Beranda » Kandidat Exoplanet di Zona Laik Huni Bintang Dekat

Kandidat Exoplanet di Zona Laik Huni Bintang Dekat

Ada exoplanet batuan baru di zona laik huni sistem L 98-59! Tak hanya itu, massa planet terdekatnya dengan bintang hanya setengah massa Venus.

Ilustrasi exoplanet L 98-59b dan bintang induknya. Kredit: ESO/M. Kornmesser

Sistem Exoplanet L 98-59

Sistem L 98-59 diketahui memiliki tiga planet yang mengelilinginya. Bintang L 98-59 adalah bintang katai merah yang juga dikenal dengan nama TOI-175 atau TIC 307210830. Berada pada jarak 34,5 tahun cahaya di selatan rasi Volans, si Ikan Terbang, bintang ini merupakan target pengamatan TESS a.k.a Transiting Exoplanet Survey Satellite.

Pengamatan TESS pada tahun 2018 memang memperlihatkan keberadaan tiga planet yang mengitari bintang katai merah L 98-59.

Planet 98-59b yang merupakan planet terdekat dengan bintang, berukuran 80% ukuran Bumi dan berada pada jarak 0,02 AU dari bintang. Planet b mengorbit bintang setiap 2,25 hari dan menerima radiasi bintang 22 kali lebih banyak dari energi yang diterima.

Dua planet lainnya, planet c dan d berukuran 1,35 dan 1,57 kali ukuran Bumi dan mengorbit bintang setiap 3,7 hari dan 7,5 hari untuk mengelilingi bintang. Kedua planet ini berada pada jarak 0,03 AU dan 0,05 AU. Jauh lebih dekat dari jarak Merkurius ke Matahari.

Kalau kita bandingkan dengan Bumi, tentu saja planet-planet ini jauh lebih cepat dari Bumi yang membutuhkan waktu 365 hari untuk mengelilingi Matahari. Tapi, harus diingat juga kalau jarak ketiga planet ini sangat dekat dengan bintang induknya. Semakin dekat dengan bintang, semakin cepat pula waktu yang dibutuhkan untuk mengitari bintang. Selain itu, semakin jauh dari bintang, radiasi yang diterima juga berkurang. Planet L 98-59 c diketahui menerima 11 kali radiasi dibanding Bumi.

Para astronom memperkirakan kalau massa maksimum L 98-59b adalah 1,1 massa Bumi. Sementara planet c dan d diperkirakan 2,42 dan 2,31 massa Bumi.

Dari ketiga planet, tidak ada yang berada di zona laik huni. Yang terjadi, ketiga planet justru diperkirakan berada pada zona Venus. Ini adalah zona dimana planet yang punya atmosfer mirip Bumi bisa mengalami efek rumahkaca berkepanjangan seperti Venus.

Lebih Ringan dari Venus

Penemuan planet tidak berhenti setelah planet ditemukan. Pengamatan lanjut akan terus dilakukan untuk memahami sistem planet tersebut sekaligus menyingkap hal-hal baru yang belum diketahui.

Pengamatan lanjut sistem bintang L 98-59 juga terus dilakukan. Kali ini pengamatan dilakukan dengan instrumen Echelle SPectrograph for Rocky Exoplanets and Stable Spectroscopic Observations (ESPRESSO) yang dipasang di Very Large Telescope ESO di Chili. Pengamatan ini menggunakan metode kecepatan radial untuk mendeteksi goyangan bintang akibat gravitasi planet yang mengorbit bintang.

Sebelumnya, ketiga planet ditemukan lewat pengamatan dengan metode transit. Bedanya, dalam metode transit, planet ditemukan dari peredupan cahaya bintang saat ada planet melintas di depannya. Lewat pengamatan transit, para astronom bisa menentukan ukuran planet.