Foto 3D Nebula Elang

Coba perhatikan foto Nebula Elang yang terkenal ini. Ada berapa pilar dalam foto itu?  Pilar mana yang di depan dan mana yang di belakang?

Masalah besar astronom adalah mereka tidak bisa terbang keluar Bumi lalu menjelajahi objek-objek di luar Tata Surya. Mereka hanya bisa melihat objek-objek itu sebagai foto datar, alih-alih dalam tiga dimensi.

Tiga dimensi (3D) berarti mempunyai tiga dimensi: tinggi, lebar, dan kedalaman. Bayangkan kalian melihat model kapal lalu melihat foto kapal yang sama. Kalian akan lebih bisa mendeskripsikan kapal dengan model daripada bila dengan foto datar.

Meskipun tidak bisa keluar jauh dari Bumi, astronom telah menyelesaikan citra 3D pertama objek terkenal bernama Nebula Elang!

Pilar-Pilar Penciptaan, tempat pembentukan bintang. Kredit: ESO.

Nebula Elang tersusun dari beberapa pilar gas dan debu raksasa. Di sana tempat bintang-bintang raksasa dilahirkan. Kini kalian dapat merasakan melihat objek ini dengan detil-detil baru yang menakjubkan, seakan-akan kalian terbang di dekatnya.

Foto baru tersebut memperlihatkan bahwa Pilar-Pilar Penciptaan sebetulnya terdiri atas empat pilar terpisah, yang dari Bumi tampak sebagai bagian dari objek yang sama.

Fakta Menarik:  Astronom sering menyebut waktu adalah dimensi ke-4 alam semesta.

[divider_line]

Sumber: Dipublikasi kembali dari Space Scoop Universe Awareness edisi Indonesia

Ditulis oleh

Ratna Satyaningsih

Ratna Satyaningsih

menyelesaikan pendidikan sarjana dan magister astronomi di Departemen Astronomi Institut Teknologi Bandung. Ia bergabung dengan sub Kelompok Keahlian Tata Surya dan menekuni bidang extrasolar planet khususnya mengenai habitable zone (zona layak-huni). Ia juga menaruh minat pada observasi transiting extrasolar planet.