Beranda » S5-HVS1, Bintang Ultracepat Yang Sedang Meninggalkan Bima Sakti

S5-HVS1, Bintang Ultracepat Yang Sedang Meninggalkan Bima Sakti

Sebuah bintang ultracepat dilontarkan oleh lubang hitam supermasif di pusat Bima Sakti, ditemukan melesat dengan kecepatan 6 juta km/jam!

Bintang itu adalah S5-HVS1, bintang yang diketegorikan sebagai bintang berkecepatan hiper yang biasanya bergerak dengan kecepatan lebih dari 500 km/detik!

Ketika melakukan pengamatan, para astronom juga melakukan pengamatan kecepatan bintang saat bergerak mengitari pusat galaksi. Informasi kecepatan bintang ini penting karena para astronom dapat mengetahui kapan dan di mana bintang terbentuk, serta informasi tentang struktur galaksi. Dengan demikian, mereka bisa menelusuri sejarah bintang dan merekonstruksi kembali kondisi bintang sebelum melesat dengan kecepatan tinggi.

Bintang Kecepatan Hiper

Ilustrasi bintang yang dilontarkan oleh lubang hitam supermasif. Kredit: James Josephides (Swinburne Astronomy Productions)

Bintang-bintang dengan kecepatan tinggi biasanya bergerak dengan kecepatan lebih besar dari 65 – 100 km/detik relatif terhadap kecepatan rerata bintang-bintang di lingkungan Matahari.

Matahari bergerak mengelilingi pusat Bima Sakti. Kecepatannya 239 km/detik!

Ternyata, masih ada bintang yang bergerak lebih cepat lagi. Bintang-bintang ini dijuluki bintang kecepatan hiper yang mengarungi ruang antar bintang dengan kecepatan 1000 km/detik. Kecepatannya bahkan melebihi kecepatan lepas galaksi. Jadi, tidak mengherankan jika bintang berkecepatan hiper pada akhirnya meninggalkan galaksi asalnya.

Keberadaan bintang hiper sudah diprediksi sejak tahun 1988, tapi baru ditemukan pada tahun 2005. Bintang-bintang berkecepatan tinggi ini diduga berada di dekat pusat Bima Sakti dan memang terbentuk di wilayah tersebut.

Yang masih jadi misteri adalah cara supaya bintang bergerak sangat cepat. Ada beberapa cara supaya bintang bisa memperoleh kecepatan tinggi, dan sebagian besar melibatkan bintang yang awalnya merupakan bagian dari bintang ganda.

Pada awalnya, sepasang bintang dalam sistem bintang ganda bergerak saling mengitari satu sama lainnya. Akan tetapi, ada gangguan yang menyebabkan bintang terlempar dari sistem. Gangguan yang sedemikian kuat diduga berasal dari lubang hitam supermasif yang ada di pusat galaksi. Untuk Bima Sakti, tersangka utamanya adalah Sgr A* (Bintang Sagittarius A).

Ketika pasangan bintang ganda terlalu dekat dengan Sgr A*, gravitasi lubang hitam supermasif yang luar biasa kuat menyebabkan orbit pasangan bintang ganda jadi kacau. Bagaimana tidak? Pasangan bintang ganda yang sedang berinteraksi ini massanya hanya beberapa kali massa Matahari. Sementara itu, Sgr A* justru massanya sangat besar lebih dari 4 juta massa Matahari. Akibatnya, salah satu bintang (yang massanya lebih rendah) justru terlontar keluar dengan kecepatan tinggi.

Ketika bintang-bintang berkecepatan tinggi ini ditemukan, para astronom bisa menelusuri kembali lintasan orbit bintang ke lokasi asalnya.

Bintang S5-HVS1

S5-HVS1, bintang berkecepatan hiper ini ditemukan tanpa sengaja. Ceritanya, para astronom sedang melakukan survei atau pantauan bintang-bintang di langit selatan untuk mencari aliran bintang. Aliran bintang yang dimaksud adalah bintang yang tersisa setelah Bima Sakti melahap galaksi jecil atau menceraiberaikan gugus bintang. Pada umumnya bintang-bintang ini bisa dikenali dari kecepatannya yang hampir sama.