Beranda » Akankah Hujan Meteor Camelopardalids Menjadi Badai di Bulan Mei?

Akankah Hujan Meteor Camelopardalids Menjadi Badai di Bulan Mei?

Di penghujung bulan Mei 2014, akan ada pertunjukan spektakuler di langit malam. Tak lain tak bukan hujan meteor atau yang diduga berpotensi menjadi badai meteor Camelopardalids.

Kabar tentang kehadiran hujan meteor Camelopardalids datang dua tahun lalu dari Esko Lyytinen di Finlandia dan Peter Jenniskens dari NASA Ames Research Center yang mengumumkan pertemuan Bumi dan puing-puing komet  209P/LINEAR.

Rasi Camelopardalids. Kredit: Star Walk

Tentang Komet 209P/LINEAR
Hujan meteor Camelopardalids merupakan hujan meteor yang berasal dari komet  209P/LINEAR yang ditemukan tanggal 3 Februari 2004 oleh program Lincoln Near-Earth Asteroid Research (LINEAR), yang merupakan program hasil kerjasama antara NASA, Massachusetts Institute of Technology Lincoln Laboratory, dan Angkatan Udara Amerika.

Komet 209P/LINEAR merupakan komet periodik yang orbitnya untuk mengelilingi Matahari relatif pendek sehingga ia akan rutin mengunjungi area planet dalam saat mendekati Matahari. Setiap 5 tahun komet 209P/LINEAR akan melintasi orbit Bumi dalam perjalanan kunjungannya ke Matahari. Kunjungan terakhirnya adalah saat ia mencapai perihelion atau titik terdekat dengan Matahari pada tanggal 6 Mei 2014.

Pada dasarnya komet 209P/LINEAR tidak terlalu menarik bagi para pemburu komet mengingat ia termasuk komet redup. Yang menarik justru prediksi bahwa Bumi akan berpapasan dengan puing-puing komet tersebut di bulan Mei 2014.

Menariknya lagi, puing-puing komet 209P/LINEAR yang akan berpapasan dengan Bumi pada tanggal 24 Mei 2014, bukanlah puing-puing baru yang tersisa saat melintas mendekati Matahari di tahun ini atau tahun-tahun sebelumnya. Puing-puing yang akan berpapasan dengan Bumi ini asalnya jauhhhh sebelum abad ke-20. Tepatnya ini adalah puing-puing aka reruntuhan aka materi yang terlepas dari si komet di tahun 1800an. Hasil penelusuran orbit menunjukkan kalau puing-puing yang akan berjumpa dengan Bumi merupakan jejak yang ditinggalkan dari tahun 1803 – 1924.

Meskipun belum pernah terlihat sebelumnya tapi diyakini kehadirannya akan menyaingi hujan meteor Perseid yang biasanya bisa dinikmati pada bulan Agustus. Bahkan diperkirakan kalau yang terjadi bukan hanya hujan meteor melainkan badai. Diperkirakan dalam satu jam, para pemburu meteor bisa menilkmati kehadiran 100 – 400 meteor Camelopardalids setiap jam yang akan menyemarakkan langit malam. Meskipun ada prediksi badai meteor (1000 meteor per jam)  mungkin terjadi, tapi sepertinya hal ini masih menjadi tanda tanya.

Pengamatan Hujan Meteor Camelopardalids
Sesuai namanya, hujan meteor Camelopardalids akan tampak di langit dari rasi Camelopardalids atau rasi Jerapah. Atau lebih tepatnya, radian atau arah datang hujan meteor ini akan berada 10º di arah barat daya bintang Polaris, si bintang utara. Hujan meteor Camelopardalids terhitung lambat dibanding hujan meteor tahunan lainnya, karena hanya bergerak dengan kecepatan 18 km/detik.

Radian rasi Camelopardalids. Kredit: imo

Bagi pengamat di langit utara, hujan meteor Camelopardalids akan menjadi pertunjukkan spektakuler karena ia akan tampak sepanjang malam. Puncak dari pertunjukkan bintang jatuh Camelopardalids akan terjadi tgl 24 Mei 2014 pada jam 07.00 – 08.00  UT (14.00 – 15.00 wib).