk mengamati tabrakan tersebut jika memang benar terjadi.

sumber : NASA Press Release

Ditulis oleh

Avivah Yamani

Avivah Yamani

Tukang cerita astronomi keliling a.k.a komunikator astronomi yang dulu pernah sibuk menguji kestabilan planet-planet di bintang lain. Sehari-hari menuangkan kisah alam semesta lewat tulisan dan audio sambil bermain game dan sesekali menulis makalah ilmiah terkait astronomi & komunikasi sains.

Avivah juga bekerja sebagai Project Director 365 Days Of Astronomy di Planetary Science Institute dan dipercaya IAU sebagai IAU OAO National Outreach Coordinator untuk Indonesia.