Beranda » Lord of The Rings

Lord of The Rings

Foto astronomi yang satu ini tampak menakutkan, seperti “Mata Sauron” dalam film The Lord of the Rings. Di film itu, Mata Sauron menandai tujuan akhir perjalanan panjang Frodo. Tapi, obyek di foto ini bukanlah titik akhir perjalanan menjelajah angkasa – ia hanya salah satu dari banyak rambu yang menjadi noktah di alam semesta!

G299.2-2.9, sisa supernova yang berada 16000 tahun cahaya dari Bumi di Bima Sakti. Kredit : Chandra / NASA

Foto tersebut menunjukkan sisa bintang yang meledak dalam sebuah ledakan yang disbeut ledakan supernova.  Ada beberapa tipe yang berbeda dari ledakan supernova.  Tipe yang muncul dengan sisa bintang seperti yang tampak di foto disebut sebagai Supernova Tipe Ia.  Ledakan supernova jenis ini sangat berguna bagi astronom untuk menghitung jarak di alam semesta.

Jelas para astronom tidak bisa mengukur jarak ke obyek di luar angkasa menggunakan penggaris. Akan tetapi, setiap Supernova Tipe Ia memiliki kecerlangan yang sama saat bintangnya meledak. Artinya, astronom bisa mengetahui seberapa jauh keberadaan mereka dari kecerlangannya saat dilihat dari Bumi: Semakin lemah ledakannya, semakin jauh lokasinya.

Dengan terdeteksinya Supernova Tipe Ia di berbagai lokasi di alam semesta, astronom dapat menggunakannya untuk menghitung jarak ke obyek terdekat yang ada di sekitar mereka. Jadi, ledakan supernova bertindak seperti benda yang bersinar dalam kegelapan (glow in the dark) sebagai penanda jarak di ruang angkasa!

Fakta menarik : Bintang tunggal yang meledak sebagai Supernova Tipe Ia bisa menyemburkan cahaya sebanyak seluruh galaksi yang terdiri dari ratusan milyar bintang!

Sumber : Space Scoop Universe Awareness