Beranda » Ledakan Supernova di Galaksi Whirlpool

Ledakan Supernova di Galaksi Whirlpool

Sebuah supernova baru tampak di langit malam dan mengejutkan para pengamat. Kejutan yang menyenangkan bagi para astronom dan astronom amatir. Untuk kedua kalinya, sebuah bintang meledak di Galaksi Whirlpool (Messier 51 / M51) dalam 6 tahun terakhir. Dan berita baiknya para pengamat bisa menikmatinya dari halaman rumah anda dengan teleskop menengah maupun yang besar

Petunjuk Supernova

Galaksi Whirlpool atau M51. Kredit : Jim Misti

Petunjuk pertama akan erupsi yang tampak di galaksi Whirlpool dimulai pada tanggal 31 Mei saat astronom amatir dari Prancis Amédée Riou mengenali hilangnya bintang dengan magnitudo 14 dalam citra CCD yang diambilnya dari galaksi tersebut. Riou kemudian melakukan pengambilan citra yang sama keesokan hari.

Di tempat yang berbeda, pada tanggal 1 Juni, Thomas Griga juga berhasil mengidentifikasi kejadian yang sama dari Schwerte, Jerman.  Malam berikutnya, kehilangan itu diketahui jawabannya oleh Tom Reiland dari Glenshaw, Pennsylvania dan pengamat dari Prancis Stéphane Lamotte Bailey yang berhasil mengenali keberadaan sinar terang pada citra dijital yang ia ambil dengan teleskop 8 inchi. Sejak saat itu, si obyek terang ini sudah diamati juga oleh Palomar Transient Factory dan para pemburu supernova di Galaxy Zoo.

Apa yang dilihat dan diabadikan oleh Stéphane Lamotte Bailey dalam citra dijitalnya ternyata supernova baru yang kemudian dinamai SN 2011 dh dan berada di galaksi Whirlpool. Bintang yang meledak tersebut memang tidak tampak dalam citra galaksi Whirlpool yang diambil beberapa malam sebelumnya dan membuat para pengamat kehilangan bintang asalnya di galaksi tersebut.

Galaksi Whirlpool
Supernova yang berada di Galaksi Whirlpool memang menarik perhatian para astronom amatir karena galaksi yang juga dikenal sebagai M51 itu masuk dalam daftar obyek “yang harus dilihat”. hal ini tak lain karena Whirlpool merupakan salah satu galaksi spiral yang berada dekat Bima Sakti pada jarak 23 juta tahun cahaya. Sekitar 10 kali lebih jauh dari Galaksi Andromeda. M51 ini jadi favorit karena ia cukup terang untuk dilihat dengan binokular dan teleskop dengan diameter 6 inchi.

Galaksi Whirlpool atau Messier 51 atau M51 berada obyek urutan ke-51 dalam katalog deep sky object yang dibuat Charles Messier pada abad ke-18. Galaksi ini berada tak jauh dari Rasi Ursa Mayor atau Beruang Besar pada saat dilihat oleh Stéphane Lamotte Bailey di pagi hari saat ia menemukan SN 2011 dh. Galaksi Whirlpool juga merupakan galaksi yang terlukis indah di langit serta yang pertama dikenali struktur spiralnya. Lord Rose (a.k.a William Parsons) yang membuat sketsa indah M51 pada tahun 1845 dengan menggunakan teleskop reflektor 72 inchi.

Supernova Tipe II ?

Animasi pengamatan Stéphane Lamotte Bailey yang menemukan supernova SN 2011 dh. Kredit : Stéphane Lamotte Bailey

Masih terlalu awal untuk menyatakan bahwa supernova yang tampak tersebut sedang dalam proses semakin terang atau akan meredup. Yang pasti ia tidak tampak dalam citra yang diambil Riou tanggal 10 Mei. Juga tidak tapak obyek yang lebih terang dari magnitud 19,5 pada citra yang diambil oleh teleskop 10 inchi dari University of Ljubljana di Slovenia tanggal 30 Mei. Weidong Li dari University of California, Barkeley, mengidentifikasi bintang pendahulu atau bintang yang jadi cikal bakal SN 2011 dh dalam citra Hubble Heritage yang diambil bulan April 2005. Akan tetapi Weidong belum menentukan berapa kecerlangan si bintang.