Beranda » Satu Titik Kecil di Alam Semesta

Satu Titik Kecil di Alam Semesta

Momen yang dinantikan pun tiba. Citra ilmiah pertama Teleskop Antariksa James Webb (JWST) dirilis. Foto satu titik kecil di Alam Semesta yang memperlihatkan ratusan.. atau bahkan ribuan galaksi jauh!

Citra gugus galaksi SMACS 0723 yang merupakan foto pertama Teleskop Antariksa James Webb. Kredit: NASA/ESA/CSA/STScI

Citra pertama JWST diumumkan oleh Presiden Amerika Serikat Joe Biden dan Wakil Presiden Kamala Haris pada tanggal 11 Juli 2022, pukul 05:00 WIB.

Yang menarik, foto yang dipotret JWST juga memperlihatkan objek yang cahayanya sudah melakukan perjalanan sangat jauh. Cahaya itu datang dari waktu beberapa ratus juta tahun setelah Alam Semesta terbentuk. Itu artinya objek tersebut sudah melakukan perjalanan lebih dari 13 miliar tahun!

Cahaya dari masa lalu inilah yang membawa cerita tentang perjalanan Alam Semesta. Semakin jauh kita melihat cahaya maka kita bisa menelusuri masa lalu Alam Semesta. Lebih tepatnya apa yang terjadi kala alam semesta baru terbentuk. Dan inilah yang jadi target JWST dalam misinya selama 10 tahun ke depan.

Citra pertama JWST ini berasal dari potongan langit seluas 1/300 luas Bulan atau sebesar satu butir pasir yang dilihat atau diamati dari jarak sepanjang lengan. Dan di dalam potongan angit itu terdapat ribuan galaksi!

Dalam satu galaksi ada miliaran bintang dan seandainya setiap bintang punya satu planet, maka potongan langit itu sedang menyajikan ribuan galaksi dengan triliunan bintang dan planet. Yang lebih menarik pada potongan langit ini pula kita bisa memperoleh informasi terkait masa lalu alam semesta. Lebih tepatnya dari galaksi generasi pertama yang terbentuk di alam semesta.

Galaksi-Galaksi Jauh

Perbandingan foto area gugus galaksi SMACS 0723 yang dipotret Teleskop Hubble (kiri) dan JWST (kanan). Kredit: NASA/ESA/CSA/STScI

Foto pertama JWST menampilkan gugus galaksi SMACS J0723.3-7327 atau SMACS 0723 yang berada pada jarak 4,6 miliar tahun cahaya. Gugus galaksi di selatan rasi Volas ini dipotret oleh JWST dengan NIRCam atau kamera dekat-inframerah yang dipotret pada berbagai panjang gelombang selama 12,5 jam.

JWST bukan satu-satunya teleskop yang pernah memotret gugus galaksi SMACS 0723. Sebelumnya, Teleskop Antariksa Hubble, Planck, dan Spitzer juga pernah memotret area yang tampak bagi pengamat di langit selatan tersebut.

Bintang utama citra pertama JWST memang gugus galaksi SMACS 0723. Tapi pengamatan dengan metode lensa gravitasi memperlihatkan hasil yang berbeda. Semakin besar massa, maka gravitasi pun semakin besar.

Gugus galaksi SMACS 0723 yang padat ini massanya juga luar biasa masif. Implikasinya, gravitasinya pun sangat besar dan kuat. Akibatnya, jika ada cahaya dari galaksi jauh yang melewati SMACS 0723, cahayanya akan dibelokkan. Hasilnya, pengamat akan melihat garis melengkung pada citra yang diambil JWST tersebut. Garis melengkung dan kabur pada foto merupakan cahaya yang terdistorsi. Gugus galaksi SMACS 0723 bertindak adalah lensa kosmis yang berperan seperti lup atau kaca pembesar yang memperkuat cahaya galaksi jauh yang redup hingga bisa dilihat oleh pengamat di Bumi.