Misteri Bintang Yang Berputar Cepat

Seperti halnya tim detektif, sebuah grup astronom mencoba untuk memecahkan sebuah misteri. Mereka menemukan sebuah bintang aneh yang 25 kali lebih berat dari Matahari dan berputar lebih dari 300 kali lebih cepat – bahkan ia berputar lebih cepat dari bintang manapun yang terkenal sebagai bintang yang masif.Dan selain bintang ini berputar sangat cepat, ia juga brgerak dengan cara yang tidak biasa yakni bergerak lebih lambat dari bintang disekitarnya di angkasa. Sungguh sebuah bola yang aneh!

Bintang yang berputar sangat cepat. Kredit: ESO/M.-R. Cioni/VISTA Magellanic Cloud survey. Acknowledgment: Cambridge Astronomical Survey Unit

Tanda panah pada foto menunjuk pada bintang yang saat ini tengah diselidiki tersebut. Untuk mencoba memahami mengapa bintang ini berputar dan bergerak berbeda dari bintang lain, para astronom mengemukakan sebuah teori untuk menjelaskan hal itu. Sang bintang bisa jadi merupakan bagian dari sepasang bintang ganda di kala ia masih muda. Jika kedua bintang berada sangat dekat, maka bintang akan bergerak lebih cepat dengan “tenaga” dari materi yang ia “hisap” dari bintang pasangannya.

Akan tetapi, bintang yang berputar sangat cepat ini sudah tidak lagi memiliki pasangan. Nah apa yang terjadi dengan bintang pasangannya? Para astronom menduga kalau bintang pasangannya sudah meledak dalam ledakan supernova. Kekuatan ledakan supernova bisa jadi mendorong bintang yang berputar cepat ini menjauh sehingga menjadikannya bola bintang yang aneh dan berbeda dibanding bintang di sekitarnya. Ia bergerak lebih lambat di angkasa dibanding bintang di lingkungannya karena ia adalah pendatang di area tersebut.

Menurut astronom Philip Duffton, “Bintang ini jelas memberikan petunjuk menarik terkait kehidupan yang pendek dan dramatis dari sebuah bintang masif”.

Fakta menarik: Jika sebuah pesawat bergerak dengan kecepatan bintang masif ini berputar, maka hanya dibutuhkan waktu satu menit untuk mengelilingi Bumi di ekuator.

Sumber : Space Scoop Universe Awareness

Ditulis oleh

Avivah Yamani

Avivah Yamani

Tukang cerita astronomi keliling a.k.a komunikator astronomi yang dulu pernah sibuk menguji kestabilan planet-planet di bintang lain. Sehari-hari menuangkan kisah alam semesta lewat tulisan dan audio sambil bermain game dan sesekali menulis makalah ilmiah terkait astronomi & komunikasi sains.

Avivah juga bekerja sebagai Project Director 365 Days Of Astronomy di Planetary Science Institute dan dipercaya IAU sebagai IAU OAO National Outreach Coordinator untuk Indonesia.