fbpx
langitselatan
Beranda » Supernova Tipe Ia dari Galaksi Pinwheel

Supernova Tipe Ia dari Galaksi Pinwheel

Seperti apa bintang yang meledak? Manusia di Bumi saat ini mungkin bisa menjadi saksi dari ledakan bintang yang dikenal sebagai supernova itu. Tapi, sayangnya supernova ini bukan sesuatu yang bisa dilihat begitu saja dengan mata telanjang.

Ledakan Bintang Langka

SN 2011fe atau PTF 11kly yang berada di galaksi Pinwheel. Kredit : Credit: BJ Fulton, LCOGT

Supernova PTF 11kly atau SN 2011fe merupakan ledakan bintang yang baru ditemukan oleh Andy Howell dari UC Santa Barbara dan para peneliti dari Las Cumbres Observatory Global Telescope Network (LCOGT).  SN 2011fe yang dilihat di Galaksi Pinwheel (M101) tersebut berada dekat dengan Bumi yaitu sekitar 21 juta tahun cahaya, jika dibanding dengan supernova sejenis dalam satu generasi.  Galaksi Pinwheel yang menjadi galaksi induk bagi SN 2011fe merupakan galaksi spiral dengan massa 10 kali galaksi Bima Sakti.

Kalau dekat apakah ledakan bintang ini berbahaya atau berpengaruh bagi Bumi? Jawabannya jelas tidak berbahaya dan tidak akan mempengaruhi Bumi.  Yang menarik dari penemuan pada tanggal 24 Agustus lalu tersebut adalah, SN 2011fe diyakini merupakan supernova yang baru meledak dalam beberapa jam. Tak pelak ini menjadi kejadian langka yang dapat disaksikan para pengamat langit.

Kesempatan ini tak disia-siakan. Bagaimana tidak, para pengamat langit bisa mendapatkan segudang informasi dari supernova yang baru berusia muda aka baru beberapa jam terjadi. Para astronom di seluruh dunia kemudian mengarahkan teleskopnya ke SN 2011fe tersebut. Tak ketinggalan juga Teleskop Hubble dan Teleskop milik UCSB yang berafiliasi dengan LCOGT.

Pengamatan PTF 11kly dari tanggal 22, 23, dan 24 Agustus. Tanggal 22 Agustus, SN 2011fe tersebut belum nampak. Ditemukan 23 Agustus dan tampak cerlang tanggal 24 Agustus. Kredit : Peter Nugent & Palomar Transient Factory

Supernova yang juga diberi identifikasi PTF 11kly mengindikasikan kalau ia ditemukan oleh Palomar Transient Factory (PTF) dan diamati menggunakan teleskop Palomar 48 inchi. Dalam pengamatan dari tanggal 22 – 24 Agustus, SN 2011fe tidak tampak pada tanggal 22 dan dilihat tanggal 23 kemudian tampak cerlang di tanggal 24 Agustus. Untuk Supernova Tipe Ia pada jarak ini akan memiliki kecerlangan puncak pada kisaran 10 magnitudo jika cahayanya tidak diserap oleh materi antar bintang di M101.  Dari pengamatan semenjak tanggal 24 Agustus, kecerlangan SN 2011fe terus meningkat yakni dari magnitudo 17,2 pada tanggal 24 Agustus dan pada tanggal 6 September lalu kecerlangannya mencapai magnitudo 9,7.

Supernova Tipe Ia

Transfer massa dalam sistem bintang ganda yang menyebabkan bintang katai putih meledak sebagai supernova tipe Ia. kredit : Harvard

Supernova PTF 11kly diklasifikasikan sebagai supernova tipe Ia yang merupakan ledakan bintang tua dengan massa kecil. Setelah meledak, ia akan mencapai kecerlangan lebih dari milyaran Matahari dalam 3 minggu pertama, karena proses ledakan itu menciptakan elemen radioaktif energetik yang kemudian meluruh dan memancarkan cahaya. Normalnya, ledakan bintang tersebut tidak dapat langsung dilihat setelah terjadi ledakan karena kecerlangannya sangat redup.

Supernova Ia terjadi bila ada bintang katai putih memiliki massa hampir sama dengan batas Chandrasekar (1,44 massa Matahari) berpasangan dengan bintang lain dalam sistem bintang ganda dekat. Bintang katai putih sendiri merupakan akhir kehidupan bintang-bintang bermassa Matahari.

Baca juga:  Galaksi Yang Membersihkan Kabut Kosmik

Seperti halnya dalam bintang ganda, ada transfer massa antara kedua bintang. Ketika terjadi aliran materi ke bintang katai putih, massanya akan meningkat dan melampaui batas Chandrasekar. Akibatnya bintang runtuh atau mengerut dengan cepat disertai pembebasan energi yang besar yang mampu melontarkan bagian luar bintang. Terjadilah ledakan bintang yang sangat cerlang dan bersinar luar biasa terang di dalam galaksi induknya. Akibatnya, supernova jenis ini gampang dikenali dari jarak yang jauh.

Supernova tipe Ia biasanya digunakan sebagai lilin penentu jarak yang menentukan jarak pengamat dengan galaksi induknya. Ia juga digunakan untuk mengukur pengembangan alam semesta. Bisa melihat supernova jenis ini dari dekat artinya astronom bisa mendapatkan datang yang lebih banyak lagi. Karena itulah semua teleskop kemudian diarahkan ke supernova PTF 11kly.

Selain itu, bisa menyaksikan supernova yang masih muda akan memberi petunjuk mengenai lapisan terluar bintang yang terlontar keluar sehingga bisa diketahui bintang apa yang meledak sehingga dapat diketahui asal mula supernova tipe Ia.

Bagaimana Mengamati SN 2011fe ?

Kehadiran supernova PTF 11kly memberi kesempatan bagi astronom amatir untuk turut menyaksikannya dalam beberapa minggu ke depan. Waktu terbaik untuk melihat supernova ini adalah kala senja di di Bumi belahan utara pada lokasi yang tidak terkena polusi cahaya dengan sepasang binokular atau lebih baik lagi sebuah teleskop kecil. Galaksi Pinwheel dapat ditemukan tak jauh dari area ekor beruang besar atau rasi Ursa Mayor. Artinya, para pengamat di langit selatan tidak akan dapat melihat supernova tersebut.

Avivah Yamani

Avivah Yamani

Tukang cerita astronomi keliling a.k.a komunikator astronomi yang dulu pernah sibuk menguji kestabilan planet-planet di bintang lain. Sehari-hari menuangkan kisah alam semesta lewat tulisan dan audio sambil bermain game dan sesekali menulis makalah ilmiah terkait astronomi & komunikasi sains.

Avivah juga bekerja sebagai Project Director 365 Days Of Astronomy di Planetary Science Institute dan dipercaya IAU sebagai IAU OAO National Outreach Coordinator untuk Indonesia.

12 komentar

Tulis komentar dan diskusi di sini

  • bintang itu berjarak 21 tahun cahaya. . Apakah berarti supernova yang dilihat itu adalah supernova bintang itu 21 tahun yang lalu?

  • ya ….pengetahuan saat ini dari manusia bumi masih dibilang sangat super dangkal ya habis umur manusia sangat nano bila dikonversi kan dg gerak alam semesa ini atau usia alam mudah mudahan cahaya yang nyampai itu tidak menbawa program seting baru pada manusia maupun setup transisi kehidupan baru seperti telah ditemukan banyak binatang baru muncul, seperti yang sudah-sudah jaman dinausaurus dll berdoa ya ! mudah2 an manusia masih tetap exis sampai satu juta tahun lagi

  • Mungkin sepintas banyak pengamat analisanya sebatas cuaca bolehlah itu salah satu fitur yang bertambah tapi masih banyak fitur2 jutaan bahkah miliaran hingga tidak terhingga telah terinstal kebumi dengan terpaparnya cahaya baru nyampai itu, menurut praduga saya mungkin akan muncul kehidupan baru seperti mikroba baru,virus baru, mungkin manusia juga telah bertambah fitur inticell nya,akibat terpapar sinar kosnis tsb waduh bumi telah ter-update,untuk jelasnya sinar kosmis itu bukan sinar lampu rumah tapi sinar aplikasi alam semesta ya kita berdoa agar mahluk baru yang muncul tidak represif dengan tubuh manusia yang sebagian besar dibentuk dari zat2 yang oleh mikroba adalah makanan nya,ya tantangan dunia medis

  • Di artikel tersebut dijelaskan “Kalau dekat apakah ledakan bintang ini berbahaya atau berpengaruh bagi Bumi? Jawabannya jelas tidak berbahaya dan tidak akan mempengaruhi Bumi.”
    Apakah memang tidak ada pengaruhnya terhadap bumi..? mengetahui bahwa supernova, itu memancarkan energi yang sangat besar, melontarkan materi bintang, ada gelombang kejutnya, memancarkan radiasi kosmis (eh iya kah..? mohon di koreksi jika salah). Boleh tau alasannya kenapa kok tidak ada pengaruhnya walau dekat dengan bumi..?

    • dekatnya kan bukan dalam artian cuma beda 1 rumah di sebelah. Jarak disitu dekat buat astronom tapi pada dasarnya sangat jauh yaitu 21 juta tahun cahaya. jadi tidak akan memberi pengaruh apapun pada Bumi. 🙂

      kalimat itu dibuat sebagai antisipasi bagi org2 yg sering memuat skenario kiamat dadakan kalau ada berita2 seperti ini.

  • kan jarak bintang asal supernova ini 21 juta tahun cahaya. tp di ulasan disebut peneliti bisa melihat supernova yg baru terjadi beberapa jam sebelumnya. kira2 bagaimana bisa cahaya supernova yang berjarak 21 juta tahun cahaya dilihat di bumi hanya selang beberapa jam? apa bukan berarti ledakan supernova yang terlihat adalah ledakan 21 juta tahun yang lalu? makasih sebelumnya..

    • beberapa jam itu maksutnya dr sudut pandang pengamat dia baru terjadi beberapa jam yg lalu. dr sudut pandang si bintang berarti “baru” terjadi beberapa jam 21 juta tahun lalu saat cahaya dari supernova menjelajah angkasa 🙂