fbpx
langitselatan
Beranda » Workshop Menulis Esai Sains Bersama langitselatan

Workshop Menulis Esai Sains Bersama langitselatan

langitselatan menyelenggarakan workshop menulis esai sains agar semakin banyak yang ikut berkontribusi dalam memperkenalkan sains ke publik.

Kamu mungkin pernah menerima berita tentang Mars akan tampak sebesar Bulan, atau kiamat akan tiba. Atau juga pendaratan di Bulan yang kabarnya cuma rekaan. Semua hoax itu beredar dan menarik perhatian masyarakat. Seringnya semua berita diterima dan dibagikan kembali dan dipicu oleh kurangnya pemahaman masyarakat akan sains. Bukan cuma astronomi, Kajian sains lainnya pun punya problematika serupa. Karena itu,  langitselatan menyelenggarakan pelatihan menulis esai sains dengan tujuan untuk mengajak masyarakat untuk ikut menulis dan menyampaikan materi sains pada masyarakat.

Komunikasi sains merupakan hal penting untuk menjembatani para ilmuwan dengan masyarakat. Ini penting karena ilmuwan terbiasa dnegan bahasa teknis sementara publik sulit memahaminya. Lewat tulisan,  kita bisa memperkenalkan sains dengan benar kepada masyarakat atau justru membawa publik untuk memercayai berita yang tidak benar.Contohnya adalah hoax atau berita rekaan. Pada umumnya, hoax tidak memuat berita bohong secara keseluruhan. Ada informasi yang benar tapi ada deretan informasi rekaan lain yang ditambah untuk memenuhi keinginan pembuat berita.

Bagaimana kita bisa memilah sumber berita dan memberi kajian atau memaparkan ide dengan menarik kepada publik seringkali jadi tantangan tersendiri. Untuk itulah kami coba berbagi pengalaman lewat Workshop Menulis Esai Sains. Dalam pelatihan ini, para peserta akan diajak untuk mengenal komunikasi sains dan media yang bisa digunakan serta bagaimana menulis esai sains yang menarik. Kegiatan tersebut akan dilaksanakan pada waktu dan tempat sebagai berikut:

Tanggal:

  • Sabtu, 25 November 2017

Waktu:

  • 09:00 – 17:00 WIB

Lokasi:

Hotel Kytos
Jl. Setiabudi No. 153 – Bandung

Narasumber:

  • M. Zaid Wahyudi (Wartawan)
  • Avivah Yamani (Komunikator Astronomi)

Materi:

  • Komunikasi Sains dan media sosial
  • Menulis Esai

Biaya pendaftaran : Rp. 500.000,-*)

(termasuk kudapan, makan dan suvenir)

*) Diskon 25% untuk 10 pendaftar pertama

Tanggal Penting:

Pendaftaran : 23 Oktober – 21 November 2017
Batas Waktu Pembayaran Registrasi: 23 November 2017
Workshop : 25 November 2017

Untuk yang tertarik mengikuti pelatihan menulis Sains, selengkapnya dapat dibaca di : Laman Workshop Menulis

Baca juga:  Cerita dari Workshop Menulis Populer Bersama langitselatan

Info LS

Media komunikasi dan edukasi astronomi di Indonesia. Situs langitselatan dimulai tahun 2007 untuk memberikan informasi dan edukasi astronomi kepada masyarakat.

Tulis Komentar

Tulis komentar dan diskusi di sini