Pahlawan di Tata Surya

Tata Surya punya pahlawan! Ia adalah planet Jupiter, si raksasa yang dua setengah kali lebih masif dari gabungan seluruh planet di Tata Surya.

Kalau punya massa besar artinya gaya tariknya juga besar. Dengan kekuatan gaya tarik yang sangat kuat, Jupiter punya peran yang sangat penting di Tata Surya. Melindungi kehidupan di Bumi!

Masih ingat tabrakan asteroid yang memusnahkan dinosaurus 65 juta tahun lalu? Tanpa Jupiter, akan lebih banyak lagi benda-benda yang menabrak Bumi di sepanjang sejarah manusia. Bahkan bukan tidak meungkin tabrakan yang terjadi mencegah kehidupan manusia untuk dimulai!

Tapi beruntung bagi Bumi. Gaya tarik Jupiter mengalihkan sebagian besar komet dan asteroid yang bisa saja mengarah Bumi sebelum mereka mencapai planet tempat kita hidup.  Karena itu, para astronom berpikir untuk mencari kehidupan lain maka mereka harus mencarinya di sistem lain yang mirip Tata Surya.

Ilustrasi saudara kembar planet Jupiter di bintang lain. Kredit: ESO/L. Benassi
Ilustrasi saudara kembar planet Jupiter di bintang lain. Kredit: ESO/L. Benassi

Sayangnya, “tata surya” lain yang sudah ditemukan memiliki planet masif yang berada sangat dekat dengan bintang induknya. Tidak banyak yang berada jauh dari bintang, seperti halnya Jupiter. Tidak mudah untuk menemukan planet yang berada jauh dari bintang di dalam kegelapan,

Tapi, para astronom baru saja menemukan saudara kembar Jupiter – sebuah planet yang memiliki ukuran seperti Jupiter dan mengitari bintang serupa Matahari. Tak hanya itu, si planet baru ini juga berada pada jarak yang hampir sama dengan Jupiter dari bintangnya.

Penemuan ini memberi harapan baru untuk menemukan tata surya lain yang mirip dan juga untuk menemukan kehidupan lain. Ini semua tak lain karena si pahlawan penyelamat kita!

Fakta menarik: Jupiter mungkin Pahlawan Bumi. Tapi ia sama sekali bukan raksasa yang lembut. Planet tersebut diselimuti badai ganas yang bisa mengamuk selama ratusan tahun!

[divider_line]

Sumber: Dipublikasi kembali dari Space Scoop Universe Awareness edisi Indonesia

Ditulis oleh

Avivah Yamani

Avivah Yamani

Tukang cerita astronomi keliling a.k.a komunikator astronomi yang dulu pernah sibuk menguji kestabilan planet-planet di bintang lain. Sehari-hari menuangkan kisah alam semesta lewat tulisan dan audio sambil bermain game dan sesekali menulis makalah ilmiah terkait astronomi & komunikasi sains.

Avivah juga bekerja sebagai Project Director 365 Days Of Astronomy di Planetary Science Institute dan dipercaya IAU sebagai IAU OAO National Outreach Coordinator untuk Indonesia.