Beranda » Penuaan Dini Pada Bintang WASP-18

Penuaan Dini Pada Bintang WASP-18

Pernah melihat seseorang yang yang tampak lebih tua dari usianya aka penuaan dini? Seperti itulah bintang yang akan jadi pembicaraan kita kali ini. Bintang WASP-18, sebuah bintang serupa Matahari dengan massa 1.25 massa Matahari dan berada di rasi burung Phoenix di belahan langit selatan.

Pertanyaannya, bagaimana sebuah bintang bisa tampak lebih tua dari usianya? Apakah ada yang mengganggunya sehingga ia jadi banyak pikiran? Kok ya seperti manusia yang mengalami penuaan dini. Ups.

Hasil pengamatan pada bintang WASP-18 berhasil mengungkap penyebab penuaan dini pada bintang tersebut. Ternyata, sumber penuaan dini pada bintang ini berasal dari planet gas raksasa yang mengelilinginya.

Ilustrasi sistem keplanetan WASP-18 dengan planet WASP-18b yang mengitari bintang dari jarak dekat. Pada kanan atas terdapat hasil pengamatan optik bintang WASP-18 yang terang sementara hasil pengamatan Chandra tidak memperlihatkan adanya pancaran sinar X yang seharusnya dipancarkan bintang muda. Kredit: Observatorium Chandra/NASA

Planet WASp-18b
Planet yang diberi nama WASP-18b (planet pertama dalam sistem keplanetan yang mengelilingi bintang WASP-18) diketahui merupakan sebuah planet gas raksasa yang digolongkan dalam kelas Jupiter panas. Artinya ia merupakan planet gas raksasa seperti halnya Jupiter, namun karena lokasinya yang dekat dengan bintang induk maka planet raksasa ini tergolong planet yang panas.

Bagaimana tidak, planet WASP-18b berada hanya 0,02 AU atau lebih dekat dari jarak Merkurius ke Matahari. Itu jaraknya dari bintang induknya, yakni bintang WASP-18. Kalau dari Bumi, Bintang WASP-18 dan planetnya tersebut jaraknya 330 tahun cahaya. Jika Jupiter, membutuhkan waktu sekitar 12 tahun untuk menyelesaikan satu tahunnya atau satu putaran mengelilingi Matahari, maka satu tahun di WASP-18b terbilang cukup singkat. Planet WASP-18b yang massanya 10 massa Jupiter,  menyelesaikan orbitnya mengeliling bintang WASP-18 hanya dalam waktu 23 jam. Artinya satu tahun di WASP-18b hanya hampir sehari di Bumi! Bayangkan jika kita bisa berada disana. Sayangnya planet Jupiter panas seperti ini bukanlah planet yang cocok untuk dihuni.

Planet raksasa yang ditemukan dalam jajaran eksoplanet jelas sangat banyak. Tapi kesemua planet itu memiliki keunikannya masing-masing. Demikian juga WASP-18b. Ia unik karena dalam perjalanan hidupnya, ia memberi pengaruh yang besar pada sang bintang induk.

Sumber Penuaan Dini
Planet WASP-18b inilah yang menjadi sumber penuaan dini pada sang bintang. Planet raksasa yang berada sagat dekat dengan bintang induknya ini menjadi sumber peredaman pada medan magnetik sang bintang. Pada umumnya ketika bintang beranjak tua maka aktivitas magnetik dan sinar-X dari bintang akan menurun. Kondisi inilah yang dilihat oleh para astronom. Simpulan yang diperoleh tentunya bintang sudah tua.

Tapi setelah dilakukan penelitian lebih lanjut, usia bintang WASP-18 hanya sekitar 500 juta – 2 milyar tahun. Usia yang masih cukup muda bagi sebuah bintang. Buat manusia, usia ini tak mungkin dicapai. Tapi bagi bintang usia kisaran 2 milyar tahun itu masih muda. Bandingkan dengan Matahari yang sedang berada pada masa jayanya di usia 4,6 milyar tahun.