Teleskop Untuk Semua

Program Telescopes for All a.k.a Teleskop Untuk Semua mendistribusikan teleskop yang ditandatangani astronaut dan ilmuwan, termasuk para penerima Hadiah Nobel, untuk komunitas tertinggal di seluruh dunia. Program ini bertujuan untuk membuka dan memperluas wawasan anak, orang dewasa, maupun para pendidik, sekligus juga membangun ketertarikan pada sains dan memberi kesempatan yang sama bagi semua orang untuk berkarir di astronomi.

Program Teleskop Untuk Semua merupakan hasil kerjasama Sterren Schitteren Voor Iedereen (Stars Shine for Everyone — SSVI) dan Leiden University/Universe Awareness (UNAWE). Program ini pertama kali diselenggarakan tahun 2017. Salah satu penerima teleskop Bresser edisi pertama adalah Aldino Adry Baskoro dari langitselatan yang menggunakan teleskop tersebut untuk kegiatan pengenalan astronomi untuk anak di Padang.

Pada tahun 2020, IAU Office for Astronomy Outreach (OAO) bekerjasama dengan Sterren Schitteren Voor Iedereen (Stars Shine for Everyone — SSVI), Bresser dan Leiden University menyelenggarakan program ini dan mengirim 17 teleskop untuk 17 komunitas di berbagai belahan dunia. Salah satu penerimanya adalah komunitas Andromeda dari Universitas Akhmad Dahlan dengan program pembelajaran bagi siswa Sekolah Luar Biasa (SLB) Tunarungu Bantul.

Di tahun 2021, program yang sama kembali dilanjutkan oleh IAU Office for Astronomy Outreach (OAO) bekerjasama dengan Sterren Schitteren Voor Iedereen (Stars Shine for Everyone — SSVI), Bresser dan Leiden University.

Kali ini ada 12 teleskop yang akan didistrobusikan ke 12 komunitas tertinggal di seluruh dunia. Teleskop-teleskop tersebut ditandatangani oleh astronaut, penerima hadiah Nobel, komunikator astronomi, dan para ilmuwan.

Tujuan:

1. Memperluas wawasan anak, orang tua, dan para pendidik
  2. Membangun ketertarikan pada sains
  3. Membangun kesadaran bahwa tiap orang punya kesempatan yang sama untuk mengejar karir di astronomi.

Syarat Usulan & Penilaian:

1. Kreativitas (Jika proposal Anda orisinal atau memiliki komponen orisinal).
  2. Berdampak pada komunitas
  3. Program yang diajukan memiliki unsur keberlanjutan
  4. Prioritas diberikan pada komunitas tertinggal yang tidak memiliki akses ke teleskop atau tidak memiliki teleskop.

Syarat Tambahan untuk Peserta di Indonesia:

1. Yang sudah pernah memperoleh Teleskop untuk Semua tidak diperkenankan ikut untuk memberi kesempatan pada komunitas yang memerlukan.
  2. Peserta yang berhasil memperoleh teleskop harus bersedia untuk menulis laporan kegiatan secara berkala dan dikirim ke NOC Indonesia.

Cara Berpartisipasi:

1. Kirim proposal ke Koordinator Nasional Penjangkauan (NOC) untuk memperoleh rekomendasi/persetujuan dari NOC Indonesia.
  2. Proposal yang diajukan ditulis dalam bahasa Inggris dan merupakan proposal yang siap dikirim ke IAU OAO setelah memperoleh persetujuan dari NOC Indonesia.
  3. Proposal berupa tulisan 1 paragraf (300 kata) tentang program yang diajukan. Bagaimana dan di mana teleskop akan digunakan. Program harus sesuai dengan tujuan Teleskop untuk Semua dan memuat syarat usulan yang akan dinilai.
  4. Proposal yang tidak memenuhi ketentuan 300 kata dan tidak sesuai tujuan dan standar penilaian tidak akan diberi rekomendasi.
  5. NOC Indonesia akan memprioritaskan komunitas yang tidak memiliki teleskop atau akses ke teleskop.
  6. NOC Indonesia akan mengirim rekomendasi kepada peserta yang mengajukan proposal untuk dikirim oleh peserta ke IAU OAO.
  7. Setelah ada rekomendasi dari NOC Indonesia, peserta harus mengirimkan sendiri proposal dan surat rekomendasi ke: [email protected] dengan judul: Telescopes for All 2021.

Format:

1. Kirim proposal dalam bentuk file Pdf
  2. Proposal harus menyertakan: Judul, Program yang diajukan dalam satu paragraf (300 kata), Nama pengirim, Nama komunitas, alamat surat elektronik, alamat pos komunitas/penerima teleskop, dan nomer HP atau narahubung komunitas penerima teleskop.

Kirim proposal ke NOC Indonesia: Avivah Yamani ([email protected])

Batas Waktu:

27 Mei 2021: Batas waktu memperoleh rekomendasi
31 Mei 2021 pukul 23:59 waktu lokal: Batas waktu pengiriman proposal dan rekomendasi dari NOC Indonesia ke IAU OAO.
15 Juni 2021: Pengumuman pemenang

Teleskop

Teleskop yang dibagikan adalah Teleskop Refraktor Bresser 90/1200 beserta mount khusus yang dibuat oleh kelompok ATM Kijkerbouw dari Observatorium Publik Armand Pien Belgium for SSVI untuk program SSVI. Peralatan yang diterima: tabung teleskop, prisma zenit, finder, satu eyepiece plössl 25mm dan 15 mm, filter Matahari, satu eyepiece elektronik (webcam), tripod dan mounting teleskop.
Teleskop ini bisa digunakan untuk mengamati Bulan, planet di Tata Surya, beberapa satelit alam dari Planet, dan objek Messier terang seperti Nebula Orion, gugus bola, dan bintang ganda).

Penting: Untuk pengamatan Matahari, harus menggunakan filter Matahari.

Catatan untuk pengiriman:

Pemenang akan menerima teleskop dalam satu paket dengan nomer pelacakan. Informasi terkait fungsi pendidikan juga akan disertakan di dalam teleskop. Penerima teleskop bertanggung jawab atas pengeluaran lokal seperti bea masuk. Teleskop tidak akan dikirim ulang jika alamat tidak tepat, karena itu nomer HP narahubung harus disertakan.

Ucapan terima kasih:

Sterren Schitteren Voor Iedereen (Stars Shine for Everyone – SSVI) yang merupakan kerjasama antara Volkssterrenwacht A.Pien vzw(Observatorium Publik Armand Pien) dan Universitas Ghent. Menurut Jean-Pierre Grootaerd, pemimpin program ini, Teleskop untuk Semua dibuat dengan ide bahwa “semua anak yang menerima pendidikan khusus ataupun yang memiliki kekurangan, memiliki kesempatan yang sama untuk mengagumi langit malam dengan bantuan teleskop”.

SSVI dilaksanakan oleh Komunitas Amateur Telescope Making Kijkerbouw dari Observatorium Publik UGent Armand Pien di Ghent, Belgia. Astronaut Belgia Dirk Firmout dan Frank De Winne mengasuh proyek SSVI dan Science4Girls.
SSVI merupakan kolaborasi dengan Euro Space Society dan Universe Awareness.

BRESSER yang sudah mendonasikan teleskop untuk SSVI dan Teleskop untuk Semua. Teleskop untuk Semua juga mengucapkan terima kasih pada Leiden University atas dukungannya.

Persetujuan dengan Peserta

• Seluruh keputusan penyelenggara terkait semua aspek dari program Teleskop Untuk Semua, termasuk kelaikan atau diskualifikasi aplikasi, komentar dan gambar, dan distribusi akhir, tidak dapat diganggu gugat.
  • Dengan mengirim informasi yang diminta untuk proposal Teleskop untuk Semua, peserta menyetujui bahwa panitia dan/atau mitra bisa menggunakan, mereproduksi, melakukan publikasi, dan menyebarkan nama dan informasi terkait program Teleskop untuk Semua dalam publikasi atau materi promosi, untuk mempromosikan proyek dan para pemenangnya, tanpa kompensasi kepada peserta.
  • Penyelenggara Teleskop untu Semua berhak melakukan perubahan program sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya, termasuk untuk menghentikan program sementara waktu, atau untuk membatalkan proyek tanpa harus bertanggung jawab atas keputusan ini. Tidak ada kerusakan atau kompensasi yang dapat diklaim oleh peserta.
  • Dengan mengajukan proposal, peserta menyetujui bahwa penyelenggara dan kolaborator Teleskop untuk Semua, tidak bertanggung jawab atas pengeluaran lokal (seperti pajak bea cukai) yang terkait dengan penerimaan teleskop jika peserta memenangkan teleskop.
  • Penyelenggara dan kolaborator Teleskop untuk Semua tidak bertanggung jawab atas cedera akibat penggunaan teleskop yang diperoleh dari Teleskop untuk Semua. Pengguna teleskop bertanggung jawab atas penggunaan teleskop.