fbpx
langitselatan
Beranda » Monster Yang Hidup di Galaksi Besar

Monster Yang Hidup di Galaksi Besar

Ada monster mengintip di luar angkasa, nama monster itu Lubang Hitam. Apapun yang ada di dekatnya akan ditarik dengan tenaga yang kuat dan tidak akan punya kesempatan untuk lolos. Monster ini akan melahapnya!.

Galaksi-galaksi yang memiliki lubang hitam di pusatnya ditandai oleh warna merah. Kredit : CFHT/IAP/Terapix/CNRS/ESO

Ia melahap apa saja, bahkan cahaya – yang paling cepat di alam semesta. Cahaya pun tidak akan bisa lolos dari monster ini. Inilah mengapa si lubang hitam ini hitam. Tapi yang harus diingat, lubang hitam itu bukan sebuah lubang dan bukanlah sesuatu yang kosong. Lubang hitam sebenarnya diisi oleh banyak sekali materi yang memenuhi daerah yang sangat kecil.

Tapi astronom tahu kalau ada juga lubang hitam raksasa dan mereka ini hidup di pusat sebagian besar galaksi termasuk di galaksi kita sendiri yaitu Bima Sakti! Monster raksasa ini disebut juga “Lubang Hitam Super Masif”. Jangan panik: Bumi dan seluruh Tata Surya berada jauh sekali sehingga tidak akan berada dalam bahaya yang dipengaruhi oleh lubang hitam super masif di pusat Bima Sakti.

Sebagian dari lubang hitam super masif tidak memiliki materi di dekatnya untuk dilahap. Tapi sebagian lainnya memiliki sajian lengkap dari benda-benda kosmik dalam jangkauannya untuk disantap. Nah, si lubang hitam yang sedang makan jauh lebih mudah ditemukan di alam semesta, karena materi yang akan dilahap itu bersinar terang sebelum ia kemudian menghilang selamanya dalam mulut monster itu. Galaksi yang memiliki lubang hitam super masif dalam foto di atas di beri tanda warna merah.

Para astronom bercita-cita untuk menemukan sebagian besar monster yang sedang makan di pusat galaksi ukuran menengah. Tapi dalam pengamatan terbaru diperlihatkan kalau monster tersebut kebanyakan berada di pusat galaksi yang lebih besar 20 kali dari yang diharapkan para astrnom.

Penemuan mengejutkan ini berarti para astronom harus kembali berhitung di papan tulis untuk mencari tahu kenapa prediksi mereka salah. Kadang para astronom pun tidak langsung mendapatkan jawaban yang tepat pada awalnya! Tapi itulah yang namanya penelitian, bukti baru akan membawa para astronom meninjau kembali teori yang sudah ada.

Fakta Menarik : Untuk membuat lubang hitam kecil, kamu harus meremas benda yang massanya sama dengan massa Bumi menjadi sekecil bola yang memiliki diameter beberapa milimeter!

Sumber : Space Scoop Universe Awareness

Baca juga:  Peta Distribusi Air di Galaksi Jauh
Avivah Yamani

Avivah Yamani

Tukang cerita astronomi keliling a.k.a komunikator astronomi yang dulu pernah sibuk menguji kestabilan planet-planet di bintang lain. Sehari-hari menuangkan kisah alam semesta lewat tulisan dan audio sambil bermain game dan sesekali menulis makalah ilmiah terkait astronomi & komunikasi sains.

Avivah juga bekerja sebagai Project Director 365 Days Of Astronomy di Planetary Science Institute dan dipercaya IAU sebagai IAU OAO National Outreach Coordinator untuk Indonesia.

16 komentar

Tulis komentar dan diskusi di sini

  • Apakah ada pengamatan yang menunjukkan bahwa di sisi lain lubang hitam (blackhole) ada sebuah lubang juga tetapi berkebalikan, “memuntahkan” (sedangkan kita ketahui di atas lubang hitam “mengisap”) materi yang ada disektarnya? whitehole??

  • Menurut saya ,lubang hitam tersebut hampir sama dengan yang terjadi pusaran yang dilaut ! Yang di isap akan ditarik dan disebarkan ketempat lain dan pasti hancur ! Yang jadi pertanyan adalah yang menyebabkan energy pusaran / daya isap tersebut ! Apa pencetusnya ? apa rotari putaran dari pergerakan bintang / planet yang ada di ruang angkasa ?

  • Menurut saya ,lubang hitam tersebut hampir sama dengan yang terjadi dipusaran yang dilaut ! Yang di isap akan ditarik dan disebarkan ketempat lain dan pasti hancur ! Yang jadi pertanyan adalah yang menyebabkan energy pusaran / daya isap tersebut ! Apa pencetusnya ? apa rotari putaran dari pergerakan bintang / planet yang ada di ruang angkasa ?

  • Emmm massa yang besar akan menghasilkan gravitasi yang besar pula. Hukum gravitasi newton masih ingat?

  • kalo super masif black hole itu menghisap materi2 disekitarnya,apakah nanti massanya akan bertambah?kalo massanya bertambah apakah gravitasinya akan smkn kuat?kalo gravitasinya makin besar,apakah kemampuan utk mghsp materi di sekitarnya jg makin besar?apakah mungkin jk suatu saat,satu galaksi tertelan oleh black hole?

  • monster hanya khayalan belaka para ilmuwan…..tidak ada yang menjelaskannya wujud nyatanya secara ilmiah