fbpx
langitselatan
Beranda » Apa itu Quasar?

Apa itu Quasar?

Saya hasna, kak. saya suka astronomi. saya kelas empat SD. quasar itu tergabung, kan, karena tergabungnya dua galaksi, nah, quasar itu tergabungnya dua galaksi apa? maksud saya adalah, dua galaksi itu tergabung dan galaksi yang tergabung itu nama galaksinya apa, ya? (Hasna – Jakarta)

Quasar. Kredit : ESA

Sudah diketahui secara umum kalau di pusat galaksi hampir semua galaksi ada sebuah lubang hitam bermassa besar yang sangat kuat. Tapi ternyata di beberapa galaksi, daerah pusatnya sangat terang, melebihi bagian lain dari galaksi itu. Inti yang sangat terang ini disebut sebagai inti galaksi aktif ( active galactic nuclei / AGN). Inti galaksi aktif biasanya ditemukan di pusat galaksi dimana lubang hitam bermassa super besar berada. Karena lubang hitam inilah yang jadi pembangkit energi bagi inti galaksi aktif.

Quasar atau quasi stellar radio source merupakan inti galaksi aktif yang berada jauh dan merupakan obyek yang sangat terang, sangat energetik dan sangat kuat. Obyek ini memancarkan energi yang sangat besar. Kalau dilihat di teleskop, quasar akan tampak seperti sebuah titik yang mirip dengan bintang. Tapi ternyata titik itu bukan sebuah bintang melainkan sebuah inti galaksi yang sangat terang yang berada jauh dari kita. Dari mana kita tahu quasar ini berada sangat jauh?

Hasil pengamatan menunjukkan kalau quasar memiliki pergeseran merah yang besar sebagai efek dari memuainya alam semesta. Yang artinya jarak antara Bumi dan quasar itu akan semakin bertambah seiring dengan semakin besarnya pergeseran merah si quasar.

Quasar ditenagai oleh lubang hitam bermassa sangat besar di pusat galaksi yang mengakresi materi yang mampat di sekitarnya dan memancarkan energi gravitasi yang sangat besar.  Lubang hitam itu selalu melahap materi yang ada di sekelilinginya untuk masuk ke dalam dirinya. Seperti raksasa yang lahap memakan apapun yang ada di sekelilingnya.

Ketika lubang hitam mengakresi materi di sekitarnya, materi-materi tersebut berputar semakin cepat dan mulai memanas. Semua partikel saling bergesekan sehingga melepaskan sejumlah besar cahaya dan juga radiasi sinar X. Nah ketika materi ini kemudian dilahap oleh si lubang hitam, maka bagian kutub utara dan selatan lubang hitam akan melepaskan energi yang sangat besar yang oleh astronom disebut sebagai jet kosmik. Pernah liat pesawat jet melesat di udara? Sangat cepat dan menyisakan sebaris jejak di angkasa kan? Kira-kira seperti itulah jet kosmik. Energi yang dilepaskan melesat sangat cepat dan energinya pun sangat kuat.

Quasar sendiri tidak selalu berasal dari penggabungan galaksi, karena memang ia bukan hasil dari gabungan dua galaksi. Quasar bisa berada di galaksi apa saja yang lubang hitamnya bisa membangkitkan quasar di dalamnya. Tapi ketika dua buah galaksi bergabung, lubang hitam super masif di dalamnya memang akan membentuk quasar. Karena lubang hitam adalah pembangkit energi bagi inti galaksi aktif.

Baca juga:  Oposisi Mars 2014

Jika quasarnya terbentuk setelah penggabungan dua galaksi itu dari galaksi galaksi apa? Nah, ini bisa dari galaksi apa saja karena semua galaksi yang punya lubang hitam dengan massa super besar bisa menghasilkan quasar.  Diperkirakan ketika Bimasakti dan Andromeda bergabung kelak juga akan membentuk quasar.

Video dari ESO di bawah ini akan dapat memberikan gambaran tentang apa itu quasar.

Loading player…


____

Punya pertanyaan tentang astronomi? Silahkan Tanya LS !

Pengembara Angkasa

Pengelana yang telah banyak menjelajahi angkasa raya dan ingin membagi kisahnya dengan banyak orang. Senang pula mengamen, nebeng kapal orang, dan menumpang tidur di rumah singgah antar bintang.

15 komentar

Tulis komentar dan diskusi di sini

  • bagaimana jet kosmik dari kutub utara dan selatan lubang hitam dapat lolos dari lubang hitam? bukannya cahaya saja tidak bisa lolos jika lewat dekat lubang hitam. setahu saya kecepatan cahaya sampai saat ini masih gerak tercepat di alam semesta. atau apakah jet kosmik ini lebih cepat dari kecepatan cahaya?

  • banyak tesis yang menyinggung tentang definis quasar itu sendiri, yang dibahas di sini mungkin yang paling awam, malahan ada teori yang mengatakan bahwa quasar ini adalah lubang putih yang merupakan sisi lain dari lubang hitam, jadi dia menyalurkan arus materi yang masuk dari lubang hitam lain di alam semesta, atau bahkan di alam semesta lain. ^^

  • wah, lagi butuh kok yang ada malah dari yang paling awam.. definisinya dong, mbak.. dari pandangan mbak sebagai non-awam,

    • udah dibaca kan artikelnya? udah disebut kalau Quasar atau quasi stellar radio source merupakan inti galaksi aktif yang berada jauh dan merupakan obyek yang sangat terang, sangat energetik dan sangat kuat.

  • Didalam lubang hitam itu ada apaan sih ka?
    Terus berapa luasnya lubang hitam itu?

  • Di dalam lubang hitam itu sendiri apa? Katanya yang ada adalah singularitas… yang saya sendiri tidak tahu apa definisinya 🙂 Astronomi benar-benar ilmu yang akan terus berkembang seiring ditemukannya fakta-fakta baru yang malah menimbulkan misteri berikutnya, sangat menarik!

  • Saya kira dulu itu Vega termasuk Quasar, karena rotasinya sangat cepat hingga mengeluarkan gelombang emisi radio, kayak di pilemnya Jodie Foster (Contact “1997”)

  • pergeseran merah adalah spektrum cahaya dari galaksi jauh yang terus bergeser ke frekuensi yang lebih rendah dibandingkan dengan bintang yang lebih dekat sebagai akibat dari membesarnya alam semesta