Beranda » Planet Ekstragalaksi Pengembara di Galaksi Jauh

Planet Ekstragalaksi Pengembara di Galaksi Jauh

Ada berita gembira! Untuk pertama kalinya, para astronom berhasil menemukan planet ekstragalaksi atau planet yang berada di galaksi lain (selain Bima Sakti).Uniknya lagi, yang ditemukan bukan planet yang kita biasanya kita kenal mengelilingi bintang. Planet ekstragalaksi yang ditemukan duo astronom dari Universitas Oklahoma ini merupakan planet pengembara yang tidak mengorbit bintang. Tak hanya itu, planet ini ditemukan di galaksi lain yang jaraknya 3,5 milyar tahun cahaya dan tidak hanya satu tapi ribuan!

RX J1131-1231 Qasar yang jaraknya 6 milyar tahun cahaya dan mengalami pelensaan gravitasi oleh galaksi yang lebih dekat Bumi (tengah). Tampak empat citra quasar yang dihasilkan oleh pembelokkan cahaya pada cincin di sekleiling galaksi. Kredit: X-ray: NASA/CXC/Univ of Michigan/R.C.Reis et al; Optical: NASA/STScI
Quasar RX J1131-1231 yang jaraknya 6 milyar tahun cahaya dan mengalami pelensaan gravitasi oleh galaksi yang lebih dekat Bumi (tengah). Tampak empat citra quasar yang dihasilkan oleh pembelokkan cahaya pada cincin di sekeliling galaksi. Kredit: X-ray: NASA/CXC/Univ of Michigan/R.C.Reis et al; Optical: NASA/STScI

Pertanyaannya, bagaimana planet-planet yang notabene kecil ini bisa ditemukan di galaksi jauh?

Yang pasti, para astronom tidak melihat secara langsung keberadaan planet ekstragalaksi tersebut. Mereka menggunakan teknik lensa gravitasi untuk mengetahui keberadaan planet pengembara tersebut.

Lensa Gravitasi

Untuk menemukan planet-planet di galaksi lain, para astronom memanfaatkan efek pelensaan gravitasi. Jadi untuk mengetahui keberadaan sebuah objek yang jadi sumber cahaya yang berada sangat jauh dari pengamat, maka kita memanfaatkan keberadaan objek lain (bintang atau galaksi) yang lebih dekat dengan Bumi sebagai lensa yang membelokkan cahaya dari jauh tersebut.

Sebagai contoh, cahaya dari supernova dipancarkan ke segala arah, termasuk ke arah Bumi. Dalam perjalanannya, cahaya tersebut melintasi galaksi yang berada di antara supernova dan Bumi. Akibatnya, cahaya dari supernova tadi mengalami pembengkokkan oleh medan gravitasi galaksi yang dilewatinya. Galaksi ini bertindak sebagai lensa yang mengumpulkan dan memperkuat cahaya.

Semakin besar massa galaksi, maka makin besar pula gravitasinya dan semakin kuat pembelokkan cahaya supernova yang lewat tadi. Pembelokkan cahaya itu menyebabkan terbentuknya beberapa citra dari supernova yang jadi sumber cahaya. Akibat lainnya, cahaya supernova tadi juga diperkuat dan jadi lebih terang.

Nah, metode inilah yang digunakan untuk menemukan planet ekstragalaksi.

Sumber cahaya dalam penelitian ini datang dari quasar RX J1131-1231, galaksi terang yang berada 6 milyar tahun cahaya dari Bumi. Yang bertindak sebagai lensa gravitasi adalah galaksi yang berada di antara Bumi dan quasar RX J1131-1231. Jaraknya ~3,5 milyar tahun cahaya dan galaksi ini merupakan bagian dari gugus galaksi. Ketika cahaya dari quasar melintasi galaksi dekat tersebut, cahayanya dibelokkan dan diperkuat sehingga menghasilkan beberapa citra dari quasar tersebut.

Tapi, ada yang lebih menarik.

Cahaya dari quasar yang dibelokkan oleh galaksi itu ternyata mengalami sedikit penguatan oleh objek lain yang jadi anggota galaksi. Objek tersebut diduga merupakan bintang atau planet yang bergerak dan menyebabkan cahaya quasar tersebut semakin terang tapi kemudian meredup selama beberapa hari.

Planet Pengembara di Galaksi Jauh

Pelensaan gravitasi Quasar RX J1131-1231 menghasilkan empat citra quasar di sekeliling galaksi. Kredit: Universitas Oklahoma

Untuk mengetahui objek seperti apa yang bertindak sebagai lensamikro gravitasi, Profesor Xinyu Dai dan Dr. Eduardo Guerras dari Universitas Oklahoma melakukan analisis data sinar-X dari beberapa citra quasar RX J1131-1231 yang diamati oleh Teleskop Chandra milik NASA.