Beranda » Penemuan Sistem Planet Quintuple Pertama

Penemuan Sistem Planet Quintuple Pertama

Satu lagi exoplanet ditemukan di bintang 55 Cancri. Ini berarti sistem 55 Cancri sudah memiliki 5 buah planet sekaligus juga rekor planet terbanyak yang ditemukan dalam sistem extrasolar saat ini.

ilustrasi exoplanet. Kredit : NASA

55 Cancri merupakan bintang tipe Matahari yang terletak pada jarak 41 tahun cahaya. Bintang ini memiliki massa dan umur sama dengan Matahari dan mudah dilihat dengan menggunakan binokular. Penemuan planet ke-5 di 55 Cancri dilakukan dengan menggunakan teknik Doppler, dimana pengamatan dilakukan terhadap gangguan gravitasi yang dideteksi dari wobble atau getaran yang ditimbulkan pada bintang induknya.

Mengenai planet kelima yang ditemukan ini, massanya sekitar 45 kali massa Bumi dan mungkin mirip dengan Saturnus dalam penampakan maupun komposisinya. Planet ini dalam sistem 55 Cancri menempati posisi keempat dan waktu tempuh untuk menyelesaikan periode orbitnya setiap 260 hari. Yang menarik, planet ini masih berada dalam zona laik huni (habitable zone) bintang. Zona laik huni aka zona habitasi ini merupakan daerah di sekitar bintang yang temperaturnya masih cukup kondusif untuk keberadaan air dalam kondisi cair membentuk danau pada permukaan padat. Zona habitasi dianggap penting untuk keberadaan planet pendukung kehidupan karena sampai saat ini air dianggap salah satu faktor utama penentu keberadaan kehidupan. Jarak si planet sendiri dari bintang 116,7 juta km, sedikit lebih dekat dibanding jarak bumi ke Matahari namun ia sendiri mengitari bintang yang sedikit lebih redup dibanding Matahari.

Manurut Debra Fischer, astronom dari San Francisco State University, planet gas raksasa di dalam Tata Surya semuanya memiliki bulan yang besar. Menurutnya jika seandainya ada bulan yang mengorbit planet baru yang masif ini, maka kemungkinan bulannya akan memiliki danau berisi air (kondisi cair) di permukaan batuan.

Sistem 55 Cancri memang merupakan sistem dengan 5 planet pertama yang ditemukan dan didominasi oleh planet gas raksasa dalam orbit mirip Jupiter dan Saturnus. Dan sama dengan planet yang mengelilingi Matahari, planet-planet ini juga beredar dalam orbit yang hampir lingkaran.

Sistem 55 Cancri
Planet di sistem 55 Cancri ini sedikit berbeda dengan planet yang mengorbit Matahari. Dimana bedanya? Di sistem 55 cancri planet terdalam yang mengorbit bintangnya seukuran Neptunus dan mengitari bintang kurang dari 3 hari pada jarak 5,6 juta km dari bintang.

Planet kedua di sistem ini lebih kecil dari Jupiter dan menyelesaikan putaran orbitnya setiap 14,7 hari pada jarak 18 juta km dari bintang 55 Cancri.

Planet ketiga, memiliki massa yang mirip Saturnus, menyelesaikan putaran orbitnya setiap 44 hari pada jarak 35,9 juta km. Planet yang baru ditemukan sekarang adalah planet keempat dalam sistem ini.

Planet kelima di sistem 55 Cancri dan merupakan planet terjauh yang saat ini diketahui mengitari 55 Cancri memiliki massa 4 kali massa Jupiter dan ia menyelesaikan satu orbit putarannya setiap 14 tahun. Planet ini berada pada jarak 876,6 juta km. Planet inilah yang merupakan satu-satunya planet tipe Jupiter atau planet gas raksasa yang berada jauh dari bintang sama seperti posisi Jupiter dalam tata surya.