Es di Greenland dan Global Warming

Tahun 2006, Greenland mengalami hari-hari mencairnya salju pada ketinggian yang lebih tinggi dibanding ketinggian rata-rata selama 18 tahun. Hasil pengamatan harian menunjukkan mencairnya salju di lapisan es Greenland mengalami peningkatan setiap harinya.

Foto satelit yang menunjukkan jumlah hari terjadinya proses pelelehan di tahun 2006. Warna biru gelap menunjukkan area yang memiliki hari pelelehan terbesar. Kredit: NASA/Robert Simmon and Marit Jentoft-Nilsen.

Monitoring terhadap pelelehan saju di lapisan es Greenland secara harian dilakukan dengan Special Sensor Microwave Imaging radiometer (SSM/I) yang berada di pesawat ruang angkasa Defense Meteorological Satellite Program. Sensor akan mengukur sinyal elektromagnetik yang dipancarkan lapisan es dan mendeteksi lelehan salju yang terjadi lebih dari 10 hari lebih lama dari rata-rata yang terjadi pada area tertentu di Greenland.

Dengan adanya hasil pengamatan satelit secara periodik memberikan data dan informasi yang akan membantu para peneliti untuk mengetahui kecepatan alir glacier, banyaknya air dari salju yang mencair dan bergabung dengan lautan disekitarnya, juga untuk mengetahui seberapa banyak radiasi Matahari yang akan dipantulkan kembali ke atmosfer.

Jumlah hari dimana terjadi pelelehan di tahun 2006 berada di atas rata-rata proses pelelehan di tahun 1988-2005. Area merah gelap mingindikasikan anomali jumlah hari yang berada di atas rata-rata. Kredit: NASA/Robert Simmon and Marit Jentoft-Nilsen

Salju kering dan basah memang terlihat sama jika dilihat untuk pertama kalinya. Tapi salju yang basah dan salju yang mengalami pembekuan kembali, memiliki tingkat penyerapan radiasi sinar Matahari yang lebih tinggi, dan hanya memantulkan 50-60 persen ke atmosfer. Sedangkan salju kering, memantulkan kembali 85 % radiasi Matahari. Dengan kata lain, salju yang meleleh akan menyerap 3-4 kali energi yang sama dibanding salju kering. Ini tentu akan memberi pengaruh yang besar pada persediaan energi di Bumi.

Mencairnya salju di Greenland memberi pengaruh yang sangat besar terhadap luas lapisan es yang terus berkurang dan terhadap tinggi dan dalam lautan diseluruh dunia. Sebagian air yang dihasilkan dari salju yang mencair juga akan mengalir kedalam glacier melalui patahan-patahan dan alur lubang vertikal (moulin), kemudian mencapai lapisan batuan dibawahnya dan melubrikasi (meminyaki, mencairkan) lapisan es diatasnya.

Pengamatan dan studi yang dilakukan sebelumnya oleh Jay Zwally dan Waleed Abdalati dari NASA Goddard menunjukkan, air yang mencair pada musim panas pada dasar lapisan es bisa meningkatkan gerak es dan menyebabkan terjadinya peningkatan level lautan (tinggi dan dalamnya) dengan sangat cepat. Fenomena ini akan mempercepat terjadinya pemanasan global.

Gambar skematik permukaan glacial yang mengilustrasikan bagaimana moulins mentransport air ke dasar glacier. credit : NASA.

sumber : NASA

Ditulis oleh

Avatar

Avivah Yamani

Tukang cerita astronomi keliling a.k.a komunikator astronomi yang dulu pernah sibuk menguji kestabilan planet-planet di bintang lain. Sehari-hari menuangkan kisah alam semesta lewat tulisan dan audio sambil bermain game dan sesekali menulis makalah ilmiah terkait astronomi & komunikasi sains.

Avivah juga bekerja sebagai Project Director 365 Days Of Astronomy di Planetary Science Institute dan dipercaya IAU sebagai IAU OAO National Outreach Coordinator untuk Indonesia.

118 thoughts on “Es di Greenland dan Global Warming

  1. Sebetulnya mencairnya es greeland itu sudah teramati semenjak akhir dekade 90-an (Majalah Science: 289), bahkan tidak sampai satu dekade, kecepatannya telah mengalami peningkatan sampai dua kali lipat. . Apakah mencairnya es di greenland mempengaruhi Indonesia?

    Jadi, kalau teman2 mengeluhkan, panas yang luar biasa, atau cuaca yang tidak bisa ditebak, atau air pasang yang bikin heboh di Indonesia. Hmmh, kita memang punya masalah bersama, tidak hanya bangsa Indonesia, tapi seluruh umat manusia.

  2. pemanasan global, itu suatu dampak alam yang mana itu karna ulah manusia itu sendiri.pembalakan kayu yang gila2an, limbah pabrik/cerobong asap, rumah kaca, dan exploitasi alam yang gila2an.seharusnya manusia itu sadar…!Tuhan menciptakan bimi beserta isinya itu untuk memenuhi kebutuhan manusia, bukan malah di jaga baik2 malah di jadikan lahan memperkaya bagi pihak yang tidak bertanggung jawab.perang saja biar ramai…sebab suatu saat air akan mahal harganya, dari pada emas.ini bukan ramalan.kami percaya pada Kalam Tuhan.

  3. makanya jaga alam q ta!supaya anak ccu qta bsa hidup d dunia!
    ayo hentikan global warminng dari diri sendiri!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  4. rasanya masih banyak orang yang masa bodo. bagi sebagian orang terlalu sibuk mengurusi urusan finansial mereka sampai lupa dengan lingkungan sendiri.tapi mungkin perlu diadakan lebih banyak lagi kegiatan-kegiatan kampanye tentang global warming agar masyarakat makin melihat atau peduli, kalo perlu ke pelosok desa.

  5. kita sudah sadar akan global warming…..
    mari kita sadarkan yang lain.dengan adanya kesadaran maka mereka akan tergerak untuk melakukan tindakan pencegahan dengan sendirinya. pencegahan yang dilakukan juga tidak perlu yang muluk2 mulailah dari tindakan kecil. walaupun hanya melakukan tindakan kecil apabila banyak yang melakukannya maka akan sangat berguna bagi kita semua bahkan anak cucu kita. bukan saatnya bicara tapi bertindak. terus berusaha mencegah global warming walaupun hanya dengan tindakan kecil. STOP GLOBAL WARMING!!!
    SAVE OUR PLANET!!!

  6. global warming sekarang memeng sedang gencar-gencarnya ,oleh karena itu saya minta supaya jangan hanya ilmuwan yang berkata bahwa global warming itu berbahaya tapi tanpa campur tamgan masyarakat dan kesadaran akan dunia ini sia-sia saja usaha yang dilakukan

  7. maKaNya caRe dUnKz sAMa LingKuNgaN qTa,,,,,, KayaK gUe nEyH cOnToHnyA aNaK bAiK2 YaNg suKa NgEjaGa LingKuNgaN sEkiTaR…..hAhAhA

  8. kalo greenland esnya cair tambah tenggelam aja nie bumi qta…. wah kira2 dah ada yang nemuin planet baru lumz ya???

  9. Ajakan hanya untuk menjaga lingkungan Bumi saja lebih bersifat NATO alias (No Action Talk Only), tapi dapatkah kita betul-betul melakukannya minimal menggunakan sepeda untuk jalan jauh atau berjalan kaki untuk jalan yang dekat(sekalian olah raga) tanpa menggunakan kendaraan bermotor berbahan bakar fosil lagi yang telah jelas-jelas semakin memperbanyak CO2 di atmosfer bumi dan mempercepat terjadinya Global Warming….? Omong kosong yang besar degh klo ada yang mau gituan…
    Ato minimal kita naik kendaraan umum semua, ngak usah naik motor atau mobil pribadi biar sekaligus hemat bahan bakar, menyayangi atmosfer bumi, dan menghindari kemacetan…Pasti gak kan ada yang mau dan semuanya akan berteriak protes.Gaya hidupnya tidak bisa diubah lagi dan tak bisa ditawar-2.
    Belum banyaknya penggunaan kendaraan zero emission, polusi pabrik, kebakaran hutan, dll, adalah masalah bersama yang harus dipecahkan bersama pula. Harus ada aturan dari pemerintah nasional untuk kebijakan ini dan juga semua negara dunia lainnya.
    Kenyataannya AS juga menolak protokol Kyoto…hingga Bumi udah ngeluber airnya memenuhi semua daerah pesisir laut di seluruh dunia…barulah kita tergerak untuk melakukan upaya penyelamatan dunia…..
    Tapi terlambat …. kejadiannya tidak bisa dibalik lagi…Kemiskinan semakin merajalela…dan lahan dunia semakin menyempit dan membuat kehidupan manusia berikutnya tambah sengsara…Belum ditambah situasi iklim yang berubah drastis…
    Peristiwa ini pasti terjadi….Lihat saja beberapa dekade ke depan…

  10. mmm.. sebaik nya dalam rangka stop global warming ini.. kita harus membiasakan diri dari hal-hal yg kecil untuk memulai nya.. misal nya melakukan penghematan kertas, kalo kertas nya udah bener2 ga bisa di pake lagi di jual aja buat di daur ulang kan lumayan tuh….; nggak buang2 tissue, terus ga buang sampah sembarangan..Hemat Listrik jg, … Klo ga jauh2 amat usahain jalan kaki ato naek sepeda….. dari hal-hal yg kecil tersebut kita usahakan untuk merubah kebiasaan kita yg sering membuang2 sumber daya dari Bumi,Kita harus percaya Kalo kita pasti bisa menyelamatkan dunia dari Global Warming…… SEMANGAT…. ^_^

  11. gila…!!
    heran…..
    padahal uda dari dulu dikasi peringatan..
    mulai dari kita aja dulu..dari hal kecil juga boleh..
    kawan2… kalo ga kita sapa lagi. ya kan…?
    gimana nasib anak -cucu qta ntar..?
    lama2 cerita komik Atom-Boy bakal jadi nyata tuh.. seluruh mahluk bumi pada tinggal di pesawat luar angkasa sambil nyari planet yang bisa di tinggalin..
    hakhak… palsu….

    stop global warming!!!

  12. makanya kita sebagai rakyat dunia harus peduli sama lingkungan kita
    udahlah tinggal gratis, ngirup udara gratis………..
    masa kita ngebalasnya kyk gitu

    SO………STOP GLOBAL WARMING……
    TAU DIRI AZ

  13. sebeLumnya, thx dah mw ngeLuangin waktu tuk baca tuLisanku ini…
    Yang pastinya, kaLo cuma NgOMONGNYA doaNk yg Nyaring Ga aKan seLesaii..!!!!
    udaHLah, muLai detik ini, kita Harus KONSISTEN sama OMONGAN kita DaN kita emaNg bener2 BERTEKAD KUAT buat nyeLamatin ni buMi…MuLai dari sekaraNg, aKu menghimbau TemaN2 semua buaT MENEGUR ORANG2 (yang kamu kenal atopun tidak) JIKA mereKa buaNg saMpaH seMbaraNgan atau HaL2 APAPUN yang bisa MerugikaN bumi ini…

    oH cOme On!!!! be DisipLint duLu Lah….
    Dan yaNg pasTinya BErhematLah pada BEnda yang bernama KERTAS. 1 Rim kertas, itu membutuhkan 6 pohon bro!!!!ckckckckck,,,kebayang kan betapa SERAKAHnya manusia ini!!!

    aYoooooo DisipLin!!!!!!!!!!

  14. Please tmn2, kita sebgi generasi muda hendaknya berpikir bgaimana mncari solusi untuk mengatasi global warming,

    soalnya pa tmn2 tega ngbiarin ank cucu kita nantinya hidup dalam lingkupan bahaya yg disebabkan oleh kita dimasa skrang ini!!! tidak khan…

  15. mulai dari diri sendiri
    mulai dari hal-hal kecil…seperti hemat kertas. hemat air, hemat listrik
    dan
    MULAI DARI SEKARANG…..!!!!!

    DOnt NATO
    lets save our generations

  16. GLOBAL WARMING……….!!!
    semua pasti udah tahu apa itu global warming dan apa dampak dari semua itu..
    tapi kenapa yah,,, kesadaran orang-orang untuk mengatasi global warming itu sedikit..
    kendaraan bermotor semakin banyak yang membuat polusi udara dan bolongnya atmosfer bumi…
    Kalo qta dah tau apa itu global warming,,, seharusnya qta jaga bumi ini bersama-sama

  17. duuh….orang2 tuh kok pada bodo, yach???
    kayaknya nggak mentingin global warming, terus aja sama aktifitas masing2…
    produksi aja karbon dioksida sebanyak2nya…..
    ga mikir apa? kalo bumi ini juga bisa punah???
    emang nggak takut gimana kalo es di kutub, green land semuanya habis dan cair???

  18. kalau menurutku bukan karena bodo tapi lebih karena tidak peduli dan tidak bisa mendisiplin diri. Sebenernya ga usah jauh2 sih…. di sekeliling kita… masyarakat bisa ga bikin supaya banjir itu makin berkurnag dnegan tidak membuang sampah sembarangan? sepertinya yang sederhana seperti ini pun susah.

  19. hUsh……..hUsh……..
    pUanAsssssssssssss,,,,,,,
    cuAca ckrg mAng bNr2 pAnaSh………
    qU jG sEtuju,,,,,,,,mAng buKan kar3na bodO………..
    m3nuRut qU s!3ch rAng2 lum terlAlu ngErti mSlh globAl warMing nie,,,,,,,,
    maka’a s’hArusnYa pemr!ntAh ngaSih p3nyUluhan khusus ttg msLh nie,,,,,,,,,
    ‘n sebAgai gen3ras! penErus,qTa harUs ikut s3rta dlm upAya STOP GLOBAL WARMING nie………………
    “n sTudY! sTudY! sTudY!

  20. assalamualaikum wr.wb
    global warming memang sangat manyiksa kita..dan sangat besar dampaknya untuk kita..tapi terjadinya global warming juga akibat ulah kita..marilah kita merenungkan apakah yang akan terjadi jika tempat tinggal kita hancur akibat ulah kita..bagaimanakah tugas yang kita emban sebagai khalifah dimuka bumi ini????????bagaimana jika kita ditanya Allah swt??oleh sebab itu kita harus merawat bumi ini sabagai tugas kita..

  21. Ass.Wr.Wb…….
    subhanallah…..kesempurnaan adalah milik kita sebagai manusia. alam raya dan segala isinya adalah kewajiban kita untuk menjaganya.

  22. Saya percaya, kalo kita semua bisa menyelamatkan bumi kita dari pmanasan global..!
    mungkin masih banyak ya yg masih gk tau tentang pmanasan global, mungkin mereka sudah tahu tp masih gk pduli sama bumi ini, tiap hari sy sudah mencoba dari hal yg paling trkecil unt mnyelamatkan bumi kita. seperti menghemat listrik, mnghemat krtas,dan jg tissue. sy membiasakan diri unt brjalan kaki ato bersepeda unt brpgian ke temp yg dekat, jg mnolak kantong plastik saat berbelanja, sudah saatnya kan kita sadar klo bumi dan isinya sudah terancam pmanasan global, banyak orang bilang klo sebentar lagi kita semua akan kiamat! apa emg kiamat uda dket???? coba bayangkan klo smua yg sy lakukan diatas unt myelamatkan bumi kita ini dilakukan serempak oleh semua manusia yg tinggal dibumi ini, pasti kita bisa melawan global warming yg sdang mngancam bumi ini!!!
    sy mencoba unt mengajak org2 unt brsama2 melawan global warming, unt generasi kita yg akan datang!

    Let`s Go GrEEn..!! SaVe OuR EaRtH..! FiGht GlObal WaRmiNg…!?!?!?!

  23. hey kalian!!!!kalian mau mati bersama sampah sampah dunia?!!!!!dasar amerika jahanammmm!!!

  24. God has created the universe so geniusly. The earth, our home has been properly prepared for billion of years, but now the policy of one(USA) of developed countries does not support in reducing the use of materials affect the increase of global warming. What do yourself think about it?
    Meanwhile, developing countries like Indonesia so slow in doing the reforestation after a euforia of illegal logging. So, let’s try to plant a tree in our gardens, with a hope of sincere con- tribution for a cool atmosphere around us. Start now!

  25. indonesia terkenal dengan hutan2’a yang rindang, bayangkan kalau indonesia ga ada hutannya,pasti terlihat lucu, kaya orang ga ada rambutnya, gimana cara menyuburkannya lagi???

  26. ia stop global warming..hidup sepeda!!! hhahaha.. buat apa naik mobil n motor pribadi kalo jarak deket.. lagian uda ada bemo.. harusnya pemerintah kasi fasilitas di angkutan umum.. dan kalo tu fasilitas uda ada.. masyarakat harus punya kesadaran diri buat ngrawat tu fasilitas.. STOP GLOBAL WARMING!! dari kita sendiri!!

  27. Haia..Susah juga seh nyadarin manusia di bumi..tapi apa boleh buat lah yang sudah terjadi harus diperbaiki mulai dari sekarang. sebagai salah satu pencinta alam (buahahaha..!!) saya hanya bisa berkata “LET’S GO GREEN” tapi ya gak bisa saya sendiri..manusia di bumi ada banyak..sedikit lawan banyak!! Mana bisa..!! “GOD create the Earth, GOD create human, Human destroy the Earth” That’s the point….Makanya jangan hanya berbicara buktikan…

  28. jangan cuma pendapat lah sekarang,,we must do something now!!!!!!!!!!!!!!

    tapi klo itu emang tanda2 kiamat y mau gmn lagi….

  29. ak mah dah makin sering kpanasan..ac lebih sering dimatiin klo ngingat kata2 global warming..tv pun dah makin jarang idup..klo mau ngeprint, harus lebih teliti lagi biar gak ada yang namanya salah ngeprint..si games di kompie nangis waktu didelete..ngerokok??no way!!..k kampus??jalan kaki..kok gak naik motor ato mobil??gak niat tuh.(bukan gak mampu ye).lgan 1 km doank kok:)
    maki2 jakarta yang makin macet..apalg klo ada truk bermuatan puluhan mobil atau motor2 yang datang dari tj.priok ntah mau kmana:)hehe..alamat makin kotor lagi dah ni udara dengan kendaraan bermotor kreditan dimana-mana.hujan asam-hujan asam..
    mau nanam pohon?gak tau nanam dimana.pekarangan gak ada..klo ada yang aktifis lingkungan hidup di site ini,tlg kasitau aku y, klo ada acara nanam pohin bareng..ak mau ikutan..
    yah..dengan ngelakuin hal2 yang kecil, harapanku paling gak ada jutaan orang yang ngelakuin yang sama ma yang udah kulakuin..klo pun gak ada, aku yakin yang kuperbuat juga gak ada ruginya..

  30. Hmmm.. bumi kita tempat kita berpijak, jangan kau sia2 kan adanya. Mari kita jaga bersama karena tanpa bumi kita mati….

    Freon No!!, Polution NO!!, SmoKinG NO!! Alternative Energy YES!!, FresH Air YES!!,

  31. sebenernya cara mencegah global warming itu mudah kalo kita mau mulai dari diri kita sendiri,
    misal gak menggunakan AC kalo gak bener2 kepanasan, gak mnenggunakan apapun yang mengandung CFC.
    trust sebarin keorang yang kamu kenal tentang cara mencegah dan apa yg hrs dilakukan buat mencegah global warming.
    klu 1 orang ngasih tau 3 temennya aja, dan temennya ngasih tau 3 temen yang lain………..
    mungkin dalam 1 tahun muncul organisasi dari negara kita yang tercinta ini atau orng yg tergerak hatinya buat mengatasi global warming secara serius…………….

    http://www.yuwie.com/tika_wu/

  32. global warming harus d hentikan bersama…jadi udah saatnya kta sama2 mencegah global warming…dan udah saatnya juga kita dket ma TUHAN pencipta segalanya karena melihat cuaca dan panas yang ga bisa di tebak kyaknya akhir zaman sudah dekat nie…makanya loe2 smua yang blom tobat…buru2 dhe lebih dket lagi ma TUHAN…karena cuma TUHAN kita yang bisa nyelamatin kta…STOP GLOBAL WARMING

  33. saya cuma mo pesen ma ade2,kk2,om2,tante, pokonya yang tinggal dibumi dech!!!!
    semuanya cuman ada 1 cara!!!!KESADARAN DIRI…..hehehehehe….
    1.sadar klo pake motor / mobil berarti telah mengurangi umur bumi….
    2.sadar ma yg para pengusaha kayu jgn bikin rugi orang lain…
    3.sadar klo da kendaraan yg efisien dan aman lingkungan….yaitu…. SEPEDA!!!!!
    thx buat yg website ni….telah menyadarkan kita….

  34. kami dari duta lingkungan sma negeri 8 pekanbaru juga sedang berusaha untuk memerangi global warming….
    nama team kami adalah EYES..

    we just wanna say, “Don’t destroy our earth!!!”

  35. INTINYA…………………………. :

    KESADARAN DIRI………..

    &

    PENGENDALIAN DIRI………

    JADI JANGAN MENGOMENTARI ORANG LAIN MELAINKAN HARUS BERKACA DARI DIRI SENDIRI DULU… APAKAH SELAMA INI ANDA TIDAK PERNAH MENGECEWAKAN BUMI KITA TERCINTA INI…?? JAWABANNYA ADA PADA DIRI ANDA SENDIRI!!!

    OK…

    RoCk n rOlL

  36. wah…
    kayanya bumi kita ini sudah menghawatirkan, ya…
    berapa lama lagi kita bertahan dengan panasnya bumi…
    setelah ozon menipis…
    sekarang kutub mulai mencair…

    selamatkan diri kalian !!!!

  37. hm…. hese uy ngajak batur nyegah global warming..!!!
    mending mimitian ti diri urang,hayu…….??????

  38. untuk mencegah udah ga mungkin karena global warming sudah terjadi. Perubahan iklim sudah sangat terasa. ang harus dilakukan bukan mencegah tapi mengatasi dan mengurangi dampaknya.

  39. wuumm…
    kalo bumi ini sudah panasss…bangeD, dan lapisan Ozon nggak ada, mo jadi apa kita? Lets Save our Planet!!

  40. Sayang bumi nggak? Nggak sayang loe, ooooh…mang loe tinggal di mana? Just Kidding! Tapi kalo sayang Bumi, rawat dunK bumi kita yang tLah memberikan kita tempat berteduh nd berlindung ini. Jangan di rusak! Kalo di rusak, artinya kita NGGAK TAHU DIRI..Kalo nggak sayang bumi, pindah gih ke planet lain.
    Tiap hari paru-paru dunia kita menghilang. Hampir hitungan hari di Kalimantan habis hutan 3300 hektar! Huaaaa…
    Makanya, jaga dunk bumi kita, bumi bersama, tempat tinggal bersama. Yang cinta bumi ikuuuttt aku…yang nggak sayang, pergi deh jauh2…
    hehe,

  41. harus bertindak, tapi nggak bisa cegah…
    Global Warming Comming…

    PdHal gak paDa ngundang! Siapa yang bikin dia dateng?
    Yuuk, semuanya tanggung jawab, meskipun seandainya nggak bikin Global Warming datang, basmi bersama dehh…

    Not Gosong! Not Panas! Not Mati…
    Hidup Sejukk…hidup sejukk…

  42. gini aj masalah ini emg sangat bahaya di dunia karena adanya global warming ini. Tapi bukan berarti kita jadi kecil hati,malah kita harus sebaliknya dan tetap waspada yang akan terjadi. Dan jangan lupa berdoa kepada ALLLA SWT

  43. aq kasian ma anakQ nanti kan hidup mereka yg ngerasain kayak gitu… Q juga heran ma orang2 berpergian deket sok kayak orang penting mereka naik motor… setres tu orang dah tau bensin mahal masih aja huuh jengkel! keluarga ku uda melakuka penanaman sejua pohhon do lingkungan kita hidup dan di kampung ane udah pada nanam pohon semua setiap rumah yah tapi meski kecil yg penting bisa sedikit membantu lah dari pada yg gak sama sekali za to? itu semua usulku yg disampaikan mamaQ senengnya membuat sedikit perubahan tapi yg ngelakuin banyak orng….ya kagak

  44. klian semua tu emang BAJINGAN……. Kecuali SAYA……
    klian smua tu ga mikir pa…..? klo dunia ini HANCUR……!!!!
    BANGSAT,KEPARAT saya ini belom pengen mati…
    klian smua dah pada enak,,,,dah pada NGEBOL kn…….. !!!.
    LHA SAYA YANG Mo di’BOL SAPA……..?!!

    Thanks Buat temen-temen SWATCHES Di NEW YORK……

    By : LanexzZz AbizZz…….

  45. woy Ja…..
    lu emang bener-bener Gila yAw…..
    tpi smua tu bener ….
    gw ja jga lum ngeBOL……
    yang gw mau…… dunia ni akn hijau selamanya……. jangan da lagi penebangan hutan dunk….. coz smua tu bikin kita gerah…… klo kita gerah minum sprite ja…… sensaingnya bikin kita PLONk…………

    DuwexzZz….

    Thanks buat mama,papa yang slalu mendidikku…… buat adek gw Marsya jangan maen trus….. n buat kakak-kakak gw yang da di luar negri maupun dalm negri,,,,,gw bangga pnya kakak seperti kalian smua…………..
    n buat cayank gw thanks Inspirasinya…..

  46. habis BBM d naikan ….Cyus skalian aj BBm d musnahkan,,,,,BIAR dunia ini bersih dari gas buank

  47. KAMI DARI swatches gank YK jg sedang memerangi global warming dgn tdk naik bis stiap hari….dan melempari batu ke bis2 mana perlu….NAIKAN BBM skarang jg trus musnahkan…..budayakan jalan kaki……because we still want lifes long way

  48. Selamatkan Dunia_kami dari pemanasan Global ini…………………

    Kami tidak mau kulit kami jadi hitam & terbakar gara2 pemanasan global……….

    !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!hehehehehehehehehehe.

  49. Penyebab utama global warming :

    1.banyaknya peternakan-peternakan hewan di dunia ini
    2.penebangan pohon sembarangan
    3.polusi dimana-mana

    cara menangkal nya:
    1.jadilah vegetarian
    2.perbanyak menanam pohon
    3.pakailah teknologi ramah lingkungan

    untuk lebih lengkap nya lihat di:

    http://hernadi-key.blogspot.com

    info-info terbaru tentang global warming..

  50. Menurut paleoclimate proses mencair dan membeku di Greenland merupakan siklus kuasi periodik.

  51. Global warming harus segera dicegah dengan cara mengurangi polusi dan diadakan program penghijauan atau penanaman pohon secara rutin dan bersama lapisan masyarakat.
    Mulai saat ini kita harus peduli denan lingkungan kita karena hal ini merupakan hal yang sangat serius.

  52. aaaa,,,,,,,,,,,,,,,,,,,bisanya cuma pada comment doank!!!! comment seeeeh gak perlu, yang penting tindakan kita mencegah GLOBAL WARMING yang semakin menjadi jadi ini…bumi makin panas cuy……..makanya, sekali kali jalan kaki ga papa kan? anak sekarang si mana ada yang mau jalan kaki?? kalo ga naek mobil ya motor, suruh naek angkutan umum aja malu…beeeeeee…..remaja apa’an tuh!!!!!? jangan pada egois ya??? kita juga harus mikirin bumi kita!!!! kalo bumi kita hancur,kita mau hijrah kemane? london ? a gila ya gw? ahuahuahuahuahuahua

  53. wahahahahahahahahah………………………………………enak ya pada comment doang……kalo gue mahhhhhh…………….usaha donkkkkkk!!!!!!

  54. ga usa ngomong doank,ayo hemat make bbm dan jgn buang sampah sembarngn
    simple kan hayoo mumpung masih bisa
    usaha !!!!!!!!!!!!
    kita pasti bisa ngurangi dampak global warming !!!!!!!!

  55. Aneh…
    tapi nyata…
    dulunya dingin…
    sekarang panas…

    haa…haa…ha…
    kiamat udah dekat…

  56. Ada laporan yang menyatakan bahwa banyaknya es di kutub utara bertambah.

    Increase twice the size of Germany: “colder weather” to blame.

    Data from the National Snow and Ice Data Center (NSIDC) has indicated a dramatic increase in sea ice extent in the Arctic regions. The growth over the past year covers an area of 700,000 square kilometers: an amount twice the size the nation of Germany.

    http://sansteknologi.blogspot.com/search?updated-max=2009-01-03T03%3A06%3A00-08%3A00&max-results=7

  57. maaf saya menyunting sedikit tentang global warmning ini untuk penambahan wawasan saya tentang dampak nya bagi bumi ini
    terima kasih

  58. stop global warming!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    Gunakan energi seperlunya aza!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  59. Global Warming tidak hanya karena CO2, asap kendaraan, asap dari pabrik. Tapi juga dari peternakan. Hewan2 dalam peternakan mengeluarkan gas methana, yang ternyata penyumbang terbesar efek rumah kaca. Info selanjutnya bisa didapatkan di http://www.kafedaun.com

  60. Katanya global warming, tapi kenapa saya masih banyak melihat penebangan pohon dimana-mana. sebagai contoh di sepanjang kali malang. saya tak habis fikir dengan pemerintah setempat yang mengizinkan pohon-pohon itu di sakiti. marilah kita sadar untuk memelihara pohon-pohon di sekitar anda. jangan main tebang seenaknya.

  61. wey mending jalan kaki yu walau pun pegel tapi sehat
    kaya aku
    klau aku biarin aj
    klau terjadi nanti juga nyesel

  62. “Stop GloBal WarMing Dengan cAra
    1.mengurangi pemakaian Listrik,ROkok,minyak wangi semprot,pylox,dll
    2.Menanam pohon
    3.Berprilaku hidup sehat tapi tidak merusak bumI ini
    4.(bilih aya nu bade nambahan?)

  63. hentikan penebangan hutan !!! jgn boros boros make kertas!!!!(kertas non daur ulang)
    Jangan ngrusak meja, kursi, atau yang berbahan dasar kayu(klo rusakkan harus beli lagi jadikan boros kayu!!!)
    Naik sepeda klo mau pergi pergi jarak dekat!!!!
    jangan sering sering pake ac!!!!
    jangan sering pakai hair srpay!!!!!!!

  64. Love your earth!!!!remember we just have only one earth!!!!(sorry yang sebelumnya slh ketik)

  65. waktu yang ada sekarang ini adalah kesempatan untuk peduli, kepada bumi, yang sedang terancam tenggelam dan di hanguskan akibat dari global warming, siapa yang peduli dan berbuat ialah yang inginkan masa depan.

  66. knpa manusia mrusak tempat tinggal nya sendiri
    tempat tinggal tempat tingga lyang sudah ditempati nya sejak dulu ,apa orang orang yang merusak bumi tdak prnah memikir kan nasib bumi yang akan datang.
    skarang saja ES DI GREENLAD MAKIN HARI MAKIN MENCAIR
    skarang ini waktu nya untuk peduli kepada bumi karna nasib bumi ada ditangan kita semua umat manusia apakah cerita bimi akan brlanjut atau cukup sampai disini

    ” INGAT NASIB BUMI ADA DI TANGAN KITA UMAT MANUSIA”………………..,……………..

  67. WoOoOoOwWwWw…………..

    bErApA LaMa kItA HaRuS bErTaHaN DiDuNiA?????

    sETeLaH bUmI HaNcUr aPaKaH aDa kEhIdUPaN Lagi???

  68. wuuiihhhh keadaan bumi kita semakin lama semakin parah ja
    selamatkan diri kalian

    waspadalah

    waspadalah

    met berjuang

  69. aduuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuh gawat gimana nich kita harus bertindak !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  70. gmnaa punn , kitaa hrs bertindag ..
    jgn hnyaa bicaraa !! marii kita bktikann ..
    iindonesiia btuh perubahan !!

  71. Aduhhh!!!! gmn? indo? mn mau pada gak pikirin sih.memang sudah semakin parah ttp gak smua org pduli! kayak org kaya, cuma mikirin diri sendiri( kebanyakan)

  72. klok gw kok mikirnya gini ya
    kalau es mencair suhu di bumi pasti tinggi y, air laut ikut menguap, atmosfer tebel lg, suhu bumi turun lg, es mbeku lg, normal

    1. tapi kyknya pnjelasan yg ada gak sesimple itu …
      tpi mdh2n kenyataannya sesimple itu biar ada ruang bwt anak cucu kita nanti…

  73. sebelum global warming semakin melelehkan bumi kita, ada baeknya kalu kita pesen speedboat sebanyak2nya …
    he he he … kalu perlu, sokongan beli kapal pesiar lengkap dengan pabrik2 pembuatan makanan didalamnya, jadi kita gak perlu khawatir kelaparan … ia tow … ???

  74. Emang global warming tw masalah kita yang kyaknya sepele.
    Tapi, kenyataannya?
    Serem banget !
    Tapi ya,di Negara kita ini kesadaran akan lingkunganmasih kurang baget !
    Tw kan,karena pemerintah kita kurang mensosialisasikan dampak global warming !

  75. Pemanasan GLOBAL di bumi suhu makin panas.Bagi yg tau diri JANGAN BUANG SAMPAH SEMBARANGAN, BERHENTILAH MEROKOK, JANGAN BAKAR SAMPAH SEMBARANGAN. Terutama bagi angkutan umum paling parah dan ga tau diri sopir angkut ny maenin gas mulu asap ny ud item lg….
    Saya berharap Gubernur DKI JAKARTA bs mengatasi smua ini….THX. GOD BLESS

  76. Klo indonesia kaya karna budaya.ayo buktikan klo indonesia kaya karna budaya Bangsa yg kuat..Mulai saat Sama-sama kita lestarikan lingkungan di sekitar kita…Tanam pohon2 di sekitar lingkungan,, taruh tananam di depan rumah sebanyak mungkin..bersihkan sampah2,,,bersihkan saluran got,,Tegor lah apabila ada yg buang sampah sembarangan,,atau buang sampah ke dalam got

Tulis komentar dan diskusi...