Panduan Kompetisi Space Scoop

 

ComicContest_Banner

Waktu:

Peluncuran: 18 Mei 2016
Batas waktu: 1 September 2016  19 November pukul 6:59 WIB  untuk pengiriman secara elektronik, 18 November 2016 (cap pos) untuk pengiriman melalui pos.
Pengumuman Pemenang: 30 September 2016 2 Desember 2016

Kategori Usia:

8 – 11 tahun
12 -15 tahun
16 -18 tahun

[PENGIRIMAN KARYA]
Karya harus dikirimkan ke Penyelenggara Kontes Komik Space Scoop di negara peserta. Untuk karya dari Indonesia dapat dikirimkan secara elektronik atau melalui pos. Detail kontak Penyelenggara Kontes di masing-masing negara dapat dilihat di: https://goo.gl/09giMW

e-mail kontak internasional: [email protected]

e-mail kontak Indonesia: [email protected]

Alamat pengiriman via pos:

langitselatan
PO BOX 6760 BDCP
40161A
Bandung – Indonesia

PENTING: MOHON UNTUK MENYIMPAN FILE BACKUP KARYA YANG KALIAN KIRIM.

[PANDUAN]

  1. Satu siswa mengirimkan maksimum satu karya komik yang ceritanya dipilih dari salah satu space scoop yang sudah diterbitkan di : laman space scoop
  2. Karya harus menggunakan template komik kontes Space Scoop.  Unduh: Format Komik Space Scoop
  3. Karya dapat digambar menggunakan cat air, pensil warna, pena, krayon, spidol atau secara elektronik menggunakan Paint, Adobe Illustrator, GIMP, dll.
  4. Format karya elektronik yang diterima adalah: jpg, png, pdf. Ukuran file tidak boleh melebihi 1 MB.
  5. Batas pengiriman karya adalah 1 September 2016 pukul 6:59 WIB untuk pengiriman secara elektronik dan 31 Agustus 2016 (cap pos) untuk pengiriman melalui pos.
  6. Keikutsertaan kompetisi terbuka untuk siswa berusia 8-18 tahun.
  7. Setiap karya yang masuk harus disertai formulir kontak yang telah ditandatangani dan diperiksa oleh guru, orang tua, atau wali. Unduh Formulir pendaftaran:  Formulir Kompetisi Komik Space Scoop
  8. Karya yang sudah dikirim tidak akan dikembalikan.
  9. Menurut Space Scoop copyright license, CC BY 4.0, semua karya yang masuk akan diperlakukan dengan peraturan yang sama. http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/
  10. Semua karya akan ditampilkan di website Universe Awareness dan mesia sosial.
  11. Karya harus asli dan bukan karya yang sudah pernah dikompetisikan sebelumnya atau dijiplak dari tempat lain.
  12. Karya harus berdasarkan Space Scoop.

[PENJURIAN]

Karya akan dinilai berdasarkan orisinalitas, interpretasi materi cerita, teknik kreatif, komposisi, dan penampilan secara keseluruhan.

Di masing-masing negara peserta akan dipilih satu pemenang untuk masing-masing kategori. Seluruh pemenang akan mendapatkan bingkisan kosmik dan sertifikat. Karya-karya pemenang akan ditampilkan di website Universe Awareness internasional.

Satu karya pemenang dari masing-masing negara kemudian akan dinilai oleh panel juri yang terdiri atas 5 juri dari kalangan seniman sedangkan ilmuwan akan menilai karya-karya di tiap kategori berdasarkan kriteria. Satu pemenang harapan akan dipilih dari setiap kategori usia untuk mendapatkan hadiah Galileoscope. Pemenang akan mendapatkan  KANO computer.