Telescopes4All

Untuk melanjutkan kesuksesan kolaborasi pelaksanaan IAU100, IAU bekerja sama dengan Belgian initiative Sterren Schitteren voor Iedereen (Stars Shine for Everyone – SSVI) dan Universitas Leiden/Universe Awareness (UNAWE), membagikan 15 teleskop kepada komunitas yang kurang mampu di seluruh dunia. Teleskop tersebut akan ditandatangani oleh astronaut dan para ilmuwan, termasuk di dalamnya para Pemenang Nobel dengan bantuan newscientist.nl.

Program SSVI merupakan hasil kerjasama antara Volkssterrenwacht A.Pien vzw (Public Observatory Armand Pien) dan Universitas Ghent. Menurut Jean-Pierre Grootaerd, pemimpin program SSVI, “Ide dari program ini, anak-anak yang menempuh pendidikan khusus maupun orang-orang yang kurang beruntung, punya kesempatan yang sama untuk mengagumi langit malam yang berbintang dengan bantuan teleskop.”

Tujuan:

  1. Memperluas wawasan anak, orang tua, dan para pendidik
  2. Membangun ketertarikan pada sains
  3. Membangun kesadaran bahwa tiap orang punya kesempatan yang sama untuk mengejar karir di astronomi.

Syarat Usulan:

  1. Kirim aplikasi/proposal singkat yang sesuai dengan Kegiatan Penjangkauan Global IAU 2020, terutama yang terkait dengan Program Menginspirasi Bintang, di mana IAU mendukung program-program terbaik untuk penjangkauan astronomi yang inklusif.
  2. Prioritas diberikan pada yang mengangkat isu kesetaraan gender dan menyertakan kelompok yang tidak terwakili dan kurang memeroleh kesempatan.

Cara Berpartisipasi:

  1. Pengusul adalah Koordinator Nasional Penjangkauan (NOC) atau memeroleh rekomendasi/persetujuan dari Koordinator Nasional Penjangkauan (NOC)
  2. Tulis 1 paragraf (300 kata) proposal bagaimana dan di mana teleskop akan digunakan untuk menginspirasi anak-anak. Kirim tulisan tersebut ke: [email protected] dengan judul: Telescopes for All 2020.

Jika ingin berpartisipasi, hubungi Koordinator Nasional Penjangkauan (NOC) di negara Anda, disertai proposal berbahasa Inggris disertai nama, nama komunitas, alamat, dalam file doc untuk memeroleh dukungan. NOC akan memberi dukungan pada aplikasi yang sesuai ketentuan, sekaligus juga mengidentifikasi komunitas yang memiliki program yang unggul dalam penggunaan teleskop untuk komunitasnya.

NOC Indonesia: Avivah Yamani ([email protected])

Batas Waktu:

Batas waktu pendaftaran: 1 Juni 2020
Pengumuman Pemenang: 15 Juni 2020

Penilaian:

  1. Kreativitas (Jika proposal Anda orisinal atau memiliki komponen orisinal).
  2. Dampak dari penggunaan teleskop.
  3. Keberlanjutan (Apakah teleskop akan terus digunakan dan bagaimana penggunaannya).

Teleskop

Teleskop yang dibagikan adalah Teleskop Refraktor Bresser 90/900 beserta mount khusus yang dibuat oleh kelompok ATM kijkerbouw VSRUG” (Ghent Belgium) untuk program SSVI. Peralatan yang diterima: tabung teleskop, prisma zenit, finder, satu eyepiece plössl 25mm dan mounting teleskop.
Teleskop ini bisa digunakan untuk mengamati Bulan, planet di Tata Surya, beberapa satelit alam dari Planet, dan objek Messier terang seperti Nebula Orion, gugus bola, dan bintang ganda). Filter Matahari juga termasuk dalam paket teleskop ini.

Catatan untuk pengiriman:

Pemenang akan menerima teleskop dalam satu paket dengan nomer pelacakan. Informasi terkait fungsi pendidikan juga akan disertakan di dalam teleskop. Penerima teleskop bertanggung jawab atas pengeluaran lokal seperti bea masuk. Teleskop tidak akan dikirim ulang jika alamat tidak tepat. dan nomer HP narahubung harus disertakan.

Ucapan terima kasih:

Stars Shine for Everyone Project, bekerjasama dengan Volkssterrenwacht A.Pien vzw dan Universitas Ghent.
BRESSER yang sudah mendonasikan teleskop Bresser Messier AR 90/900
‘Kijkerbouw’ untuk mounting rakitan yang dibuat untuk teleskop. Komunitas Amateur Telescope Making (Kijkerbouw) dari UGent Public Observatory Armand Pien.
Astronaut Belgia DIRK FRIMOUT and FRANK DE WINNE yang mendukung program SSVI dan S4G.
Program ini dibuat atas kolaborasi dengan Euro Space Society, Universe Awareness. ?Program ini tidak akan terlaksana tanpa dukungan Universitas Leiden dan newscientist.nl.