Beranda » Tarian Bintang di Sekeliling Lubang Hitam Supermasif

Tarian Bintang di Sekeliling Lubang Hitam Supermasif

Teori relativitas umum Einstein kembali terbukti! Kali ini dari gerak bintang yang berada dalam pengaruh lubang hitam supermasif.

Ilustrasi orbit bintang-bintang di sekitar lubang hitam supermasif Sagittarius A* di pusat Bima Sakti. Salah satunya adlaah bintang S2. Kredit: ESO/L. Calçada/spaceengine.org

Lagi-lagi Einstein benar

S2 merupakan salah satu bintang dalam gugus bintang masif yang mengelilingi lubang hitam supermasif Sagittarius A* (Sgr A*) yang ada di pusat galaksi Bima Sakti. Di antara bintang-bintang di dalam gugus tersebut, S2 merupakan bintang terdekat kedua dari lubang hitam di pusat Bima Sakti dengan massa 10 – 15 massa Matahari.

Ilustrasi lintasan bintang S2 di dekat lubang hitam supermasif. Kredit: ESO/M. Kornmesser

Pada tahun 2018, para astronom mengamati bintang S2 berada saat berada pada periastron atau posisi terdekatnya dengan Sgr A*, lubang hitam supermasif dengan massa 4 juta massa Matahari. Berada pada jarak 18 miliar km, pengaruh gravitasi Sgr A* menyebabkan bintang S2 mengalami percepatan dan bergerak 7700 km/detik!

Hasil pengamatan tersebut memperlihatkan bintang mengalami pergeseran merah gravitasi, kehilangan energi karena medan gravitasi lubang hitam yang sangat kuat. Hasil ini memang mengonfirmasi prediksi relativitas umum tentang pergeseran merah.

Akan tetapi, seharusnya bukan cuma pergeseran merah yang terjadi pada S2. Menurut teori relativitas Einstein, orbit bintang S2 juga harusnya bergeser akibat kelengkungan ruang waktu di sekitar lubang hitam.

Ternyata memang demikian.

Perubahan orbit itu baru tampak setelah para astronom melakukan analisis hasil pengamatan bintang S2 selama 27 tahun, yang mencakup orbit S2 sebelum dan sesudah berada pada posisi terdekat dengan lubang hitam supermasif.

Presesi Orbit Merkurius

Berdasarkan teori relativitas umum, massa akan melengkungkan ruang-waktu dan objek di sekitar massa tersebut akan bergerak mengikuti kelengkungan ruang-waktu tersebut. Ketika ada sebuah objek yang berada sangat dekat dengan objek yang sangat masif maka akan terjadi pergeseran orbit yang dikenal sebagai presesi.

Di Tata Surya, efek dari relativitas Einstein bisa diamati pada presesi orbit Merkurius.

Presesi Merkurius akibat efek relativitas umum. Setiap kali Merkurius berada di dekat Matahari, orbitnya akan mengalami presesi. Kredit: Frobenius / Physics Stack Exchange

Planet Merkurius mengitari Matahari dalam orbit elips. Tapi, titik terdekatnya dengan Matahari tidak pernah sama. Posisi Merkurius mengalami perubahan meskipun sangat kecil. Orbit planet ini bergeser perlahan di sekeliling Matahari.

Teori Newton memang sudah memprediksi adanya presesi akibat gravitasi. Dan memang presesi semua planet sesuai dengan prediksi teori Newton, kecuali Merkurius. Hasil pengamatan memperlihatkan besar presesi Merkurius dalam satu abad ternyata berbeda dari hasil prediksi teori Newton. Rupanya, hasil pengamatan ini baru bisa dijelaskan dengan teori relativitas umum Einstein. Keberhasilan teori relativitas umum menjelaskan presesi Merkurius sekaligus menjadi konfirmasi pertama dari teori yang dibangun Einstein.

Dalam ruang-waktu yang melengkung, planet tidak mengorbit Matahari dalam orbit elips seperti teori Newton. Orbit benda pasti mengalami presesi karena kelengkungan ruang waktu. Besarnya presesi Merkurius inilah yang berhasil dijelaskan dengan tepat oleh Teori Relativitas Einstein.