Ayo Menamai Satelit!

Ya, Anda diperbolehkan menamai satelit. NASA mengundang Anda di seluruh penjuru dunia untuk menamai satelit barunya sebelum diluncurkan pertengahan tahun ini. Sebelumnya satelit ini dipanggil GLAST, kependekan dari Gamma-ray Large Area Space Telescope.

Ilustrasi wahana GLAST (credit: NASA and General Dynamics).

Alan Stern dari markas NASA di Washington DC mengatakan bahwa NASA sedang mencari-cari nama yang akan mencitrakan grengseng misi GLAST dan mensinyalir (observasi) sinar gamma dan energi tinggi. Nama yang diharapkan muncul adalah yang mudah diingat, gampang diucapkan, dan akan menjadikan satelit dan misi ini menjadi topik pembicaraan di meja makan dan diskusi di kelas.

Tujuan utama teleskop tersebut meliputi:

  • Menyelidiki lingkungan paling ekstrem di alam semesta
  • Mencari tanda-tanda hukum baru fisika dan apa yang menyusun dark matter (materi gelap) yang misterius
  • Memahami bagaimana lubang hitam mempercepat semburan (jet) materi hingga mendekati kecepatan cahaya
  • Memecahkan misteri ledakan kuat tiba-tiba yang dikenal sebagai gamma-ray burst
  • Menjawab pertanyaan mengenai flare Matahari, pulsar, dan asal-usul sinar kosmik

Nama baru yang diusulkan boleh berupa singkatan, namun itu tidak menjadi persyaratan. Teleskop juga boleh dinamai dengan nama ilmuwan terkenal dan belum pernah dipakai untuk nama misi-misi NASA sebelumnya. Seluruh saran nama akan dipertimbangkan. Anda pun boleh mengusulkan lebih dari satu nama. Berminat? Ajukan usulan Anda ke http://glast.sonoma.edu/glastname. Jangan lewat dari 31 Mei 2008 ya!

Sumber: [email protected]

Ditulis oleh

Ratna Satyaningsih

Ratna Satyaningsih

menyelesaikan pendidikan sarjana dan magister astronomi di Departemen Astronomi Institut Teknologi Bandung. Ia bergabung dengan sub Kelompok Keahlian Tata Surya dan menekuni bidang extrasolar planet khususnya mengenai habitable zone (zona layak-huni). Ia juga menaruh minat pada observasi transiting extrasolar planet.

3 thoughts on “Ayo Menamai Satelit!

Tulis komentar dan diskusi...