Pembuatan Alat Pengamat Transit Venus: Venuskoker

Untuk melakukan pengamatan diperlukan alat yang aman untuk melihat Matahari. Dan alat untuk melakukan pengamatan itu dapat dibuat sendiri dengan alat yang ada di sekitar kita dengan metode Pinhole Projection atau Proyeksi Lubang Jarum. Di antaranya adalah venuskoker yang dapat dibuat sendiri.

Peralatan yang digunakan untuk membuat Venuskoker antara lain cutter, penggaris, alat tulis, jarum, dan jangka. Adapun perekat yang digunakan antara lain double tape ukuran sedang (lebar 2,4 cm), isolasi bening, dan lakban.

Berbagai tipe kamera lubang jarum (pinhole) buatan tim langitselatan

Bahan-bahan

  • Karton
  • Aluminium foil
  • Kertas gambar putih

Cara Membuat

  1. Potong kertas karton dengan ukuran 34 cm x 70 cm sebanyak 2 buah, dan ukuran 34 x 60 cm sebanyak 1 buah.
  2. Beri double tape ukuran 2,4 cm pada salah satu bagian sisi panjang ketiga potongan karton.
  3. Buka double tape, buat tabung dengan cara menggulung karton sehingga didapat diameter tabung sebesar 10 cm.
  4. Pada salah satu karton ukuran 34 cm x 70 cm, buat lubang pengintip dengan berbentuk elips dengan jarak lubang dari sisi lebar sebesar 3 cm. Lubang pengintip ini dibuat sebelum karton digulung sehingga berbentuk tabung.
  5. Tiga buah tabung berdiameter 10 cm terdiri atas: bagian bawah venus koker berupa satu tabung yang memiliki lubang pengintip, bagian tengah dengan ukuran tinggi tabung 60 cm, dan bagian atas venus koker dengan ukuran tinggi tabung 70 cm.
  6. Buat 2 buah lingkaran berdiameter 10 cm dengan menggunakan jangka. Jika tidak memiliki jangka, jangan hilang akal dulu. Kita bisa menggunakan sebuah tali yang diikat sehingga memiliki panjang 5 cm. Pada gambar, bagian yang diputar adalah pensil sedangkan bagian poros yang berupa pulpen tidak digerakkan.
  7. Potong lingkaran dasar dengan potongan yang lebih besar dari lingkaran berdiameter 10 cm.
  8. Pada salah satu lingkaran, buat lubang berbentuk persegi. Tutup lubang dengan menggunakan aluminium foil. Untuk menempelkan aluminium foil dapat digunakan isolasi. Potong berbentuk gerigi pada sisi lingkaran. Lipatlah pada batasan diameter 10 cm.
  9. Tempelkan kertas putih pada lingkaran karton yang menjadi alas venus koker. Kertas putih ini berfungsi sebagai layar untuk mengamati citra matahari.
  10. Tempelkan bagian alas lingkaran pada tabung yang memiliki lubang pengintip. Penempelan bisa dilakukan dengan menggunakan double tape yang direkatkan pada sisi dalam tabung bagian bawah.
  11. Pada lingkaran yang telah dipasang aluminium foil, pemasangan bagian ini dapat dilakukan secara permanen atau bisa dilepas. Jika ingin dibuat bisa dilepas, buat penjepit lingkaran dengan menggunakan karton berukuran lebar 3 cm. Tujuan bisa dilepas adalah untuk menguji berbagai jenis ukuran lubang pinhole guna mendapatkan ukuran lubang jarum yang optimal untuk mendapatkan citra matahari yang tajam. Bagian ini dipasang pada tabung dengan ukuran tinggi 70cm.
  12. Untuk bisa menyambung ketiga tabung, kita dapat langsung menyambungnya dengan isolasi dengan susunan tabung sebagai berikut: tabung yang berisi lubang pengintip terletak di bagian bawah, tabung ukuran tinggi 60 cm terletak ditengah, dan tabung yang memiliki aluminium foil berada paling atas. Agar lebih rapi, kita dapat menambahkan sedikit karton pada bagian tengah venus koker (tabung ukuran 60 cm) . Karton ini berfungsi sebagai penyambung antar tabung.
  13. Lubangi aluminium foil dengan menggunakan jarum. Buat lubang pada bagian tengah lingkaran
  14. Buat tabung pengintip dengan menggulung karton atau kertas gambar sehingga didapat gulungan kertas berdiameter 4 cm dengan panjang 30 cm. Cara menggunakan tabung pengintip adalah dengan memasukkannya pada venus koker dengan posisi miring.
  15. Venus koker siap digunakan. Tinggi tabung total setelah disusun mencapai 2 meter.

Ditulis oleh

Aldino Adry Baskoro

Aldino Adry Baskoro

alumnus astronomi ITB yang saat ini berprofesi sebagai pendidik di sekolahalam Minangkabau dan penulis di langitselatan.