Beranda » Pembentukan Planet Raksasa di Bintang Katai Merah

Pembentukan Planet Raksasa di Bintang Katai Merah

Para astronom berhasil mengungkap bahwa planet gas raksasa pada bintang katai merah lebih cepat terbentuk!

Ilustrasi planet Jupiter panas yang mengorbit sangat dekat dengan bintang induknya. Kredit: NASA/JPL-Caltech

Exoplanet pertama yang ditemukan mengitari bintang serupa Matahari adalah planet Jupiter panas. Diberi julukan Jupiter panas karena planet ini merupakan planet gas raksasa yang panas. Berbeda dari Jupiter di Tata Surya yang dingin karena jauh dari Matahari. planet Jupiter panas ini berada sangat dekat dengan bintang dan mengitari bintang hanya dalam beberapa hari.

Meskipun pada awalnya sempat diduga anomali karena berbeda dari planet yang kita kenal di tata Surya, exoplanet Jupiter panas ternyata umum ditemukan pada bintang lain.  Dari 4108 exoplanet yang sudah dikonfirmasi, tercatat 1293 di antaranya adalah planet Jupiter panas.

Pada umumnya planet-planet raksasa ini ditemukan mengitari bintang-bintang serupa Matahari atau lebih besar.  Meskipun langka, planet gas raksasa juga ditemukan pada bintang katai merah, yang lebih kecil, lebih dingin, dan tentunya lebih redup dari Matahari.  Bintang tipe ini termasuk umum ditemukan di alam semesta. Bahkan. 85% bintang di Bima Sakti merupakan bintang katai merah.

Sampai saat ini, bintang katai merah merupakan lokasi pencarian untuk planet-planet kebumian. Tentu saja planet yang ditemukan pada bintang katai merah cukup beragam. Planet-planet kategori Bumi-super dan Neptunus-mini juga ditemukan pad abintang katai merah. Selain itu, satu bintang bisa memiliki beberapa planet. Salah satunya adalah bintang TRAPPIST-1 dengan 7 planet.

Tidak demikian dengan planet gas raksasa seperti Jupiter.  Tipe planet ini cukup langka ditemukan pada katai merah. Meskipun demikian, saat ini 30% dari seluruh planet yang ditemukan pada bintang katai merah merupakan planet raksasa seperti halnya Jupiter dengan massa lebih dari 1 massa Jupiter dan ukuran bisa mencapai 10 kali planet terbesar di Tata Surya itu.

Yang jadi pertanyaan menarik adalah, bagaimana planet gas raksasa seperti Jupiter bisa terbentuk di bintang katai merah.  Selama ini para astronom menduga bahwa materi gas pada piringan di sekeliling bintang katai merah tidak cukup banyak utnuk bisa membentuk gas seperti itu. Tapi, planet raksasa memang ditemukan pada bintang katai merah baik yang jaraknya dekat dengan bintang (Jupiter panas), maupun yang jauh dari bintang seperti Jupiter.

Lagi-lagi misteri terkait pembentukan planet.  Untuk memahami hal tersebut, para astronom dari  University of Central Lancashire (UCLan) membangun pemodelan komputasi untuk menjawab pertanyaan tersebut.

Skenario Pembentukan Planet Raksasa

Pada umumnya, planet terbentuk dari akumulasi gas dan debu yang ada dalam piringan protoplanet di sekeliling bintang yang baru saja terbentuk.  Untuk pembentukan planet raksasa, biasanya debu yang ada dalam piringan berkoalisi atau bergabung membentuk objek yang lebih besar dalam hal ini inti padat.  Proses koalisi ini terus terjadi sampai inti padat yang terbentuk memiliki massa yang cukup untuk mengakresi gas di sekelilingnya. Proses ini membutuhkan waktu beberapa juta tahun.