Beranda » Perburuan Kembaran Matahari!

Perburuan Kembaran Matahari!

Matahari. Bintang terdekat Bumi yang sekaligus menjadi sumber energi dan cahaya untuk planet biru ini telah menarik perhatian para astronom untuk diamati.

HIP 102152, kembaran Matahari di rasi Capricornus. Kredit: ESO/Digitized Sky Survey 2. Ucapan terima kasih kepada: Davide De Martin

Tercatat sejak teleskop pertama kali digunakan untuk mengamati benda langit, setidaknya sudah 400 tahun Matahari ikut diamati dan dipelajari lewat teleskop. Empat ratus tahun, rentang waktu yang panjang untuk manusia, tapi tidak untuk Matahari yang saat ini sudah berusia 4,6 milyar tahun. Dari 400 tahun itu, sudah banyak yang dipelajari manusia tentang Matahari tapi juga sebenarnya pengetahuan itu sangat sedikit mengingat manusia belum bisa mempelajari keseluruhan karakteristik Matahari dan perjalanan hidup Matahari dari awal ia terbentuk sampai saat ini. Bahkan untuk tahu masa depan Matahari seperti apa, manusia pun tidak bisa melihatnya sendiri. Kala kehidupan manusia itu jauh lebih singkat dari Matahari. Empat ratus tahun pengamatan saja sudah melibatkan 4-5 generasi, apalagi menanti Matahari menjadi tua.

Paradoks Kembar?
Tapi, ini tidak berarti para astronom tidak bisa mempelajari evolusi Matahari. Caranya? Para astronom berburu bintang yang sama seperti Matahari aka mencari saudara kembar Matahari, yang lebih muda maupun yang lebih tua sehingga mereka bisa mempelajari seperti apa Matahari di masa lalu dan melihat masa depan Matahari kelak.

Perburuan ini memberi hasil yang menggembirakan. Para astronom menemukan saudara kembar Matahari yang usianya jauh lebih tua! Bintang itu bernama HIP 102152 berada 250 tahun cahaya dari Bumi. Keduanya sangat mirip tapi usianya  terpaut jauh sekitar 4 milyar tahun lebih tua. Melihat dan mempelajari keduanya mengingatkan para astronom pada paradoks kembar yang sedang beraksi.

Paradoks kembar atau twin paradox merupakan kisah sepasang kembar identuk yang berpisah karena yang satu tinggal di Bumi sedangkan yang satu lagi menjelajah semesta. Dan ketika si penjelajah ini kembali, ia mendapati dirinya jauh lebih muda dari saudaranya yang tetap tinggal di Bumi.

Kisah Matahari dan kembarannya memang tidak melibatkan perjalanan melintasi waktu. Yang sedang dilihat adalah dua bintang yang sangat mirip pada usia yang sangat berbeda pada waktu yang sama seakan-akan yang satu baru kembali dari perjalanan.

Saudara Kembar Matahari
Pencarian kembaran Matahari sudah dilakukan selama beberapa dekade akan tetapi hanya beberapa yang ditemukan semenjak tahun 1997. Tapi perkembangan teknologi seperti yang digunakan pada Very Large Telescope milik ESO memberi era baru bagi para astronom untuk bisa menemukan bintang yang serupa dengan tingkat presisi yang sangat tinggi. Kembaran Matahari yang dicari merupakan bintang yang memiliki kemiripan massa, temperatur, dan kelimpahan senyawa kimia dengan Matahari.

Jalan hidup bintang yang mirip dengan Matahari, dari lahir (kiri) hingga berevolusi menjadi bintang raksasa merah (kanan). Kredit: ESO/M. Kornmesser.

Dalam pencariannya, tim yang dipimpin Jorge Melendez dari Universidade de São Paulo, Brazil, mempelajari dua bintang kembaran Matahari. Bintang pertama merupakan saudara yang lebih muda yakni bintang 18 Scorpii dan saudara yang jauh lebih tua yakni HIP 102152. Pengamatan dilakukan menggunakan spektograf UVES yang dipasang di VLT milik ESO di Observatorium Paranal, yang berfungsi untuk memisahkan cahaya dalam komponen warnanya sehingga para astronom bisa mempelajari komposisi kimia dan karakteristik si bintang secara detil.