Beranda » Jet Plasma Yang Mengintip Dari Kuasar 3C 279

Jet Plasma Yang Mengintip Dari Kuasar 3C 279

Kolaborasi Teleskop Event Horizon merilis foto dari galaksi jauh yang memerlihatkan jet plasma atau semburan yang ditenagai oleh lubang hitam di sebuah galaksi jauh.

Ilustrasi kuasar 3C 279. Kredit: ESO/M. Kornmesser

Masih ingat dengan Kolaborasi Teleskop Event Horizon (EHT)? Yup. Tidak salah. Tahun lalu, untuk pertama kalinya kita bisa melihat keberadaan lubang hitam, dari foto yang dihasilkan oleh kolaborasi teleskop radio terbesar di dunia ini. Yang dipotret adalah lubang hitam supermasif dekat di pusat galaksi M87 yang jaraknya 55 juta tahun cahaya.

Foto ini jelas menjadi yang paling ditunggu dan menjadi bukti sahih dari teori relativitas umum Einstein. Cahaya mengalami pembelokkan ketika berada dekat dengan benda yang luar biasa masif. Karena lubang hitam tidak memancarkan cahaya, maka yang bisa kita lihat dalam foto adalah cahaya yang mengalami pembelokkan dan tampak mengelilingi ruang kosong nan gelap. Area yang dipotret itu adalah horison peristiwa lubang hitam, yang jadi batas yang tak bisa kembali bagi materi atau apapun yang berada dekat lubang hitam.

Semburan Energi Tinggi dari 3C 279

Skema inti galaksi aktif. Kredit: Sophia Dagnello, NRAO/AUI/NSF

Kali ini, tim kolaborasi EHT kembali merilis foto yang memerlihatkan semburan energi pada berbagai panjang gelombang di sebuah galaksi jauh. Foto itu diambil dari kuasar 3C 279 yang lokasinya 5 miliar tahun cahaya di rasi Virgo! Lebih jauh lagi dari M87 yang dipotret tahun lalu.

Galaksi ini dikategorikan sebagai kuasar karena memiliki inti galaksi aktif yang memancarkan radiasi sangat besar dan kuat yang bersumber dari lubang hitam. Selain itu, ketika ada gas jatuh ke dalam lubang hitam supermasif, cahaya itu berkedip. Energi yang dihasilkan oleh inti galaksi ini jauh lebih besar dari seluruh materi dalam galaksi jika digabungkan.

Energi yang sedemikian besar itu dilepaskan lewat sepasang jet yang menyemburkan materi dan energi dengan arah berlawanan meninggalkan pusat galaksi. Salah satu arah jet itu justru mengarah ke kita di Bumi. Jangan kuatir, lokasi 3C 279 itu 5 miliar tahun cahaya dari Bumi. Kita tidak akan terpengaruh oleh jet yang disemburkan pada semua panjang gelombang tersebut.

Foto 3C 279 ini bukan foto baru setelah memotret M87. Ini adalah foto yang diambil bulan April 2017 saat para ilmuwan sedang melakukan kalibrasi sistem teleskop radio di Bumi untuk mengamati M87. Kuasar 3C 279 menjadi sumber kalibrator karena inti galaksi aktif yang ditemukan tahun 1973 tersebut memiliki jet yang sangat terang dan yang bergerak sangat cepat.

Selain menjadi sumber kalibrator sebelum seluruh teleskop diarahkan ke M87, citra jet yang diambil dengan teknik interferometri yang menggabungkan teleskop radio dalam jejaring EHT ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana jet tersebut terbentuk.

Sejak ditemukan pada tahun 1973, C3 279 memang sudah berkali-kali dipotret sejak tahun 1971 oleh Rosemary Hill Observatory (RHO), dan diamati lebih lanjut pada tahun 1991 oleh  Compton Gamma Ray Observatory. Pengamatan lain juga dilakukan oleh  Fermi Space Telescope, Chandra X-ray Observatory, Very Long Baseline Array (VLBA), dan Global 3mm-VLBI Array (GMVA). Seluruh pengamatan tersebut tentu memberi pemahaman terkait apa yang terjadi di C3 279. Tapi, dengan instrumentasi yang lebih baik kita bisa memeroleh cerita yang lebih detil.