Beranda » Planet HD 95086 b yang dilihat VLT

Planet HD 95086 b yang dilihat VLT

Planet, obyek yang jauh lebih kecil dibanding bintang ini tidaklah mudah untuk ditemukan. Butuh teknik khusus untuk bisa mengenali keberadaan sebuah planet. Apalagi jika harus melihat planet yang kecil dan redup ini secara langsung. Tapi bukan berarti tak mungkin. Para astronom kemudian menemukan cara efektif untuk melihat keberadaan planet di sebuah bintang. Caranya? Dengan melihat dan menganalisa perilaku bintang seperti goyangannya atau cahayanya yang merdup secara berkala.

Langit di sekeliling bintang HD 95806 yang berada di selatan rasi bintang Carina. Kredit: ESO/Digitized Sky Survey 2. Acknowledgement: Davide De Martin

Tapi siapa sih yang tidak ingin memotret sebuah planet di bintang secara langsung? Semua astronom pun menginginkannya.  Pencitraan aka pemotretan secara langsung memang menarik dan membanggakan tapi itu tidak mudah. Bayangkan sebuah benda yang sangattttttttt kecil dipotret sedang mengitari bintang yang hanya tampak sebagai noktah cahaya di malam hari! Butuh instrumen yang sangat sensitif untuk bisa melakukannya.

Pemotretan Planet
Dari hampir 1000 planet yang sudah ditemukan di bintang lain, hanya ada 12 yang berhasil diamati secara langsung. Pada tahun 2004, untuk pertama kalinya Very Large Telescope milik ESO memotret sebuah planet secara langsung. Waktu itu yang dipotret adalah planet yang menemani bintang katai coklat 2M1207. Sembilan tahun kemudian, di tahun 2013, tim yang sama yang memotret planet di bintang katai coklat membuat gebrakan baru. Mereka berhasil memotret planet yang paling kecil.

Exoplanet yang baru ditemukan mengorbit bintang induknya. Si bintang sendiri telah dipisahkan dari foto ini sehingga kita bisa melihat si planet dengan lebih jelas. Exoplanet yang dimaksud tampak di bagian kiri bawah. Kredit: ESO/J. Rameau.

Planet redup itu mereka temukan saat melakukan pengamatan dalam panjang gelombang inframerah dengan Very Large Telecope milik ESO. Mereka melihat sebuah obyek redup yang bergerak di dekat sebuah bintang terang. Setelah dipotret, ternyata obyek yang bergerak itu adalah sebuah planet yang sedang mengorbit bintang. Diperkirakan planet yang ditemukan oleh Julien Rameau (Institut de Planetologie et d’Astrophysique de Grenoble, Perancis)  ini massanya 4 – 5 kali massa Jupiter.

Hasil pemotretan planet yang dilakukan para astronom menunjukkan kalau planet kecil tersebut tampak sebagai titik redup yang berada di dekat bintang HD 95086. Pengamatan lanjutan menunjukkan benda yang dilihat para astronom bergerak bersama bintang di angkasa. Dari sini para astronom kemudian menyimpulkan kalau obyek tersebut sedang berada dalam orbitnya mengitari sang bintang induk. Obyek tersebut kemudian diberi nama HD 95086 b dan kecerlangannya mengindikasikan kalau ia memang memiliki massa hanya 4 – 5 kali massa Jupiter.

Bintang HD 95086 b
Planet kecil yang baru ditemukan tersebut mengorbit atau mengelilingi bintang muda HD 95086 pada jarak yang “cukup jauh” yakni sekitar 56 kali jarak Matahari – Bumi atau dua kali jarak Matahari – Neptunus. Bintang muda tersebut sedikit lebih masif dari Matahari dan menariknya, bintang ini masih memiliki piringan debu di sekelilingnya. Dengan demikian bisa dikatakan kalau planet HD 95086 b merupakan kandidat ideal untuk menjadi pelabuhan bintang – bintang muda yang masif.