Daftar Pertanyaan Tanya LS

Displaying 1 - 50 of 1142 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23
Nama Pertanyaan
Mentari Khoerunnisa Azzahra

Jika suatu benda langit mengorbit sebuah bintang dengan posisi yang selalu sama bagaiman periode orbitnya?

Mentari Khoerunnisa Azzahra

Apa yang terjadi jika bumi kita melakukan revolusi terhadap matahari dengan arah yang berlawanan?dan bagaimana pengaruhnya terhadap arah gerak bintang termasuk matahari?

Lukman

Mengenai banyaknya foto planet lain yang diperkirakan layak huni dengan jarak sangat jauh. Apakah foto yang beredar tersebut merupakan hanya gambaran saja, karena pernah saya melihat sebuah video saat astronom meneliti adakah planet disekitar bintang yang mereka teliti setelah diproses dari teleskop ke komputer itu hanya sebuah titik kecil dg warna dan bentuk kurang begitu jelas. Namun bagaimana peneliti bisa menjelaskan dengan begitu detail planet tersebut dengan warna, dataran, suhu dengan sangat baik. Padahal jarak tersebut sangat begitu jauh dan gambaran tidak begitu jelas.

Jaenal Abidin

Kenapa kehidupan harus dicari dizona layak huni seperti bumi? Apakah tidak mungkin kehidupan diplanet lain bisa menyesuaikan dengan iklim planet asal?

Hilman

Saya senang membaca Langit Selatan untuk menambah pengetahuan tentang luar angkasa. Tapi ada hal yang belum pernah saya baca mengenai black hole.
1. Setelah bintang kehabisan bahan bakar lalu mati berubah menjadi katai putih atau atau bintang netron atau lubang hitam bergantung ukuran awal bintang tersebut. Apa komposisi kimia pada katai putih dan black hole?
2. Sudah banyak gelombang gravitasi yang terdeteksi. Dikatakan gelombang gravitasi tersebut berasal dari tabrakan lubang hitam dan bergabung menjadi lubang hitam yang berukuran lebih besar.
Bagaimana proses penyatuan ke dua lubang hitam tsb. Apakah ke dua lubang hitam hancur lalu menyatu lagi, atau langsung menyatu seperti kalau kita menyatukan 2 tetes benda cair?

Demikian pertanyaan saya. Terimakasih atas kesediaan LS untuk menjawab pertanyaan tersebut.
Salam.

Adi

Jasad manusia maupun hewan yang di buang di luar angkasa apakah akan membusuk ?

Steph

Kapan waktunya kontelasi bintang Aries kepalanya menghadap ke Barat, Utara dan Selatan?
Saat ini (26 Desember 2019) kepalanya sedang menghadap ke Timur.
Thanks.

uwik

bintang berkecepatan hiper, apakah dia juga memiliki planet seperti bintang kita (matahari)?
trima kasih LS atas jawabannya

Garin

Keadaan bawah laut jika permukaan laut terjadi badai

Methania Risvi

Apakah ada planet lain yang memiliki lapisan atmosfer?mengingat lapisan atmosfer selalu dikaitkan dengan kehidupan manusia, sehingga banyak yang berpendapat lapisan atmosfer hanya dimiliki oleh bumi saja. Mohon penjelasannya, terimakasih langitselatan ditunggu.

An

Bintang apa yang bersinar paling terang pada malam hari? Mana yang lebih terang dilihat dari bumi antara Venus dan Sirius? Terima kasih.

Yudha Andika Putra

Apa yang terjadi jika komet atau asteroid menabrak permukaan bumi?

Haeza Naifadya Syaharani Sukamto

Apakah teori big crunch itu? Bagaimana terjadinya?

zidan ibrahim

apa sebelum big bang sudah ada ruang?

Edriandi

Apabila pengaruh gravitasi planet lain dimasukkan ke dalam perhitungan, maka orbital planet Merkurius tidak akan berupa ellips statis tetapi ellips bergeser. Artinya setelah melakukan satu putaran mengelilingi matahari, planet Merkurius tidak kembali ke posisi semula tetapi bergerak menjauh. Ramalan hukum gravitasi Newton berlaku pada garis edar planet Merkurius.

Yang mengherankan adalah hasil pengamatan astronom menunjukkan terdapat ketidakcocokan antara pergeseran dengan yang diramalkan mekanika Newton. Data pengamatan menunjukkan sudut geser itu sebesar 5600,73 detik busur. Dimana 1 detik busur sama dengan 1 derajat sudut dibagi 3600. Jadi kira-kira sekitar 1,5 derajat. Sedangkan mekanika Newton memberi ramalan sudut geser lebih kecil, yaitu sebesar 5557,62 detik busur. Dengan demikian terdapat perbedaan sebesar 43,11 detik busur.

Pada tahun 1915, Einstein menghitung ulang lintasan Merkurius. Hasil perhitungan relativitas umum meramalkan sudut geser itu sebesar 43,03 detik busur setiap satu abad. Hasil perhitungan ini sama persis dengan data hasil pengamatan.

Planet Merkurius itu sendiri penginnya berjalan lurus-lurus saja. Tetapi karena ruang melengkung mau tidak mau ia terpaksa menyusuri ruang lengkung itu.

Demikian juga ruang-waktu di sekitar planet bumi juga akan berbelok. Itulah sebabnya bulan mengorbit bumi.

Pertanyaan.

Kalau ruang-waktu di sekitar bumi memang melengkung lalu kita menembakkan sinar laser katakanlah ke arah utara apakah sinar laser itu akan muncul dari selatan kemudian ia berputar-putar mengelilingi muka bumi..?

Retno Nur Santi

Bagaimana cara berinteraksinya antara matahari dengan planet lain?

H. Solihin, M.Kes

Apakah bisa mendapatkan lokasi2 terbaik di pulau Jawa atau yang terdekat dari Jakarta untuk mengamati hujan meteor perseid di bulan Agustus ini?

Leonardo Manangka

Apa itu Dark Energy dan Dark Matter? Dan apa hubungannya dengan Gravitasi?

Khobir

Dark Energy dan Dark Matter
Bagaimana perkembangan terkini penelitian mengenai Energi Gelap dan Materi Gelap

Masri wijaya

Berapa jarak dari bumi lengan Bimasakti yang terlihat dari bumi. Dan berapa panjang lengan tersebut.

HaidarW

Ada Berapa Lapisan Tata surya Selain sabuk asteroid dan sabuk kuiper?

faisal

pertanyaan saya. bagaimana proses pembentukan air di bumi?

Akhmad Syaefudin

Apaka besaran Massa alam semesta itu sama, dr dimulainya BigBang sampai sekarang ?, kalau tidak apa yg membuatnya berbeda,..

Surya

Mengapa black hole memiliki seperti pancaran cahaya bintang di sekelilingnya? Pdhl black hole tidak memiliki material yang dapat digunakan untuk proses fusi yang dapat memancarkan cahaya

Anggi pratama yudha

Pertanyaan nya Apa itu barrycenter ?
Apa yg menyebabkan semua benda mengelilingi barrycenter?kenapa wujud nya tak pernah diperlihatkan ke publik?
Apakah ditatasurya lain ada titik barry center yang berjauhan dari bintangnya sehingga bintang di tatasurya itu terlihat ikut berotasi bersama dgn planet planet lainnya?

Apa itu barrycenter???

Says

Tolong LS jawab secepatnya !!!!

Says

Bagaimana astronom mengetahui matahari mengelilingi galaksi Bima sakti?

Samuel

Apa sebenarnya tujuan dari misi - misi Apollo yang telah dikerjakan oleh negara Amerika?

Samuel

Apa itu red shift (pergeseran merah) dan apa fungsinya ?

Taufan Juliano

Buku apa saja yang sebaiknya pertama dan musti dibaca untuk memulai pelajaran seorang astronomi amatir?

Terimakasih.

Akhmad Syaefudin

Apa yg membedakan bintang neutron & blackhole, bgmn cara mengetahui massa & diameter blachhole, apakah blackhole bisa hancur atau hidup abadi..kalau bisa apa yg menyebabkannya..

Terima kasih

Rahadian

Aoa benar bumo itu datar bukan bulat?
Kenapa kompas selalu menunjuk arah utara dan bukan selatan?
Bukti kalau bumi itu bulat apa dan kalau datar apa?
Apakah benar NASA pembuat kebohongan publik bisa mengirim orang k bulan?
Dan video yg di buat tahun 50 atau 60 an adalah kebohongan NASA bahwa sebenarnya niel amstrong tidak mendarat di bulan?
Siapa yg merekam video neil amstrong berjalan di bulan?
Bagimana bisa jaman belum modern manusia bisa komunikasi dr bumi ke bulan dg teknologi apa?

Imelda Rineksi W.

Saya ingin mengetahui apakah ada daerah di sekitar Semarang atau Kendal, yang bisa untuk melihat galaksi Awan Magellan? Apabila ada, di mana letaknya? Terimakasih banyak.

Dillan

Apa itu the cold spot?

luhur

1. saya meyakini sebuah ruang mempunya batas . tolong jelaskan seperti apa batas alam semesta ini?

2.jika ruang terbentuk karena muncul nya materi, apa eksistensi/wujud alam semesta ini jika tidak ada materi.

terima kasih

iyan

bagaimana cara membuktikan atau mengetahui, bahwa matahari mengelilingi pusat galakksi?

Vena Sihaloho

Bang, Kak, Min, saya mau tanya dong. Mengapa Bumi bisa memiliki atmosfer, sedangkan planet olabet yang lain seperti Merkurius tidak mempunyai atmosfer? Tolong jawab yaa min.

L.M. Aldin Haswari

Bagaimana pengaruh Lubang Hitam dalam pengembangan alam semesta ?

Fery

Saya pernah belajar tentang kosmos tertutup dan terisi penuh dari Aristoteles-Ptolomeus. Pertanyaannya, apakah mereka pada saat itu sudah memiliki perhitungan tentang luas alam semesta atau tidak? Terima kasih

Sukiono

Mengapa disebutkan bahwa gravitasi bulan mempengaruhi pasang surut air laut, sedangkan gravitasi bumi lebih besar dari bulan dan jarak bulan ke bumi cukup jauh, dan mengapa juga hanya air laut yang terpengaruh, bukan material lain seperti debu, batu, tanah atau bahkan bangunan dan manusia, terima kasih.

Sugihartono

Kenapa dalam dilatasi waktu selalu disebutkan si penumpang roket lebih muda, padahal bagaimana jika kita melihat dengan cara bahwa justru bumi yang meninggalkan roket? Kecepatan roket meninggalkan bumi =0.8C secara relatif, bukankah akan Sam bila kita menganggap bumi meninggalkan roket dengan kecepatan =0.8C.

Sugihartono

Kenapa akhir sebuah bintang bermassa besar dengan ledakan Supernova yang mana bahan bakar nya sudah hampir habis?

Eko Pujianto

Benarkah waktu di bumi dan planet lain berbeda?
Seperti di film sainsfiksi, startrek, interstellar dll, seseorang yg karena pengaruh waktu di lokasi tujuan (planet dan galaksi lain), dia bisa lebih muda/ tua daripada tempat asal di bumi.
Dalam arti sehari di planet lain setara sekian tahun di bumi?
Penjelasannya bagaimana?

Terima kasih.

Titisari k

Voyager, wahana yang sedang berkeliling di antariksa itu. Terbuat dr bahan apa?
Bukankah setiap dia mengunjungi planet, keadaan planet tsb berbeda2, mengapa tdk rusak?