Beranda » Citra Detil Permukaan Matahari dengan Teleskop Inouye

Citra Detil Permukaan Matahari dengan Teleskop Inouye

Untuk pertama kalinya, kita bisa melihat permukaan Matahari dengan lebih detil. Itulah citra pertama Daniel K. Inouye Solar Telescope (DKIST)

Area Matahari yang dipotret dengan teleskop Matahari Daniel K. Inouye. Kredit: NSO/AURA/NSF

Citra yang detil ini sangat penting untuk memahami Matahari. Apalagi aktivitas Matahari itu bisa memengaruhi Bumi.

Matahari. Bintang induk bagi planet-planet di Tata Surya. Juga bintang paling dekat dengan Bumi yang jaraknya hanya 150.000.000 km atau 8 menit cahaya. Kalau dibandingkan dengan bintang tetangga yang jaraknya 4,2 tahun cahaya, tentu kita bisa menyatakan jarak 150 juta km itu dekat.

Matahari. Bintang berukuran 1,4 juta km ini merupakan tungku nuklir raksasa yang sedang melakukan pembakaran hidrogen menjadi helium. Medan magnetiknya juga sangat kompleks, dan aktivitas magnetik di Matahari bisa melontarkan miliaran ton partikel energi tinggi yang bergerak dengan kecepatan ratusan sampai ribuan kilometer per jam, dan mencapai Bumi hanya dalam beberapa hari. Ketika aliran partikel ini berinteraksi dengan medan magnetik Bumi, terbentuklah badai Matahari yang bisa mengganggu satelit komunikasi, memutuskan aliran listrik, dan mengganggu GPS.

Tapi, meskipun Matahari itu bintang paling dekat dengan Bumi, kita masih belum benar-benar memahaminya.

Kalau kita mengamati Bulan dari Bumi, setidaknya kita bisa melihat permukaannya dengan detil. Tidak demikian dengan Matahari. Melihat bintang berpijar yang satu ini tidak mudah. Berbagai aktivitas di permukaan Matahari tidak tampak karena dikaburkan atmosfer Bumi ketika dilihat dengan teleskop.

Karena itulah ada Wahana Parker yang dikirim menjelajah Matahari untuk mempelajari atmosfernya, dan dari Bumi dibangun juga teleskop Matahari 4 meter Daniel K. Inouye (DKIST) untuk mengeksplorasi bintang induk kita itu.

Dan teleskop yang dibangun di puncak Haleakala, Maui, Hawai’i, berhasil memperlihatkan kemampuannya sebagai teleskop Matahari terbesar saat ini.

Citra permukaan Matahari dengan resolusi paling tinggi berhasil dipotret!

Gas Mendidih Yang Menyelubungi Matahari

Plasma panas yang mencapai permukaan Matahari yang berhasil dipotret DKIST. Kredit: NSO/AURA/NSF

Foto ini memperlihatkan Matahari pada panjang gelombang merah 0,78 mikron. Kemampuan DKIST ini luar biasa karena kita bisa melihat fitur kecil di Matahari sampai pada ukuran 30 km. Dan DKIST mampu untuk memotret 36.500 km area Matahari!

Citra permukaan Matahari ini memperlihatkan pola turbulensi plasma mendidih yang menyelubungi Matahari. Kalau diperhatikan, pada foto tampak ada struktur mirip sel yang agak mirip butiran pop-corn, yang ukuran setiap sel atau butirannya hampir setara dengan luas pulau Kalimantan!

Struktur sel itu dikenal dengan nama granula.

Foto ini memperlihatkan puncak menara konveksi yang ada di dalam Matahari. Granula yang ada di lapisan fotosfer Matahari terbentuk oleh aliran konveksi plasma yang diangkut dari dalam Matahari ke permukaan. Plasma adalah gas yang terionisasi sehingga gas tersebut kehilangan elektronnya.

Pembakaran di dalam Matahari menghasilkan panas di inti yang kemudian diangkut ke permukaan. Panas ini kemudian dibawa dari area inti yang temperaturnya tinggi ke permukaan yang temperaturnya lebih rendah. Untuk bisa sampai ke permukaan, panas diangkut melalui dua cara, yakni konveksi dan radiasi.