Beranda » Teleskop Untuk Semua: 17 Teleskop Untuk 17 Negara

Teleskop Untuk Semua: 17 Teleskop Untuk 17 Negara

Kelompok Studi ANDROMEDA dari Universitas Ahmad Dahlan menjadi salah satu penerima teleskop dari Program Teleskop Untuk Semua yang dilaksanakan oleh IAU.

Pengamatan di Nikaragua. Kredit: IAU100/SSVI

Program Telescopes4all atau Teleskop Untuk Semua telah berakhir, dan 17 komunitas dari 17 negara telah terpilih untuk menerima teleskop dengan tanda tangan astronaut dan pemenang Nobel. Salah satunya adalah komunitas dari Indonesia.

Ke-17 teleskop yang dibagikan pada 17 komunitas tersebut akan didiistribusikan oleh Telescopes for All: Inspiring Stars & Stars Shine for Everyone Collaboration. Program Teleskop Untuk Semua merupakan hasil kolaborasi dari Stars Shine for Everyone  (Sterren Schitteren voor Iedereen, SSVI) dan Universe Awareness/Universitas Leiden. Tujuan program ini untuk memperluas wawasan anak, orang tua, dan pendidik terkait ketertarikan pada sains, serta untuk memperomosikan bahwa setiap anak punya kesempatan yang sama untuk berkarir di astronomi.

Teleskop Untuk Semua dilaksanakan untuk meneruskan kolaborasi yang terjadi salam Perayaan 100 Tahun IAU. Dalam pelaksanaan program Teleskop Untuk Semua 2020, pihak IAU menerima 172 aplikasi esai yang didukung oleh Koordinator Nasional Penjangkauan Publik IAU dari 34 negara. Dari seluruh proposal yang diajukan, akhirnya terpilih 17 komunitas dari 17 negara yang berhak menerima teleskop tersebut.

Ke-17 teleskop tersebut akan dibawa untuk mengunjungi anak-anak di daerah pedesaan Kamerun dan Tunisia, migran dan pengungsi di Spanyol, serta anak-anak tunarungu dan tunanetra di Indonesia dan Nepal.

Sri Noworini,S.Pd membantu pemandu untuk meneterjemahkan ke bahasa isyarat. Kredit: Pusat Studi Astronomi Ahmad Dahlan

Dari Indonesia, Kelompok Studi Andromeda dari Universitas Akhmad Dahlan berhasil menjadi salah satu penerima teleskop. Kelompok Studi Andromeda mengajukan program teleskop sebagai media pembelajaran bagi siswa Sekolah Luar Biasa (SLB) Tunarungu Bantul.

Sebelumnya, Kelompok Studi Andromeda pernah bekerja sama dengan SLB Tunarungu Bantul dan menemukan tantangan minimnya bahasa isyarat untuk kosa kata sains khususnya astronomi. Karena itu, diharapkan dengan kehadiran teleskop ini, interaksi dengan siswa tunarungu dapat membantu dalam menyusun kosa kata astronomi dengan bahasa isyarat.
Penerima ke-17 teleskop tersebut adalah:

• Telescopes for All in the heart of Argentina, Villa Mercedes Astronomy Club, Argentina
  • Proyek Seichu-Jurá, Sociedade de Astronomia do Maranhão, Brasil
  • Making Space for All (MASA), The Astronomical Society of Brunei Darussalam, Brunei