CAP 2007 from Athens part 1

Bagaimana mengkomunikasikan astronomi pada masyarakat? Apakah ada cara khusus? Ataukah ada banyak cara? Tanggal 8 Oktober 2007, bertempat di Eugenides Foundation, Athena, konferensi Communicating Astronomy with the Public 2007 diselenggarakan. Bahasan utama konferensi ini adalah untuk mempersiapkan seluruh dunia untuk memasuki Tahun Astronomi 2009 (International Year of Astronomy / IYA2009) dan bagaimana mengkomunikasikan astronomi di masyarakat yang heterogen. Langitselatan berkesempatan untuk ikut dalam acara tersebut dan menjadi salah satu peserta yang akan menyampaikan presentasi di konferensi ini. Langitselatan akan membawakan topik populerisasi astronomi di Indonesia melalui media online.

Suasana pendaftaran CAP2007 di athena

Konferensi dibuka oleh panitia lokal dan dilanjutkan oleh Ian Robson diari Komisi 55 IAU dengan berita terbaru seputar kegiatan Komisi 55 yang khusus bergerak dalam bidang komunikasi astronomi ke publik. Acara secara resmi dibuka oleh Catherine Cesarsky, Presiden IAU dengan penjelasan seputar IYA 2009. Melalui IYA, diharapkan astronomi dapat lebih humanis, alam semesta bukan lagi sesuatu yang asing dan mengawang-awang tapi dapat disosialisasikan dengan lebih baik di bumi ini. IYA juga bertujuan untuk menginspirasi komunitas-komunitas yang sudah ada maupun menginspirasi terbentuknya komunitas astronomi yang terintegrasi dengan berbagai bidang. Mengenal Astronomi dalam visualisasi gambar-gambar indah diharapkan dapat membawa masyarakat untuk menikmati keindahan alam semesta yang tak terlihat dan tak dapat dipegang.

Untuk IYA 2009, IAU tidak akan bekerja sendiri, penetapan tahun astronomi sendiri telah disetujui oleh PBB, dan UNESCO yang turut bekerjasama dalam pelaksanaan IYA, akan membawa program astronomy and world heritage program, membangun kaitan antara sains dan budaya, space education program, dan pembagian teleskop murah untuk edukasi.

Visi IYA 2009 adalah : to help citizens of the world to rediscover their place in the universe through day n night.

Konferensi hari pertama sebagian besar memang diisi oleh penjelasan mengenai IYA 2009 dan rencana pelaksanaan IYA di berbagai negara. Korea contohnya, akan membuat acara turn off your light turn on the star selama 1 malam, dan acara tersebut akan dibantu oleh PLN negara tersebut dengan mematikan lampu di Busan. Hal menarik lainnya adalah, bagaiman mempersiapkan penderita tunanetra dalam mengenal keindahan gambar-gambar astronomi. Jadi foto-foto indah alam semesta bukan lagi monopoli mereka yang bisa melihat.

Sepanjang sore, acara diisi dengan presentasi mengenai planetarium, antara lain mengenai jaringan antar planetarium. Bicara jaringan bukan berarti jaringan kerjasama, tapi lebih pada remote networking antar planetarium antar negara, dimana pada saat yang sama beberapa negara bisa melakukan pertunjukan bahkan bisa menampilkan langit di negara lain yang sedang mengalami malam hari. Pada konferensi, demo dilakukan dari Athena, New York, San Diego dan Jepang. Materi digital planetarium dan planetarium portabel sebagian besar diisi oleh Sky Skan dan Digital Sky.

Acara diakhiri dengan cocktail reseption oleh Sky Skan dan pertluunjukan beberapa show planetarium di dalam Dome Planetarium. Film-film yang diputar antara lain, pengenalan objek langit di musim dingin dari Lochness Production, pertunjukkan merasakan bagaimana mengamat dari Gemini Observatorium, juga menikmati perjalanan dari Bumi sampai ke eksoplanet dan berbagai Galaksi. Pertunjukan diakhiri dengan ikut merasakan perjalanan setiap pesawat menuju Bulan semenjak Kosmonot Rusia, Yuri Gagarin melakukan perjalanan sampai perjalanan yang dilakukan Rusia dan USA pasca Apollo 11. Keberhasilan, kegagalan, ketegangan, dan kekhawatiran selama perjalanan menuju Bulan bisa turut dirasakan dengan menikmati 3D Planetarium Show yang dibangun oleh Sky Skan maupun Digital Sky.

Dari Poster, yang menarik adalah poster dari Prof. Seiichi Sakamoto. Setelah di APRIM 2005 lalu ia menyajikan origami ALma, kali ini ia kembali menyajikan beberapa model origami, maupun model-model menarik dan kreatif lainnya. Bahkan poster Prof. Seiichi sendiri berupa origami. Acara Hari pertama berakhir pukul 8 malam.

Hari kedua, hari ini, acara dimulai pukul 9 waktu setempat dan diisi dengan presentasi acara IYA 2009 di berbagai negara. Saat ini USA dan Canada sedang mempresentasikan acara mereka yang akan melibatkan astronom profesional maupun amatir serta melibatkan anak muda dari masyarakat asli setempat.

Ditulis oleh

Avivah Yamani

Avivah Yamani

Tukang cerita astronomi keliling a.k.a komunikator astronomi yang dulu pernah sibuk menguji kestabilan planet-planet di bintang lain. Sehari-hari menuangkan kisah alam semesta lewat tulisan dan audio sambil bermain game dan sesekali menulis makalah ilmiah terkait astronomi & komunikasi sains.

Avivah juga bekerja sebagai Project Director 365 Days Of Astronomy di Planetary Science Institute dan dipercaya IAU sebagai IAU OAO National Outreach Coordinator untuk Indonesia.