Diskusi Lubang Hitam dalam Astro Wicara

Tanggal 4 Mei 2019, langitselatan menginisiasi Astro Wicara, diskusi santai antara publik dengan astronom. Tema yang dipilih adalah Kobar Cincin Sang Lubang Hitam.

Astro Wicara merupakan diskusi astronomi yang diselenggarakan oleh langitselatan untuk masyarakat umum. Diskusi ini menghadirkan astronom dari latar belakang kajian yang berbeda-beda untuk bercerita tentang pekerjaannya ataupun hasil terbaru di bidang tersebut.

 

Dalam Astro Wicara ini kami mengundang Dr. Kiki Vierdayanti dari Astronomi ITB untuk memaparkan seluk beluk lubang hitam terutama tentang foto terbaru lubang hitam di pusat galaksi M87 yang berhasil dipotret oleh time Teleskop Event Horizon. Kolaborasi raksasa dari berbagai lembaga dunia yang berhasil memberi bukti dalam bentuk citra bayangan lubang hitam.

Selama ini kita sudah bisa mengamati keberadaan lubang hitam dari interaksi gravitasi dengan objek yang ada di dekatnya. Tapi untuk bisa memotret dan melihat bagaimana pembelokkan cahaya terjadi di area horison peristiwa, ini adalah yang pertama.

Bahasan inilah yang kami angkat sebagai topik perdana Astro Wicara yang diselenggarakan di Lo.Ka.Si, Bandung. Diskusi yang dihadiri oleh peserta dari Bandung dan Jakarta ini berlangsung seru. Diskusi dimulai dengan pemaparan tentang lubang hitam dan awal diduga keberadaannya sampai keberhasilan tim Teleskop Event Horizon memotret lubang hitam. Setelah paparan, ada sesi khusus untuk tanya jawab dan diskusi. Acara yang berlangsung selama 3 jam ini berlangsung seru dengan berbagai pertanyaan seputar lubang hitam, dan astronomi.

Astro Wicara pun diakhiri dengan foto bersama. Astro Wicara 2 direncakan akan berlangsung pada tanggal 28 September 2019 di Bandung dengan topik Asteroid: Ancaman atau Anugerah, yang tentu saja tidak kalah menarik.

Ditulis oleh

Avivah Yamani

Avivah Yamani

Tukang cerita astronomi keliling a.k.a komunikator astronomi yang dulu pernah sibuk menguji kestabilan planet-planet di bintang lain. Sehari-hari menuangkan kisah alam semesta lewat tulisan dan audio sambil bermain game dan sesekali menulis makalah ilmiah terkait astronomi & komunikasi sains.

Avivah juga bekerja sebagai Project Director 365 Days Of Astronomy di Planetary Science Institute dan dipercaya IAU sebagai IAU OAO National Outreach Coordinator untuk Indonesia.