fbpx
langitselatan
Beranda » Apakah Matahari Mengelilingi Bimasakti?

Apakah Matahari Mengelilingi Bimasakti?

Apakah Matahari mengelilingi galaksi bimasakti ? Jika ya, berapa lama kala revolusinya ? (Irvan Ary Maulana Nugroho – Garut)

Matahari di galaksi Bimasakti. Kredit : NASA

Matahari dan semua planetnya berada di dalam sebuah galaksi yakni Galaksi Bima Sakti. Kalau Bumi dan seluruh planet di Tata Surya bergerak mengelilingi Matahari, maka Matahari dan seluruh sistem di dalamnya bergerak mengelilingi pusat galaksi Bima Sakti yang selama ini jadi rumahnya. Di dalam galaksi Bima Sakti, Matahari berada di salah satu lengan spiralnya pada jarak 26000 tahun cahaya dari pusat Bima Sakti. Dan pusat galaksi BImasakti merupakan sebuah lubang hitam supermasif.

Matahari bergerak mengelilingi pusat galaksi Bima Sakti dalam orbit yang hampir lingkaran dengan kecepatan 782000 km/jam.  Waktu yang dibutuhkan oleh Matahari untuk menyelesaikan satu putaran mengelilingi pusat Bima Sakti adalah 226 juta tahun dan semenjak pertama kali terbentuk 4,6 milyar tahun lalu Matahari baru 20,4 kali mengelilingi pusat Bima Sakti.

Matahari akan terus berputar mengelilingi pusat Bima Sakti. Ia masih akan melakukan 31 putaran lagi sampai ia kehabisan bahan bakar hidrogn di inti dan masuk tahap evolusi berikutnya sekitar 7 milyar tahun dari sekarang.

____

Punya pertanyaan tentang astronomi? Silahkan Tanya LS !

Baca juga:  Langit Malam yang Membara

Pengembara Angkasa

Pengelana yang telah banyak menjelajahi angkasa raya dan ingin membagi kisahnya dengan banyak orang. Senang pula mengamen, nebeng kapal orang, dan menumpang tidur di rumah singgah antar bintang.

30 komentar

Tulis komentar dan diskusi di sini

    • Galaksi adalah bagian dari bentukan Big Bang, jarak antar galaksi semakin menjauh sebagai akibat dari dark energi, jadi galaxy tidak berevolusi terhadap pusat ledakan, justru bergerak ‘linier’ menjauhi pusat ledakan dengan kecepatan yang semakin cepat terlepas dari hukum gravitasi… amazing!

      • betul memang galaksi – galaksi bergerak menjauh. Tapi big bang merupakan peristiwa mengembangnya alam semesta. bukan sebuah ledakan yang memiliki pusat. alam semesta ini tidak ada pusat.

    • galaksi Bimasakti di dalam local croup bergerak mengelilingi pusat massa dari local groupnya. Local group terdiri dari beberapa galaksi.

  • ini menarik, saya baru berpikir juga tentang ini, jika bumi orbitnya matahari, matahari orbitnya bima sakti, bukan tidak mungkin bima sakti memiliki orbit juga!!! bila dipikir dengan akal sehat tentunya apa yang menjadi anak tentu memliki induk, logikanya kembali keatas, karena banyaknya galaksi maka mungkin saja mereka juga punya pusat, hanya saja tehnologi sekarang belum sampai kesana. saya sangat tidak stuju kalau alam smesta tdk ada pusat, menurut logika saya, ibarat sebuah bom yg meledak tentu iyya punya pusat kemudian menlontarkan benda sekitarnya. ini hanya pikiran saya aja…..

  • bukanya pusat galaksi bimasakti itu rasi bintang sagitarius…??
    ini sih aku baca di komik kuark..

    • Pusat galaksi Bimasakti merupakan sebuah lubang hitam supermasif. Terkait sagittarius, arah pusat galaksi bimasakti memang berada di arah rasi bintang sagittarius.

      Dan tentang pusat galaksi Bimasakti, ada area yang dinamai Sagittarius A yang merupakan sumber radio astronomi yang memiliki materi 3,7 juta massa Matahari. Sagittarius A ini berada dekat dengan pusat galaksi. Para astronom juga menduga kalau Sagittarius A ini merupakan lubang hitam supermasif.

  • jika pusat galaksi adalah sebuah blackhole, apakah akan menyedot bintang-bintang yang ada di dekatnya?

  • Nah sekarang saya punya pertanyaan, Kapan terakhir kali Tata Surya mengelilingi Bima Sakti, dan kapan akan terjadi kembali, Thanks 🙂

    • uraian diatas pada paragraf terakhir udah ada mas, “keselip” yaaa 😉

      Matahari akan terus berputar mengelilingi pusat Bima Sakti. Ia masih akan melakukan 31 putaran lagi sampai ia kehabisan bahan bakar hidrogn di inti dan masuk tahap evolusi berikutnya sekitar 7 milyar tahun dari sekarang.

    • Analisis gerak Matahari dan bintang-bintang dekat di sekitar Matahari menunjukkan bahwa Matahari dan bintang-bintang sekitar bergerak bersama-sama ke satu arah tertentu. Ini adalah petunjuk bahwa Matahari dan bintang-bintang lain bergerak sesuai dengan potensial gravitasi Galaksi.

  • klo benar pusat bima sakti adalah lubang hitam mengapa terlihat terang seperti bintang berukuran besar?

  • Lasy syamsu tajri limustaqorrillaha, dzalika taqdiirul azizil alim
    Sungguh matahari bergerak sesuai garis edarnya, itulah ketentuan yang maha perkasa lagi maha mengetahui.
    (QS Yasin)

  • http://langitselatan.com/2007/04/21/bagaimana-membuktikan-bahwa-bumi-mengelilingi-matahari-dan-bukan-sebaliknya/
    di artikel tsbt bilangnya bintang2 diam, tidak bergerak,
    “Demikian juga dengan fenomena aberasi bintang, sebetulnya posisi bintang selalu tetap pada suatu titik di langit, tetapi dari pengamatan astronomi, ditemukan bahwa posisi bintang mengalami pergeseran dari titik awalnya, pergeseran-nya tidak terlalu besar, tetapi cukup untuk menunjukkan bawha memang sebenar-nya lah bumi yang bergerak.”
    sedangkan di artikel ini katanya matahari mengelilingi galaxy, yang pasti mengelilinginya barengan sama bintang yg lain kan, jadi bintang yang lain juga bergerak,,,jadi yg benar yg mana? bintang itu diam atau bergerak?

    • bukankah itu menjadikannya tidak konsisten ya? dilihat dari sudut pandang peneliti di bumi, pergerakan rotasi bumi saja terhadap matahari tidak selalu berputar horizontal, ini dibuktikan dari posisi matahari yang selalu berubah tidak hanya berada di atas khatulistiwa, tetapi bergerak ke utara dan selatan khatulistiwa, dari kondisi ini saja bisa diamati kenapa posisi bintang utara tetap pada tempatnya? apakah artinya posisi bintang utara bergerak begitu cepatnya mengikuti rotasi bumi terhadap matahari yang tidak selalu horizontal?

  • Masuk Logika juga Brooo theorinya Saya jadi teringat sebuah Ayat dari dalil Al’Qur’an bahwa Allah berfirman : jangan di kira Matahari itu Diam sebenarnya Matahari itu bergerak Berjalan tapi tetap pada garis Orbitnya baik Bumi dan planet2 lainnya semuanya bergerak Senyawa dengan Matahari tapi tetap pada garis Orbitnya masing-masing makanya mereka tidak saling bertabrakan.
    Kesimpulannya kenapa mereka tidak saling bertabrakan karena Allah berfirman dalam al’Qur’an : Kamilah yang menahan semua Benda Langit di alam semesta mereka tidak akan menerobos Bumi tanpa seizinKu dan Semuanya akan Kami Gulung pada masa yang sudah di tentukan Waktunya yaitu Hari Kiamat Bumi akan Kami ganti dengan Bumi yang lain
    NB : Coba kalian lihat di Youtube Jutaan Orang di seluruh Dunia BerTowaf mengelilingi Ka’bah saling bergantian sebenarnya itu senyawa dengan Putaran Bumi Matahari, Bulan,Bintang dan semua Galaxy di alam semesta mereka semua bergerak berjalan berputar sambil membaca Tasbih kepada Sang maha penciptanya Allah SWT…

  • di Alkitab mengatakan, bahwa matahari di ciptakan di hari pertama

  • itu dari sudut pandang berbeda. Bintang2 yang kita lihat di langit posisinya relatif tetap setiap malam. Ini dari sudut kita sebagai pengamat dari Bumi. Tapi ternyata hasil pengamatan juga menunjukkan kalau bintang yg kita lihat itu sebenarnya bergeser meski tidak banyak.

    Nah untuk artikel ini kita bercerita tentang gerak matahari dan bintang2 lain yang mengelilingi pusat galaksi. dan itu artinya kita bergerak bersama2 dengan Matahari mengelilingi galaksi. Kalau kita bergerak bersama2 matahari dan bintang2 lain, maka dari sudut pandang pengamat, posisi bintang2 itu di langit ya tiap hari gitu2 aja ga tampak berubah banyak.