Beranda » Farout: Planet Katai Terjauh di Tepi Tata Surya

Farout: Planet Katai Terjauh di Tepi Tata Surya

Para astronom berhasil menemukan objek terjauh di Tata Surya! Objek ini berada pada tepi luar Tata Surya, atau tepatnya area pertemuan angin Matahari dan medium antarbintang.  Jaraknya 18 miliar kilometer atau sama seperti jarak Voyager 2 saat ini.

Ilustrasi 2018 VG18 atau Farout, planet katai terjauh di Tata Surya. Kredit: Roberto Molar Candanosa / Carnegie Institution for Science.

Objek terjauh ini masih belum diberi nama seperti laiknya objek lainnya di Tata Surya. meskipun demikian, kita bisa mengenalinya dari nama katalognya yakni 2018 VG18. Meskipun sudah memiliki nama katalog, para penemunya yakni Scott S. Sheppard dari Carnegie Institution for Science, David Tholen dari Universitas Hawaii, dan Chad Trujillo dari Northern Arizona University, memberi nama lain yang tidak kalah keren. 2018 VG18 diberi nama Farout atau Yang Terjauh.

Sepertinya para astronom perlu memikirkan nama yang sesuai untuk planet ini mengingat di masa depan bisa saja kita menemukan objek yang lebih jauh lagi di Tata Surya. Meskipun Farout atau 2018 VG18 berada di area heliopause Tata Surya, akan tetapi Tata Surya masih mencakup awan Oort yang batas dalamnya saja memiliki jarak 37,5 miliar – 225 miliar km.

Penemuan Farout

Farout dalam pengamatan teleskop Subaru. Kredit: Scott S. Sheppard & David Tholen.
Farout tampak bergerak terhadap bintang latar belakang dalam pengamatan teleskop Subaru. Kredit: Scott S. Sheppard & David Tholen.

Tidak banyak informasi yang kita punya terkait Farout. Akan tetapi, 2018 VG18 adalah objek pertama yang ditemukan pada jarak lebih dari 100 AU atau lebih dari 15 miliar km.

2018 VG18 ditemukan pada tanggal 10 November 2018 saat para astronom melakukan survei langit dengan teleskop Subaru 8 meter di Hawaii. Survei ini merupakan bagian dari pencarian objek-objek Tata Surya yang sangat jauh. Salah satu yang dicari adalah keberadaan planet Nine a.k.a planet Sembilan yang merupakan planet Bumi Super penggembala bagi planet katai yang memiliki orientasi orbit serupa. Dari suvei yang sama, para astronom berhasil menemukan Goblin dan Biden.

Untuk memastikan keberadaan 2018 VG18 yang dilihat Subaru, para astronom melakukan pengamatan lain dengan teleskop Magellan di Observatorium Las Campanas, Chile. Dari pengamatan inilah keberadaan 2018 VG18 dikonfirmasi dan parameter fisiknya bisa ditentukan.  Dari jarak dan kecerlangannya, benda kecil ini diperkirakan berukuran 500 km atau sama seperti ukuran Enceladus, satelit Saturnus. Dengan ukuran ini, gaya gravitasi yang bekerja bisa membuat 2018 VG18 berbentuk bulat dan dikategorikan sebagai kandidat planet katai.

Tentang Farout

Jarak Farout dibanding planet-planet di Tata Surya. Kredit: Roberto Molar Candanosa & Scott S. Sheppard / Carnegie Institution for Science.

Berada pada jarak 120 AU, 2018 VG18 menjadi objek atau lebih tepatnya kandidat planet katai terjauh yang pernah ditemukan. Sebelumnya, ada Eris yang paling jauh dengan jarak 97 AU. Objek jauh lainnya adalah Sedna dan 2012 VP113 yang saat ini berada pada jarak 84 AU dan 83 AU. Meskipun lebih dekat, jarak terjauh yang bisa dicapai 2012 VP113 dan Sedna adalah 434 AU dan 1000 AU.