Astara Ganesha: Rangkaian Perayaan World Space Week di ITB

Pada tanggal 4-6 Oktober 2013, HIMASTRON ITB akan mengadakan Astara Ganesha yang merupakan bagian dari perayaan World Space Week. Puncak kegiatan Astara Ganesha tersebut akan dipusatkan di Institut Teknologi Bandung.  Rangkaian puncak kegiatan Astara Ganesha akan didahului oleh beberapa pra-kegiatan yang dilaksanakan di Jakarta dan Bandung. astara

World Space Week adalah sebuah perayaan internasional mengenai ilmu pengetahuan teknologi, dan kontribusinya terhadap kondisi umat manusia yang lebih baik. Majelis Umum PBB menyatakan pada tahun 1999 bahwa World Space Week akan diselenggarakan dari tanggal empat higga enam Oktober setiap tahunnya.

Tujuan dari World Space Week adalah untuk :

  1. Mendidik masyarakat  dunia akan manfaat yang diperoleh dari antariksa
  2. Mendorong peningkatan penggunaan antariksa untuk pengembangan ekonomi yang berkelanjutan
  3. Menunjukkan dukungan masyarakat untuk program-program antariksa
  4. Menstimulus pemuda tentang sains
  5. Membantu perkembangan kerjasama internasional di bidang pengembangan antariksa dan pendidikan

astara ganeshaRangkaian acara Astara Ganesha dilaksanakan dengan ide bahwa bangsa kita secara keseluruhan masih terbelakang dari segi ilmu pengetahuan. Anak-anak Indonesia masih kekurangan inspirasi maupun pengetahuan secara luas, sehingga menyebabkan motivasi untuk belajar dan maju secara keseluruhan masih kurang. Karena itu, Himpunan Mahasiswa Astronomi (Himastron) ITB  lewat Astara Ganesha ingin memberikan inspirasi bahwa dengan mempelajari antariksa, maka segala dimensi ilmu pengetahuan dan teknologi dapat terpacu untuk maju dan secara otomatis akan berimplikasi pada kemajuan bangsa dan negara Indonesia. Tidak hanya keilmuan antariksa seperti Astronomi, Aeronautika, Astronautika, Meteorologi, Fisika, Kimia, Matematika yang akan maju tapi segala keilmuan termasuk Bisnis, Hukum, Ekonomi, Politik, Tata Ruang, Biologi, Teknik Sipil dsb juga akan terpacu untuk maju. Selain untuk memperingati World Space Week, kegiatan Astara Ganesha 2013 juga diselenggarakan memperingati Perayaan 90 Tahun Observatorium Bosscha sebagai pusat riset astronomi (observatorium) tertua di Indonesia.

Rangkaian kegiatan Astara Ganesha terbuka untuk umum dan dimulai dengan talkshow “Mengulik Eksoplanet” bersama Prof. Bambang Hidayat  di Planetarium Jakarta pada tanggal 22 September 2013 dan Observasi Matahari 29 September 2013 di Lokasi Car Fee Day Dago, Bandung yang dipandu oleh mahasiswa Astronomi ITB.

Rangkaian kegiatan Astara Ganesha dari tanggal 4-6 Oktober 2013, akan mencakup :

Observasi Langit  (4 -6 Oktober, Kampus ITB)
Pengamatan langit dari kampus Institut teknologi Bandung. Pengamatan siang akan berlangsung dari jam 09.00  –  15.00 wib dan pengamatan malam dari jam  18.00 – 21.00 wib. Pengamatan berlangsung setiap hari selama Astara Ganesha.

Talkshow “Adakah Kehidupan lain di sana?” (6 Oktober 2013 di Aula Barat ITB)
Acara talkshow akan mengambil tema “Habitable Zone” di planet extrasolar dan akan membahas kemungkinan adanya kehidupan disana, dan berbagai bahasan interaktif mengenai sosok alien yang selama ini selalu digambarkan menempati eksoplanet.

Astrokids (5-6 Oktober di ruang 29A dan selasar CC Barat ITB)
Acara astronomi yang dikhususkan untuk anak ini akan mengajak anak mempelajari Matahari, bintang-bintang, dan rahasia angkasa lewat :

  • AstroGamez:  Permainan Ular tangga dan Puzzle ala astronomi
  • AstroToon:  Menonton film kartun ala astro untuk anak.
  • AstroCraft:  Membuat prakarya roket

Lomba Poster Astronomi
Lomba yang diadakan khusus untuk pelajar, dengan mengambil tema Eksplorasi Mars. Tujuannya agar para siswa dapat mengembangkan kreativitas dalam mempublikasikan Astronomi dengan menarik dan membuat mereka aktif untuk mencari informasi yang benar mengenai Astronomi.  Selengkapnya tentang Lomba Poster Astronomi dapat dilihat di : http://himastron.as.itb.ac.id/astaraganesha/lomba/lomba-2

Pameran Astronomi
astrofotografiAstara Ganesha membuka kesempatan bagi kita semua untuk menikmati karya-karya sains astronomi dan antariksa. Dalam pameran ini, peserta dapat menikmati instrumen pengamatan mulai dari teleskop yang utuh, bagian-bagian teleskop serta bagian pendukung seperti detektor (CCD), filter matahari, dsb. Pameran juga menampilkan karya astrofotografi, poster paper, serta hasil pengamatan dari teleskop radio dalam bentuk musik. Pameran juga menampilkan obyek-obyek yang memiliki irisan dengan keilmuan lain (meteorologi dan penerbangan) dan budaya Indonesia.

Astara Ganesha juga membuka kesempatan bagi publik untuk mengirimkan hasil astrofotografinya untuk ditampilkan di pameran, dengan ketentuan:

  1. Foto diambil di Indonesia dan merupakan hasil karya pribadi
  2. Foto yg dikirimkan mengenai fenomena Astronomi yang unik
  3. Setiap lembaga mengirimkan maksimal 3 buah foto. Jika akan mengirimkan secara perorangan maka maksimal foto yang dikirimkan adalah 1 buah foto
  4. Foto dikirim ke [email protected] paling lambat tanggal 27 September 2013
  5. Pada saat pameran, foto akan dicetak dalam ukuran A2 (420 mm x 594 mm atau 4961 pixel x 7016 pixel).  Foto yang dikirimkan harus memiliki resolusi 300 dpi
  6. Beberapa hal yang perlu dicantumkan pada foto adalah tanggal dan lokasi pengambilan foto, instrumen yang digunakan, judul + deskripsi singkat foto, dan biodata fotografer
  7. Jika sampai tanggal tersebut ada lebih dari 30 foto yg terkumpul, maka akan dilakukan seleksi

 

Kontak :
Astara Ganesha
HIMASTRON ITB
Labtek 3 – Jl. Ganesha 10 – Bandung – 40132
Web: http://himastron.as.itb.ac.id/astaraganesha/
email: [email protected]
twitter: @Astaraganesha
facebook: AstaraGanesha

Ditulis oleh

Avivah Yamani

Avivah Yamani

Tukang cerita astronomi keliling a.k.a komunikator astronomi yang dulu pernah sibuk menguji kestabilan planet-planet di bintang lain. Sehari-hari menuangkan kisah alam semesta lewat tulisan dan audio sambil bermain game dan sesekali menulis makalah ilmiah terkait astronomi & komunikasi sains.

Avivah juga bekerja sebagai Project Director 365 Days Of Astronomy di Planetary Science Institute dan dipercaya IAU sebagai IAU OAO National Outreach Coordinator untuk Indonesia.