Pertemuan IA Astronomi ITB

Hari Sabtu lalu, merupakan hari yang panjang bagi Astronomi ITB dan Observatorium Bosscha karena selain peresmian Wisma Kerkhoven juga diadakan acara Pertemuan IA-Astronomi ITB dan Seminar Sehari Astronomi.

suasana rapat IA-Astronomi di Wisma Kerkhoven
suasana rapat IA-Astronomi di Wisma Kerkhoven

Wisma Kerkhoven yang baru diresmikan pada hari yang sama mencatat juga rapat IA-Astronomi ITB pertama didalamnya. Rapat yang juga sekaligus serah terima ketua IA-Astronomi dari Suryadi Siregar kepada Ninok Leksono tersebut mencoba membahas beberapa hal untuk perkembangan IA-Astronomi di waktu mendatang. Pengurus baru yang sudah ada baru Ninok Leksono selaku ketua dan Hakim L. Malasan selaku Wakil Ketua.

Dalam pertemuan tersebut dibahas bagaimana mempererat tali komunikasi di antara alumni. Muncul ide untuk membedayakan mailing list maupun web sebagai sarana komunikasi. Tidak hanya itu, menurut salah satu alumni, sarana untuk komunikasi sudah cukup lama disediakan namun masih kurang dikenal dan dimanfaatkan. Alumni Astronomi ITB sendiri sudah mempunyai mailing list di yahoogroups dan google, komunitas alumni di Multiply maupun facebook.

Diharapkan dengan keberadaan pengurus baru yang memiliki kombinasi Jakarta – Bandung, IA-Astronomi ITB akan lebih berkembang di masa mendatang.

Ditulis oleh

Avivah Yamani

Avivah Yamani

Tukang cerita astronomi keliling a.k.a komunikator astronomi yang dulu pernah sibuk menguji kestabilan planet-planet di bintang lain. Sehari-hari menuangkan kisah alam semesta lewat tulisan dan audio sambil bermain game dan sesekali menulis makalah ilmiah terkait astronomi & komunikasi sains.

Avivah juga bekerja sebagai Project Director 365 Days Of Astronomy di Planetary Science Institute dan dipercaya IAU sebagai IAU OAO National Outreach Coordinator untuk Indonesia.