Beranda » Barisenter Tata Surya, Jalan Menuju Gelombang Gravitasi

Barisenter Tata Surya, Jalan Menuju Gelombang Gravitasi

Para astronom berhasil menentukan titik barisenter Tata Surya dari sinyal yang dikirim pulsar. Ini penting untuk menemukan gelombang gravitasi dan mendeteksi keberadaan lubang hitam yang sedang merger.

Ilustrasi gelombang gravitasi yang melengkungkan ruang waktu. Kredit: David Champion

Yang kita tahu, pusat Tata Surya adalah Matahari. Jadi, Bumi dan semua planet mengelilingi Matahari. Tidak salah tapi juga tidak benar-benar tepat. Tidak salah karena massa Matahari itu 99,8% dari massa seluruh Tata Surya. Karena itu semua planet memang bergerak mengelilingi Matahari.

Tidak benar-benar tepat karena pusatnya tidak tepat di pusat Matahari. Seandainya planet-planet tidak punya massa, maka titik kesetimbangan akan teapt berada di pusat Matahari. Akan tetapi, ada 8 planet di Tata Surya yang harus diperhitungkan juga massanya.

Dari pergerakan seluruh planet, diketahui bahwa titik pusat massa Tata Surya bergerak spiral di mulai dari area dekat pusat matahari sampai beberapa puluh ribu km dari permukaan Matahari. Lokasi titik kesetimbangan ini sangat dipengaruhi oleh posisi dan massa setiap planet di tata Surya. Dan yang paling mendominasi adalah Jupiter, si planet terbesar di Tata Surya. Titik kesetimbangan inilah yang dikenal sebagai barisenter atau titik pusat sistem, dalam hal ini Sistem Tata Surya. Yang masih misteri adalah lokasi tepat dari barisenter Tata Surya. Lokasi titik kesetimbangan Tata Surya sangat penting untuk mendeteksi gelombang gravitasi yang menandai keberadaan lubang hitam yang merger.

Riak dalam ruang waktu

Ketika sepasang lubang hitam supermasif merger atau bergabung, keduanya akan bergerak dalam lintasan spiral menuju satu sama lainnya. Pasangan lubang hitam supermasif biasanya terbentuk saat dua galaksi bertabrakan dan bergabung. Pada saat itu, lubang hitam supermasif di pusat galaksi tidak langsung bertabrakan melainkan menjadi pasangan lubang hitam ganda yang saling mengorbit.

Yang jelas lubang hitam supermasif massanya bisa mencapai jutaan massa Matahari. Ketika dua benda yang luar biasa masif ini saling mengorbit, tentunya interaksi gravitasi keduanya bisa menyebabkan kedua objek ini megalami percepatan dan saling mendekat sampai kemudian bertabrakan atau bergabung. Pada saat dua objek supermasif ini berinteraksi, terbentuk riak pada ruang waktu. Mirip seperti kita melempar kerikil di kolam yang tenang.

Riak ini dikenal sebagai gelombang gravitasi, dan diprediksi keberadaannya oleh Einstein pada tahun 1916. Gelombang gravitasi baru bisa dideteksi pada tahun 2015, dan dari seluruh gelombang gravitasi yang dideteksi, pasangan lubang hitam yang bertabrakan adalah lubang hitam massa bintang. Ini adalah lubang hitam yang terbentuk dari keruntuhan inti bintang. Massanya jauh lebih kecil dari lubang hitam supermasif. Sampai saat ini, kita belum mendeteksi gelombang gravitasi yang berasal dari tabrakan dua lubang hitam supermasif.

Gelombang gravitasi yang selama ini dideteksi LIGO-Virgo, berasal dari riak yang dihasilkan oleh lubang hitam massa bintang. Itu pun, ketika sampai di Bumi hanya menimbulkan distorsi yang kecil. Ingat juga bahwa riak di air yang dekat dengan lokasi jatuhnya batu jauh lebih besar dari yang di tepi kolam.