Beranda » Sarapan si Lubang Hitam

Sarapan si Lubang Hitam

Biasanya, kita sarapan dengan sereal, buah, telur atau roti panggang. Bahkan objek terbesar di alam semesta seperti lubang hitam pun harus makan!

Halo gas. Kredit: ESO/Farina et al.; ALMA (ESO/NAOJ/NRAO), Decarli et al.

Yang jadi makanan lubang hitam adalah gas dan debu. Ternyata, lubang hitam yang terbentuk waktu alam semesta masih muda sudah melahap banyak sekali gas dan debu.

Apapun yang mendekat ke lubang hitam akan ditarik dengan gaya tarik yang sangat kuat. Saking kuatnya, tidak ada yang bisa lepas dari lubang hitam. Materi yang ditarik inilah yang membuat lubang hitam jadi lebih besar.

Para astronom selalu bertanya-tanya, bagaimana lubang hitam supermasif bisa bertumbuh sedemikian masif ketika alam semesta masih sangat muda. Massa lubang hitam supermasif purba ini beberapa juta massa Matahari. Jadi dari mana lubang hitam supermasif ini memperoleh makanannya?

Lubang hitam supermasif purba ini diperkirakan terbentuk dari keruntuhan bintang-bintang generasi pertama. Tapi, untuk bisa menjadi lubang hitam supermasif, butuh gas dan debu yang sangat banya sebagai bahan makanan. Selain itu, hasil pengamatan teleskop radio ALMA memperlihatkan kalau gas dan debu pada galaksi purba itu habis digunakan sebagai bahan bakar pembentukan bintang. Gas dan debu yang tersisa tidak akan cukup untuk memberi makan lubang hitam.

Untuk mengungkap misteri itu, para astronom melakukan pengamatan dengan teleskop di padang gurun Chili. Mereka mempelajari kuasar, objek yang sangat terang karena ditenagai oleh lubang hitam supermasif di pusat galaksi. Mereka mempelajari 31 kuasar yang usianya sudah lebih dari 12,5 miliar tahun, atau sudah ada ketika alam semesta baru 870 juta tahun.

Dari penelitian itu, ada 12 kuasar yang dikelilingi oleh kolam gas dingin yang merentang 100.000 tahun cahaya dari lubang hitam di pusat dan massanya miliaran kali massa Matahari.
Rupanya, kolam gas dan debu inilah yang menjadi simpanan makanan supaya lubang hitam bisa cepat bertumbuh pada saat Alam Semesta masih muda.

Dengan jumlah makanan yang sedemikian banyak, lubang hitam bisa bertumbuh menjadi lubang hitam supermasif dengan sangat cepat. Selain bahan makanan lubang hitam, gas dan debu ini juga menjadi benih pembentukan bintang.

Fakta Keren

Kebalikan dari lubang hitam adalah lubang putih. Tidak ada apapun termasuk cahaya bisa memasuki lubang putih ini. Tapi, materi bisa lepas dari lubang putih! Akan tetapi, lubang putih ini kemungkinan tidak pernah ada di Alam Semesta. Ia hanya solusi untuk salah satu problem Matematika yang sangat sulit!

Sumber: Artikel ini merupakan publikasi ulang yang dikembangkan dari Space Scoop Universe Awareness edisi Indonesia. Space Scoop edisi Indonesia diterjemahkan oleh langitselatan.