Beranda » Hari Yang Singkat di Beta Pictoris b

Hari Yang Singkat di Beta Pictoris b

Sebagian besar  planet di bintang lain ditemukan dari pengamatan tak langsung yang dilakukan oleh para astronom. Keberadaan planet ditentukan dari pola perubahan atau gangguan yang terjadi pada bintang induknya. Tapi, ada juga planet-planet yang berhasil ditemukan lewat pengamatan langsung seperti halnya Beta Pictoris b, planet yang mengitari bintang Beta Pictoris.

Ilustrasi Beta Pictoris b. Kredit: NASA/Goddard Space Flight Center/F. Reddy

Beta Pictoris b
Beta Pictoris b yang berada pada jarak 63 tahun cahaya dari Bumi bukan satu-satunya obyek yang diduga mengelilingi sang bintang. Bulan maret 2014, para astronom melihat kehadiran obyek lain yang diduga memiliki massa Saturnus di antara puing-puing pembentukan sistem keplanetan tersebut. Beta Pictoris memang diketahui maish memiliki piringan debu pembentukan planet yang mengitarinya. Tak hanya itu, sisa puing-puing tabrakan komet juga masih banyak disana. Kehadiran karbon monoksida di dalam piringan menandai terjadinya tabrakan komet secara terus menerus di sistem tersebut. Hal ini disebabkan oleh ketidakmampuan CO untuk bertahan lama. Gas karbon monoksida hanya bisa bertahan setidaknya 100 tahun karena biasanya sudah dihancurkan oleh sinar ultra ungu dari bintang induknya.

Pengamatan terbaru dari sistem Beta Pictoris mengungkap cerita baru dari Beta Pictoris b. Pengamatan yang dilakukan dengan Very Large Telescope (VLT) milik ESO berhasil memperlihatkan rotasi planet tersebut. Hmm.. apa menariknya? Bukankah semua obyek memang berotasi? Yup! Semua obyek memang berotasi akan tetapi untuk bisa melihat dan mengetahui waktu rotasi di sebuah exoplanet merupakan tonggak baru dalam dunia exoplanet. Alasannya bukan karena planet-planet tersebut tidak berotasi melainkan dibutuhkan instrumentasi yang punya kemampuan sangat baik untuk melihat perubahan pada si obyek.

Yang lebih menarik lagi, Beta Pictoris b diketahui berputar terhadap dirinya sendiri setiap 8 jam. Artinya panjang hari di planet tersebut hanya 8 jam, jauh lebih cepat dari planet-planet yang ada di Tata Surya.

Bagi pengamat langit, bintang Beta Pictoris di rasi Pictor merupakan salah satu bintang yang bisa dinikmati kehadirannya dengan mata tanpa alat. Dan di tahun 2008, Exoplanet Beta Pictoris b ditemukan lewat pengamatan langsung pada jarak sekitar 9 AU atau 9 kali jarak Matahari – Bumi.

Mengenali Rotasi Exoplanet Beta Pictoris b
Penentuan rotasi Beta Pictoris b dilakukan oleh tim astronom Belanda dari Universitas Leiden dan Netherlands Institute for Space Research (SRON) dengan menggunakan instrumen CRIRES yang dipasang di VLT.

Hasil perhitungan memberikan gambaran betapa cepatnya exoplanet ini berputar. Kecepatan rotasi di ekuator Beta Pictoris b hampir mencapai 100 000 km per jam! Cepat sekali bukan? Jupiter yang harinya paling pendek di Tata Surya pun hanya berputar 47000 km/jam di ekuatornya. Sedangkan Bumi jauh lebih lambat. Hanya 1700 km/jam.  Planet Beta Pictoris b memiliki ukuran 16 kali lebih besar dan 3000 kali lebih masif dari Bumi, dan sehari disana hanya 8 jam. Mirip dengan Jupiter yang 317.8 lebih masif dari Bumi dan sehari di Jupiter hanya 9,9 jam. tapi kalau ditilik dari kecepatan perputarannya, jelas Beta Pictoris b dua kali lebih cepat dari Jupiter.