Kau Membuatku Berputar-putar

Pernahkah kalian menarik benang yang mencuat dari sweater dan akhirnya benang itu terus terurai? Astronom menemukan hal yang mirip dengan itu di angkasa! Dua bintang saling mengitari satu sama lain, yang biasa disebut bintang ganda. Saat salah satu bintang bergerak, dia menarik materi dari sekeliling bintang pasangannya lalu memelintir materi itu menjadi bentuk spiral yang menakjubkan!

Struktur Spiral yang dilihat ALMA. Kredit : ESO

Bintang yang berada di tengah-tengah foto ini adalah sebuah bintang raksasa merah. Dahulu ukuran bintang ini cukupan saja (seperti Matahari kita), tapi seiring dengan bertambahnya usia, bintang ini mendingin. Karena temperaturnya menurun, bintang itu pun menjadi lebih merah. Ini memang terdengar aneh sebab dalam kehidupan sehari-hari kita biasa menggunakan warna merah untuk menunjukkan “panas,” misalnya pada kran air. Di astronomi hal ini menjadi berlawanan: bintang-bintang terpanas berwarna biru sedangkan yang terdingin berwarna merah!

Raksasa-raksasa merah bisa mengembang sampai puluhan bahkan ratusan kali lebih besar dari Matahari. Bintang-bintang tersebut menjadi sedemikian besar hingga mereka kerepotan menahan materi yang terletak di bagian luar. Akhirnya mereka melepaskan materi yang sangat banyak itu ke ruang angkasa. Akibatnya, mereka dikelilingi awan gas dan debu yang tebal.

Hampir semua bintang nanti akan menjadi raksasa merah, diselubungi oleh gas dan debu. Namun, baru kali ini astronom melihat gas yang berpijar berputar membentuk spiral! Bentuk yang tidak biasa ini hanya bisa ditimbulkan oleh pasangan si bintang yang tidak tampak. Si bintang sendiri terlalu redup untuk bisa kita lihat, tapi tentunya membuat keberadaannya diketahui berkat spiral ini.

Fakta menarik: Bintang-bintang raksasa merah melontarkan banyak materi sehingga mereka menjadi penyedia gas dan debu untuk membuat bintang-bintang dan planet berikutnya, bahkan raksasa-raksasa merah itu juga menyumbang unsur kehidupan. Kalian bahkan mungkin mengandung bahan-bahan dari raksasa merah!

Sumber: Universe Awareness Space Scoop

Ditulis oleh

Ratna Satyaningsih

Ratna Satyaningsih

menyelesaikan pendidikan sarjana dan magister astronomi di Departemen Astronomi Institut Teknologi Bandung. Ia bergabung dengan sub Kelompok Keahlian Tata Surya dan menekuni bidang extrasolar planet khususnya mengenai habitable zone (zona layak-huni). Ia juga menaruh minat pada observasi transiting extrasolar planet.