IOAA, Persahabatan di dalam Kompetisi

Bulan Agustus 2008, tepatnya tanggal 19 – 28 Agustus 2008, sebuah ajang kompetisi astronomi tingkat internasional diadakan di Bandung, Indonesia. The 2nd International Olympiads of Astronomy and Astrophysics merupakan ajang kompetisi astronomi dan astrofisika yang diikuti oleh siswa-siswa sekolah menengah berbakat dan terpandai dalam bidang astronomi dari berbagai negara. IOAA yang kedua ini diikuti oleh 24 negara sahabat dan akan dibuka oleh Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 20 Agustus 2008 di Istana Negara.

Presiden IOAA menjawab pertanyaan wartawan. Kredit : langitselatan

IOAA pertama kali digagas dan diselenggarakan di Thailand pada tahun 2007 sekaligus untuk merayakan ulang tahun ke-80 Raja Thailand dan ulang tahun ke-84 Putri Galyani Vadhana. IOAA berbeda dengan International Olympiads of Astronomy dalam hal materi yang diujikan dan sistem pengujian. Dalam IOA materi yang diujikan hanya materi astronomi sedangkan dalam IOAA ditambahkan juga materi astrofisika yang berisi materi-materi fisika dan matematika yang merupakan dasar dari astronomi itu sendiri. Selain pertandingan teori dan observasi, siswa juga akan diperkenalkan pada kota Bandung dan kekhasannya dalam acara ekskursi ke beberapa lokasi seperti Taman Mini indonesia Indah, Tangkuban perahu, Saung Angklung Mang Udjo dan beberapa Factory Outlet.

IOAA sendiri bertujuan untuk membangun ketertarikan terhadap astronomi dan astrofisika pada siswa sekolah menengah. Selain itu, sama halnya dengan Olimpiade yang dimulai di yunani dulu dan saat ini tengah diselenggarakan di Beijing, China, Olimpiade Astronomi dan Astrofisika juga bertujuan untuk membangun relasi persahabatan antara peserta dari berbagai negara yang memiliki ketertarikan yang sama. Selain itu diharapkan dari ajang kompetisi ini bisa dibangun kerjasama dan jaringan rset antar negara.

Di 2nd IOAA, Indonesia selaku tuan rumah berkesempatan mengirimkan 10 siswa yang dibagi dalam 2 tim yakni tim A yang dipimpin oleh Dr.rer.nat.Hesti. R.T. Wulandari dan Dr. Suryadi Siregar dan tim B yang dipimpin oleh Dr. Putra Mahasena dan Dr. M. Ikbal Arifyanto. Kedua tim ini akan bertanding dengan 23 tim dari berbagai negara. Diharapkan adik-adik kita yang akan bertanding nanti tidak hanya terfokus untuk menjadi pemenang namun senantiasa mengingat bahwa kompetisi yang diadakan tersebut juga untuk membuka kesempatan menjaring persahabatan dan kerjasama dengan teman-teman baru yang akan mereka temui di dalam kompetisi tersebut. Kemenangan memang indah dan memberi kebanggaan namun di atas segalanya persahabatan yang terjalin adalah hadiah yang tak dapat ditukar dengan medali atau kebanggaan sesaat.

Dalam 2nd IOAA di Bandung ini, selain kompetisi, panitia juga mengadakan Pameran Astronomi dan Budaya Indonesia. Dalam pameran yang akan diadakan dari tanggal 25-27 Agustus 2008, selain pameran dari berbagai institusi terkait astronomi dan kebudayaan, juga diadakan perlombaan bagi anak yang bekerjasama dengan Bobo, kuliah umum, perkenalan piranti lunak astronomi, lokakarya, dan semiloka astronomi dalam budaya Indonesia di SABUGA. Dengan dmeikian masyarakat pun dapat ikut ambil bagian dalam pelaksanaan kompetisi astronomi

Ditulis oleh

Avivah Yamani

Avivah Yamani

Tukang cerita astronomi keliling a.k.a komunikator astronomi yang dulu pernah sibuk menguji kestabilan planet-planet di bintang lain. Sehari-hari menuangkan kisah alam semesta lewat tulisan dan audio sambil bermain game dan sesekali menulis makalah ilmiah terkait astronomi & komunikasi sains.

Avivah juga bekerja sebagai Project Director 365 Days Of Astronomy di Planetary Science Institute dan dipercaya IAU sebagai IAU OAO National Outreach Coordinator untuk Indonesia.

Tulis komentar dan diskusi...