Beranda » Selubung Gas Primitif di Exoplanet Neptunus Panas

Selubung Gas Primitif di Exoplanet Neptunus Panas

Ada air di atmosfer exoplanet Neptunus panas yang jaraknya 437 tahun cahaya dari Bumi.

Ilustrasi planet HAT-P-26b. Kredit: NASA/GSFC

Si Planet Neptunus Panas

Dulu kita berandai-andai apakah ada planet di bintang lain. Setelah berabad-abad mencari tahu, saat ini 3610 planet di bintang lain telah berhasil dikonfirmasi keberadaannya oleh para astronom. Tidak mudah, tapi 22 tahun terakhir ini menjadi era kebangkitan pengamatan exoplanet.

Tapi, sejak awal penemuan exoplanet, para astronom sudah diberi kejutan yang menyenangkan. Planet pertama ditemukan di pulsar pada tahun 1992. Planet kedua, 51 Pegasi b yang jadi kebangkitan era exoplanet, merupakan sebuah planet mirip Jupiter yang berada sangat dekat dengan bintang. Si Jupiter panas.

Tahun-tahun berikutnya, ada planet Bumi super yang berada di batas antara planet batuan dan gas. Juga ada planet Neptunus panas, yang mirip Neptunus tapi berada sangat dekat dengan bintang induknya. Berbeda dengan Neptunus yang mengorbit pada jarak 30 AU dari Matahari. Exoplanet serupa Neptunus ini meskipun cukup umum tapi periode orbitnya berbeda dari planet yang kita kenal di Tata Surya. Selain planet-planet raksasa, planet-planet berukuran kecil pun semakin banyak yang ditemukan.

Meskipun sudah ribuan planet yang ditemukan, tidak banyak yang diketahui tentang astmosfer planet-planet ini. Pengetahuan tentang atmosfer sangat penting. Dari atmosfer, kita bisa mengetahui komposisi planet dan menelusuri sejarah pembentukannya.

Tidak mudah memang untuk bisa mengamati atmosfer exoplanet. Bintangnya saja hanya berupa titik, apalagi planet yang jauh lebih kecil dari si bintang induk. Tapi bukan tidak mungkin.

Dengan metode transit, astronom bisa mengenali atmosfer exoplanet. Spektrum cahaya menjadi sidik jari yang tidak terbantahkan dari dunia asing tersebut. Ketika exoplanet transit melintasi bintang induk, gas yang ada di atmosfer akan menyerap cahaya bintang pada panjang gelombang tertentu. Jejak serapan yang ditinggalkan pada cahaya bintang akan menjadi sidik jari komponen penyusun atmosfer pada spektrum yang diterima pengamat.

Air & Awan

Kali ini, para astronom melakukan pengamatan untuk mencari tahu keberadaan atmosfer dan elemen penyusunnya pada exoplanet HAT-P-26b. Pengamatan dilakukan dengan teleskop Hubble dan Spitzer. Hasilnya, ada jejak kelimpahan air di atmosfer exoplanet ini!

Exoplanet HAT-P-26b merupakan planet Neptunus panas yang berada 430 tahun cahaya dari Bumi. Sesuai klasifikasinya sebagai planet Neptunus panas atau ada juga yang menyebutnya Neptunus hangat, planet ini mengitari bintang induknya dari jarak yang sangat dekat, yakni 0,05 AU. Jauh lebih dekat dari jarak Merkurius ke Matahari.

Bintang HAT-P-26 merupakan bintang katai oranye atau bintang di kelas spektrum K yang massanya 0,8 massa Matahari. Temperaturnya juga tidak berbeda jauh dari Matahari meski sedikit lebih dingin, yakni 5079 K. Pada jarak yang sangat dekat, planet HAT-P-26b akan menerima panas dengan intensitas tinggi. Selain itu, pada jarak sedemikian dekat, planet raksasa yang lebih masif dari Neptunus ini akan terkunci gravitasinya dengan bintang. Satu sisi planet akan selalu siang dan sangat panas, sementara sisi lainnya tidak pernah menerima cahaya bintang dan selalu malam.