Sekarang Giliran Saya Untuk Bersinar!

Yuk lihat foto yang luar biasa indah di halaman ini dan coba perhatikan bagian mana yang menarik perhatianmu. Apakah sekelompok bintang terang warna biru dan putih yang tampak di kiri tengah foto ? Kalau iya, maka yang kamu lihat itu gugus bintang muda yang terdiri dari banyak sekali bintang yang sangat panas.

NGC 6604. Kredit : ESO / UNAWE

Sekarang, lihat keseluruhan foto di atas. Gugus bintang yang berkilau yang kamu lihat sebelumnya masih ada di sana. Tapi sekarang ada banyak obyek di foto yang juga menarik perhatianmu. Di bagian kanan bawah, tampak kumpulan awan gas warna merah yang juga ingin menjadi pusat perhatian.

Gugus bintang yang ada di foto ini sebenarnya berada dekat awan gas yang lebih besar di langit malam. Namanya Nebula Elang. Tapi nebula itu tidak ada di foto ini. Kalau kamu melihat foto Nebula Elang, maka gugus bintang yang sedang kita lihat di foto sekarang akan tampak pudar dan tidak akan masuk dalam perhatian kita.  Kalau seperti itu, si gugus bintang di foto ini jadi seperti “bintang” yang kehilangan pamor dan tidak lagi berada di bawah lampu sorot.

Supaya semua obyek yang biasanya tidak tampak bisa mendapat perhatian, para astronom memotret hanya sebagian kecil area di langit. Kamu pun bisa mencobanya sendiri: Gunakan tanganmu untuk menutupi sebagian foto ini sehingga menampilkan foto yang berbeda. Apakah itu bisa membantumu untuk melihat sesuatu yang sebelumnya tidak terlihat?

Fakta menarik : Foto di atas merupakan foto terbaru yang dirilis European Southern Observatory (ESO). Tapi, ESO memiliki ribuan foto yang sangat menarik. Kamu bisa melihat 100 foto terbaik mereka di : www.eso.org/public/images/archive/top100

Sumber : Space Scoop Universe Awareness

Ditulis oleh

Avivah Yamani

Avivah Yamani

Tukang cerita astronomi keliling a.k.a komunikator astronomi yang dulu pernah sibuk menguji kestabilan planet-planet di bintang lain. Sehari-hari menuangkan kisah alam semesta lewat tulisan dan audio sambil bermain game dan sesekali menulis makalah ilmiah terkait astronomi & komunikasi sains.

Avivah juga bekerja sebagai Project Director 365 Days Of Astronomy di Planetary Science Institute dan dipercaya IAU sebagai IAU OAO National Outreach Coordinator untuk Indonesia.