fbpx
langitselatan
Beranda » Dr. Pedro Russo: Polusi Satelit & Perubahan Iklim di Noktah Biru Pucat

Dr. Pedro Russo: Polusi Satelit & Perubahan Iklim di Noktah Biru Pucat

Dr. Pedro Russo memaparkan proses komunikasi sains, UNAWE, polusi satelit serta perubahan iklim di Bumi, si noktah biru pucat yang dipotret Cassini 1.

Dalam lanjutan bincang-bincang bersama Pedro Russo, ia menceritakan perkembangan komunikasi sains khususnya di astronomi. Sumber daya merupakan tantangan utama dalam melakukan komunikasi sains apalagi masih ada pendapat bahwa penjangkauan publik itu tidak perlu dilakukan.

Dalam episode ini, Pedro juga menceritakan tentang UNAWE serta tantangan yang dihadapi sejak 2012, dan perbincangan seru ini juga membahas tentang eksplorasi antariksa, inklusi dan tantangan yang dihadapi astronomi di masa depan.

Show notes:

Artikel Terkait:

Universe Awareness
Space Scoop
Astro Anak / Space Scoop Indonesia
Polusi Cahaya, Kubah Cahaya di Perkotaan
Hilangnya Langit Malam di Balik Cahaya Lampu Kota
Brosur Polusi Cahaya
Eksplorasi Mars, Menjejak Tanda Kehidupan di Planet Merah


Untuk ikut mendukung kelangsungan program langitselatan, kamu bisa ikut berpartisipasi mendukung kami di: Patreon atau di Karya Karsa

Baca juga:  Menguji Hubungan Titius-Bode Pada Sistem Extrasolar Planet
Avivah Yamani

Avivah Yamani

Tukang cerita astronomi keliling a.k.a komunikator astronomi yang dulu pernah sibuk menguji kestabilan planet-planet di bintang lain. Sehari-hari menuangkan kisah alam semesta lewat tulisan dan audio sambil bermain game dan sesekali menulis makalah ilmiah terkait astronomi & komunikasi sains.

Avivah juga bekerja sebagai Project Director 365 Days Of Astronomy di Planetary Science Institute dan dipercaya IAU sebagai IAU OAO National Outreach Coordinator untuk Indonesia.

Avatar photo

Wicak Soegijoko

Alumni astronomi ITB yang saat ini bergerak dalam bidang jual beli hape langka. Mantan tukang parkir satelit. Suka ceprat cepret heavenly body.

Tulis Komentar

Tulis komentar dan diskusi di sini