Gerhana Bulan Bersama langitselatan

Kesempatan mengamati Gerhana bulan total (GBT) tanggal 28 Agustus 2007 yang tampak memerah saat Bulan terbit tidak dilewatkan oleh tim langitselatan. Walaupun masih terasa lelah setelah acara Star Party akhir pekan yang lalu, namun kami tetap berangkat menuju Kawasan bukit Dago bergabung dengan adik-adik Sekolah Alam Bandung yang sedang berkemah disana sambil menantikan Gerhana. Setelah hampir “nyasar” akhirnya kami pun tiba di lokasi. Turut bergabung juga teman-teman dari Kompas dan Sindo yang sudah siap dengan kameranya masing-masing. Acara berburu gerhana pun dimulai….

Pukul 17.30 wib, matahari sudah tampak terbenam namun sampai dengan pukul 18.00 wib di arah timur langit masih berawan dan kami masih kesulitan menemukan Bulan yang sedang gerhana tersebut. Padahal disaat yang sama, teman-teman di Kediri sudah berhasil mengamati Gerhana Bulan. Sedangkan di Muara Teweh berita per sms mengatakan kalau gerhana Bulan terlihat namun sedikit terhalang awan dan agak mendung.

Apa yang kami alami ternyata dialami juga oleh teman-teman langitselatan yang melakukan pengamatan dari LAPAN Bandung. Menurut mereka, Bulan belum terlihat karena masih tersembunyi di balik Giant Hypermarket.

Akhirnya setelah mencari-cari, kami pun berhasil melihat Bulan yang sedang tertutup bayangan Bumi dan memendarkan cahaya kemerahan yang berasal dari atmosfer Bumi. Indah sekali.. Namun sayang kesempatan menikmati GBT hanya sesaat karena pada pukul 18.29 GBT sudah berakhir dan memasuki fasa Gerhana Bulan Sebagian.

Setelah menemukan Bulan, adik-adik dari Sekolah Alam pun mulai mengantri dengan tertib untuk bisa melihat permukaan Bulan yang sedang dilanda gerhana tersebut. Pengamatan dilakukan sampai Gerhana Bulan berakhir pada pukul 20.22 wib dan dilanjutkan dengan pengamatan Jupiter sebelum adik-adik sekolah Alam kembali ke tendanya masing-masing dan acara pengamatan Gerhana Bulan pun berakhir dengan keceriaan dan kepuasan.

image credit : nggieng, from LAPAN Bandung
image credit : nggieng, from LAPAN Bandung
eclipse19-04.jpg
image credit : nggieng, from LAPAN Bandung
eclipse1939.jpg
image credit : nggieng, from LAPAN Bandung
montage-gerhana.jpg
Sequence gerhana bulan. image credit : nggieng, from LAPAN Bandung

Ditulis oleh

Avivah Yamani

Tukang cerita astronomi keliling a.k.a komunikator astronomi yang dulu pernah sibuk menguji kestabilan planet-planet di bintang lain. Sehari-hari menuangkan kisah alam semesta lewat tulisan dan audio sambil bermain game dan sesekali menulis makalah ilmiah terkait astronomi & komunikasi sains.

Avivah juga bekerja sebagai Project Director 365 Days Of Astronomy di Planetary Science Institute dan dipercaya IAU sebagai IAU OAO National Outreach Coordinator untuk Indonesia.

9 thoughts on “Gerhana Bulan Bersama langitselatan

  1. Aku ikut ngamat di LAPAN Bandung. Gubrag banget begitu menghadapi fakta bulan “digerhanai” Giant Hypermarket. Tapi, puas juga sih aku segera ngeh ada “sabit merah” (bulan yang baru saja keluar dari bayangan bumi) di atasnya nggak lama kemudian. Seumur-umur baru ngamat gerhana sekarang 🙂

  2. Sayang, enggak bisa ngamat dari awalnya gerhana.
    Padahal sudah siap kamera untuk ngefotonya.
    Sayang klo dirumahku enggak ada teleskop. jadinya kurang manis deh menikmati gerhana? :p

  3. aku kemaren liat gerhana sambil makan bakso sama si emak hikhikhik …
    kebetulan kedai baksonya terbuka, jadi bisa nonton gerhana hahaha

  4. uhuhuhu dari KL sini nggak keliatan semalem,. kami udahmenunggu-nunggu,..ternyata mendung total euy,…tapi lumayan terobati lihat dari langitselatan nih…:-)

  5. liat gerhana dari depan rumah aja… tapi kurang seru.. adanya malah ngeri…. tapi lumayan dah dah ada penawarnya dari langitselatan, karena ada foto nya sih.. thanks

  6. wah keren euy photonya .. saya juga ikutan ngamatin ..dari pinggri pantai deket rumah..sayang cuma pake camera poket 🙁 ikutan minta ijin yah …ngambil photonya 😀 buat punya bulan sendiri dikamar 🙂

Tulis komentar dan diskusi...